Biar Hemat, Ini Tips Kencan Pertama yang Harus Kamu Lakukan

by akbar 60 views0

tips kencan pertama

Buat sebagian lelaki, kencan pertama tentu jadi momen yang cukup bikin deg-degan. Jelas saja, karena ini adalah momen yang menentukan bagaimana kesan pertamamu di mata si gebetan.

Kalau gagal, calon pasangan berpotensi ilfil alias hilang perasaan. Besok-besok udah males deh chattingan-an atau teleponan lagi sama kamu. Hilang sudah peluang buat melepas status jomblo. Hiks.

Selain menegangkan, kencan pertama juga identik sama hal-hal yang bersifat royal alias buang-buang duit. Coba, gak sedikit dari kita yang jor-joran ngeluarin uang saat kencan pertama kan?

Kencannya sih hanya lima jam, tapi urusan memanjakan sang gebetan bisa menghabiskan jatah uang rekreasimu dua minggu. Makan siang kamu traktir, habis itu nonton bioskop. Belum lagi beli cemilan juga kamu bayarin, dan bahkan sampai traktir makan malam.

tips kencan pertama
Pengin milih tempat kencan yang fancy? Boleh-boleh aja asal duitnya juga siap. Jangan maksain diri lah bro (kencan pertama/glamour)

Kita emang gak boleh pelit pas first date, tapi bukan berarti gak pakai kalkulasi. Boleh aja traktir, tapi gak usah maksain sampai ngabisin jatah hidup dua minggu. Kencan smart itu bisa banget lho. Kamu gak bakal kelihatan pelit di mata gebetan, tapi kantong juga gak sekarat.

Berikut ini adalah tips kencan pertama yang bisa kamu lakukan agar jadi lebih hemat. Catat ya!

1. Pilih waktu yang tepat

Pilihlah waktu yang tepat buat kencan pertama. Misalkan di saat weekdays usai jam pulang kantor. Kamu bisa kok menjemput gebetan dan traktir dia makan malam, sekalian nunggu macet juga kan. Setelah itu baru antar dia pulang.

Kalau bisa hindari melakukan first date pas weekend atau long weekend. Selain jalanan pasti lebih macet dari biasanya, restoran dan mall bakal ramai banget. Males kan ngobrol mesti teriak-teriak?

2. Pilih lokasi kencan pertama yang strategis dan gak rawan macet

Pilih lokasi kencan yang gak jauh dari kantor pasanganmu kalau emang nge-date pas hari biasa. Atau kalau gak ada ya pilih yang letaknya gak jauh dari rumahnya.

tips kencan pertama
Duh, gak apa-apa deh rela macet-macetan kok asal macetnya sama KAMUUU.. (naik mobil bareng pacar/cheap car insurance)

Buat apa bela-belain ke tempat yang menurutmu romantis, tapi jaraknya 25 kilometer dari tempat kamu menjemput pasangan? Yang ada tua di jalan, pas kencan udah lemes duluan. Ngobrol jadi gak asik deh, belum lagi kepikiran harus nganter pulang dia dan besok berangkat pagi untuk ngantor.

3. Pilih aktivitas kencan yang ramah kantong

Soal apa yang bakal kamu lakukan bersama dia, juga harus dipikirkan lho. Kalau tiba-tiba pas jemput bingung mau ngapain atau mau jalan ke mana, acara kencan pasti jadi gak optimal.

Daripada bingung dan ujung-ujungnya mati gaya di depan dia, pilih saja mau nonton atau makan. Gak perlu melakukan dua-duanya.

Kalau kamu mau makan malam, pilih saja restoran atau cafe yang sedang ada promo atau penawaran spesial. Seperti di Fairmont Jakarta, kamu bisa dapat diskon 15 persen bila transaksi pembayarannya dengan kartu kredit HSBC.

Jika mau nonton ya gak apa-apa. Kalau kamu pakai kartu kredit, kamu bisa dapat fasilitas buy one get one untuk pembelian tiket lho pas weekend.

5. Sebisa mungkin jangan jalan-kalan ke mall

Pilih tempat yang pas dan sebisa mungkin hindari mall. Kok gitu? Karena parkir di mall tentu biayanya mahal. Satu jam pertama Rp 5.000 dan tiap jam bisa bertambah Rp 4.000. Kecuali memang gak ada pilihan lain yang terdekat dan kamu ingin mengajaknya nonton bioskop.

tips kencan pertama
Pilih tempat lain aja, ngemall pasti bakal keluar duit buat parkir. Belum lagi tarif parkir sifatnya progresif (ngemall/retail week)

Nge-date saja di coffee shop atau restoran-restoran. Di sana kamu bisa bertukar cerita satu sama lain, biar lebih akrab deh.

Jadi, sudah siap nge-date malam ini? Jangan lupa sama empat tips ini ya. Dan jangan sampai salah kostum juga. Sukses kencannya ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Soal Keuangan, Jangan Lakuin 7 Hal Ini Sama Pacar Kalau Belum Yakin Dialah Satu-Satunya]

[Baca: Cari Pasangan dengan 5 Ciri Ini Supaya Kita Sukses Berkarier]

[Baca: 6 Tanda Calon Suamimu Bakal Bikin Ribet Keuangan Rumah Tangga]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com