Biar Nyaman dan Irit, Pilih Mobil yang Kayak Gini Buat Mudik Sekeluarga

by Hardian 1.101 views0

buat mudik sekeluarga

Gak semua orang yang punya mobil pilih mudik sekeluarga pakai kendaraan itu. Beragam alasannya, dari malas kena macet, murah pakai angkutan umum, sampai merasa mobilnya gak cocok untuk mudik.

Yang terakhir itu yang menarik. Orang gak mau karena merasa mobilnya gak pas buat perjalanan jarak jauh seperti mudik.

Kok bisa ada mobil yang gak pas buat mudik? Banyaaak.

Nah, kalau kamu ingin mudik dengan kendaran pribadi bareng sekeluarga, tips berikut ini bisa dijadikan panduan agar nyaman dan irit. Gunakanlah mobil yang kayak gini:

1. 7-seater

Mobil yang punya kapasitas tujuh tempat duduk pas buat mudik sekeluarga. Sebab, tiap orang gak perlu duduk dempet-dempetan.

buat mudik sekeluarga
Ini lho maksudnya 7 seater itu (mobil 7 penumpang/auto expert)

Coba bayangkan bila mobil hanya muat lima orang, tapi yang naik enam. Lebih satu orang saja udah gak nyaman itu kabin.

Tapi bukan berarti 7-seater itu harus dipenuhi tujuh orang. Bisa saja lima atau enam. Baris seat terakhir bisa dijadikan bagasi, sehingga kabin penumpang lebih lega dan gak perlu iket barang di atap mobil. Malah pada jatuh nanti.

2. Irit BBM

Mobil dengan mesin berkapasitas besar belum tentu boros bahan bakar minyak. Begitu juga sebaliknya, mobil ber-CC kecil gak jaminan bakal irit BBM.

Faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM sebuah mobil bukan hanya kapasitas mesin. Ada juga beban penumpang dan teknologi yang diusung produsen mobil.

Misalnya mobil hanya mampu menampung bobot 150 kg. Tapi di dalamnya diisi penumpang dan barang dengan total bobot 200 kg. Pasti BBM bakal tekor.

Biasanya, makin tinggi level teknologi yang dipakai, mobil makin irit BBM. Itu artinya harga sepadan dengan kualitas mobil.

3. Gak rewel

Mobil buat mudik mesti prima agar perjalanan lancar. Bila mobil kayak lagu anak jadul “Si Jago Mogok”, ya udahlah. Mending naik angkutan umum aja deh.

buat mudik sekeluarga
Mobilmu rewel terus? Wassalam aja kalau dipakai mudik (mogok/Fotolia)

Ketika mobil sering rewel, bukan hanya waktu yang bakal terbuang di jalan. Duit pun begitu, yakni buat benerin kendaraan yang ngadat itu. Bisa-bisa duit THR kesedot buat servis mobil, gak jadi dibagiin ke ponakan-ponakan.

4. Jaringan bengkel luas

Pasar otomotif di Indonesia memang didominasi beberapa merek tertentu. Kalau membeli merek itu, keuntungannya adalah mendapat layanan jaringan bengkel resmi yang luas.

Tapi ada kasus khusus ketika mudik. Umumnya, setiap produsen membuat pos servis dan istirahat di jalur mudik.

Jadi, gak apa-apa bila mobil yang kita miliki bukan termasuk mobil sejuta umat di Indonesia. Pastikan dulu lokasi pos mudik yang dibikin produsen itu. Jika memang situasi dan kondisi memungkinkan, tancap gas aja.

5. Transmisi otomatis

Mobil matic alias bertransmisi otomatis makin digandrungi, terutama di kota-kota besar. Ini gak mengherankan, karena mobil matic lebih nyaman dikendarai di kota yang sering macet.

Di Jakarta, misalnya. Baru keluar kompleks, udah dihadang kemacetan berkilo-kilometer. Bila harus bolak-balik injak kopling, pegel coy.

Begitu juga saat mudik. Kena macet udah pasti. Makanya, mobil matic lebih disarankan buat mudik bareng sekeluarga.

6. Diasuransikan

Pakai mobil buat mudik yang emang kamu asuransikan. Supaya kalau ada hal-hal yang gak diinginkan dijalan, misalnya mobil diserempet atau terlibat kecelakaan, kamu gak keluar ongkos banyak buat memperbaikinya.

buat mudik sekeluarga
Kalau dilindungi asuransi tentu lebih baik (mobil-mobilan/Madailylife)

Udah jadi rahasia umum kan kalau lalulintas di jalur mudik itu superpadat dan seringkali senggol-bacok antar sesama pengendara? Nah, risiko gesekan dan kecelakaan pun ikut meningkat.

Bukannya doain yang jelek-jelek, tapi lebih baik mengantisipasi kerugian di masa mendatang. Bayangin kalau emang mobil penyok gara-gara tabrakan pas mudik, berapa rupiah yang harus kamu keluarkan lagi buat masukin mobil ke bengkel?

Nah, mendingan bawa mobil yang emang diasuransiin kan. Kalau belum punya asuransi mobil, mending buruan apply deh. Toh, manfaatnya gak cuma terasa buat mudik, tapi juga buat aktivitas sehari-hari.

Pakai mobil sebagai sarana mudik bareng keluarga adalah pilihan bijak ketimbang pakai motor. Lebih bijak lagi bila mobil yang dipakai mendukung kebutuhan itu.

Ketika memaksakan mobil yang sejatinya gak layak dipakai mudik, siap-siap merogok kocek lebih dalam. Mobil ngadat, masuk bengkel, bayar biaya servis.

Mobil oke di jalan, tapi begitu sampai tujuan ternyata rusak di sana-sini. Keluar duit lagi. Mending cari yang aman aja deh. Pakai angkutan umum bisa lebih mengamankan kantong, juga jiwa penumpang.

Saat ini sarana angkutan umum buat mudik udah oke punya, terutama kereta. Inspeksi dilakukan dengan teliti agar perjalanan lancar tanpa gangguan berarti.

Pilih mobil atau angkutan umum, silakan. Yang penting, persiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. Jangan sampai niat mudik untuk bersilaturahmi malah berantakan lantaran memaksakan diri.

 

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Gaji di Bawah Dua Digit Jangan Jiper Mau Kredit Mobil, Coba Cara Ini Nih]

[Baca: Mau Mudik Pakai Mobil? Baca Dulu Ini]

[Baca: Pengendara Mobil Bisa Makin Untung Kalau Isi BBM dengan 5 Kartu Kredit Ini]

 

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com