Bikin Bisnis Kok Stagnan, Kamu Bisa Tiru Jurus Jitu Mengembangkan Usaha Ini

by DuitPintar 1.868 views3

jurus jitu mengembangkan usaha

Yang suka nunda rencana buka bisnis dengan dalih kurang modal, yooo update dulu informasinya. Sudah banyak bank yang menyediakan kredit buat pengusaha kecil, bahkan mikro.

 

Layanan ini disediakan bank swasta dan pemerintah. Bahkan yang mau buka usaha toko kelontong kecil-kecilan juga bisa meminjam.

 

[Baca: Pahami Jenis Kredit UKM yang Bisa Jadi Pilihan Sumber Modal]

 

Tapi kalau nunda jalanin bisnis karena takut gagal, itu lain soal. Takut itu sifat alami manusia. Tapi, sayangnya, sifat ini adalah salah satu penghalang kemajuan.

 

Gimana bisa maju kalau mau melangkah saja takut. Memang bisa diem aja gitu tahu-tahu maju sendiri?

 

Bahkan orang yang udah buka bisnis pun masih punya ketakutan ini. Jadi gini. Rumusnya adalah bisnis bakal stagnan, bahkan mundur, kalau yang punya gak berinovasi.

 

Inovasi dalam bisnis kudu dilakukan. Kalau gak ada inovasi, bisnis kita akan dianggap sama saja dengan yang lain.

 

Kalau konsumen udah nyaman dengan yang lain, mereka bakal mikir. Ngapain pindah ke tempat baru kalau tempat itu sama saja dengan tempat lama?

 

Kita ambil contoh yang dari anak presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Rika. Begitu selesai kuliah di Australia, dia langsung buka bisnis di kampung halamannya.

 

jurus jitu mengembangkan usaha

 Meski bapaknya pejabat, dia gak mau memanfaatkan koneksi atau jabatannya

 

 

Nerusin usaha bapaknya? Gak. Tapi dia jeli melihat peluang dari aset sang ayah. Jokowi, yang saat itu menjabat Wali Kota Solo, punya gedung Graha Saba Buana yang biasa disewakan untuk pernikahan.

 

Nah. Gedung ini hanya disewakan begitu saja. Gibran berniat mengelola Saba Buana dengan menyewakan secara paketan plus katering.

 

[Baca: Bujet Nikah Cuma 50 Juta? Nih, Tips Bikin Resepsi Pernikahan Murah tapi Tetap Megah!]

 

Tapi niat itu terbentur masalah klasik: modal. Soalnya Gibran gak mau bergantung pada orang tuanya. Tapi toh modal ternyata bukan masalah yang berat.

 

Gibran akhirnya mendapat pinjaman dari bank untuk mendirikan usaha katering Chilli Pari, meski sempat ditolak beberapa kali. Namun, yang namanya bisnis, umumnya gak langsung melesat hebat.

 

Awal-awalnya Gibran mesti berjuang. Tapi dia terus mutar otak. Dibikinlah dekorasi Saba Buana mirip resto agar calon penyewa bisa nyaman saat mencicipi sample katering.

 

Kantor-kantor pun didatangi untuk ditawari jasa katering Chilli Pari. Upaya itu akhirnya berbuah manis. Nama Chilli Pari semakin dikenal.

 

Dari usaha di bidang makanan ini, akhirnya bisnis Gibran merambah ke mana-mana. Dari martabak sampai warung kopi. Bahkan bisnisnya udah sampai ke kota lain.

 

jurus jitu mengembangkan usaha

 Inovasi dalam bisnis katering misalnya, bisa membantu membangun ciri khas bisnis

 

 

Dari pengalaman Gibran, bisa diambil pelajaran bahwa bisnis yang stagnan bisa dikembangkan jika ada inovasi. Bisnis sewa gedung Jokowi bakal gitu-gitu aja kalau gak diolah oleh Gibran.

 

Ada setidaknya 4 poin kunci atau jurus jitu mengembangkan usaha ala Gibran, yaitu:

 

1. Lihat peluang sekecil apa pun

Harus aware alias melihat dengan sadar sekeliling kita. Siapa tahu ada ceruk bisnis yang bisa digarap ada di depan mata tanpa kita sadari.

 

2. Pantang menyerah

Modal bukan soal. Meski permohonan pinjaman ditolak, kalau udah niat harusnya jalan terus. Cari alternatif pinjaman.

 

3. Kreatif

Pola pikir kreatif harus ditanamkan di setiap kepala pengusaha. Sebab, tanpa kreatifitas, inovasi gak akan pernah ada. Harus pintar-pintar mengolah kemasan bisnis agar menarik masyarakat.

 

4. Lirik usaha sedarah

Jika hendak melebarkan sayap usaha, sebaiknya lirik dulu usaha yang nyerempet-nyerempet. Misalnya, Gibran dari gedung pernikahan ke katering, lalu martabak dan warung kopi.  

 

jurus jitu mengembangkan usaha

 Belajar bisnis dari usaha sejenis bisa diterapkan biar lebih tahu seluk-beluknya

 

 

Bukan langsung ke bisnis toko material, meski itu bisa juga. Tapi kalau usahanya masih sedarah kan lebih enak soal pengelolaan karena sudah tahu seluk-beluknya.

 

Pelajaran lain yang juga bisa dipetik dari pengalaman Gibran adalah hindari aji mumpung. Meski bapaknya pejabat, dia gak mau begitu saja memanfaatkan.

 

Memang, usaha sendiri lebih nikmat hasilnya. Tanpa korupsi, kolusi, dan nepotisme alias keterlibatan calo-calo.

 

[Baca: Tanda Kamu Siap Jadi Pengusaha: Keluar dari Zona Nyaman]

 

 

 

Image credit:

  • https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2015/06/Gibran-Rakabuming-bisnis-katering-e1433988890644.jpg
  • http://www.teropongbisnis.com/wp-content/uploads/2015/11/2.-5-Rahasia-Memulai-Usaha-Kuliner-Katering-3-1024×768.jpg
  • http://1.bp.blogspot.com/-ZDim_B2ctqM/VFw6zw_UXBI/AAAAAAAAAbM/FSx7r0MDvxg/s1600/rahasia-cara-mencegah-usaha-bangkrut.JPG

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com