Bisnismu Bakal Sukses Kalau Sudah Punya 6 Hal Ini

by Fafa Khalifah 1.216 views0

bisnismu bakal sukses

Tahu bedanya cari kerjaan sama bikin kerjaan? Cari kerjaan pasti hubungannya sama ubek-ubek info lowongan kerja. Lain sama yang bikin kerjaan, pasti kaitannya dengan membuka bisnis.

Hampir semua orang mengakui kalau pendapatan pebisnis itu gak ada limitnya. Beda dengan orang kantoran. Standar gajinya sudah ketahuan. Bahkan yang sekelas buruh, upahnya aja sampai diatur pemerintah.

Wajar pebisnis dapat ganjaran pendapatan yang tinggi. Wong mereka ini hidupnya selalu bergelut dengan dua risiko. Risiko pertama adalah gagal. Yang kedua, sudah pasti sukses besar.

Meski diganjar pendapatan tak terbatas, tetap gak semua orang punya nyali berbisnis. Mereka menganggap berbisnis itu hanya mendekat sama orang-orang terpilih.

Kurang seru punya mindset kayak gitu. Padahal kesuksesan itu hak semua orang. Perlu ditekankan deh, berhasil atau tidaknya seseorang dalam berbisnis itu bukan terkait sama modal gede, hoki, weton lahir, atau kuat-kuatan dukun.

Lagi pula tantangan sebenarnya berbisnis itu bukan seberapa tebal isi dompet buat gelontorin modal, tapi berasal dari isi hati. Kalau niat aja udah gak ada, apalagi aksinya.

Berikutnya lagi, prospek ide bisnis itu bisa diprediksi hasilnya. Ada sejumlah aturan main yang baku agar sebuah ide bisnis itu bisa terhindar dari kegagalan.

Oke, mari dibahas bareng-bareng.

1. Kaya kreativitas

Bisnismu Bakal Sukses
Zaman terus berkembang, kamu juga harus makin kreatif dong (kreatifitas/kompasiana)

Keberhasilan dari sebuah ide bisnis bukan bersandar dari modal yang gede. Justru porsi terbesarnya berasal dari kreativitas. Ide bisnis yang kreatif dan orisinal bakal sulit ditiru orang lain.

Bahkan kalau pun ditiru, orang lain bakal sulit berpaling karena ide bisnis itu sudah melekat dengan seseorang.

Selain itu, ide bisnis yang kreatif secara tak langsung menambah value atau nilai dari bisnis itu sendiri.

2. Unik dan beda

Ide bisnis yang unik sudah dipastikan bakal langgeng ke depannya. Keunikan ini yang jadi nilai tambah. So, ide bisnis harus punya keunikan.

Memang enggak gampang menemukan keunikan dari sebuah bisnis. Mengutip buku “Good to Great” karangan Jim Collins, rata-rata usaha untuk menemukan keunikan itu butuh empat tahunan.

Meski begitu, keunikan bisnis itu gak selalu yang njlimet atau hi-tech segala. Cukup sederhana saja. Yang penting dari waktu ke waktu terus disempurnakan.

3. Relevan dengan pasar

Ide bisnis yang keren itu pada dasarnya bisa memenuhi kebutuhan pasar. Atau bisa juga ide bisnis itu mampu “mendikte” pasar. Inilah kunci ide bisnis itu bakal dijauhi kegagalan.

Sepanjang ide bisnis itu relevan dengan pasar, maka dengan sendirinya mengikuti hukum ekonomi. Apa itu? Di mana ada permintaan, di situ pula ada penawaran.

4. Reputasi

Bisnismu Bakal Sukses
Reputasi yang baik kunci sukses di masa depan (reputasi / communicate magazine)

Jangan abai dengan reputasi. Calon pebisnis mesti mampu membangun reputasi yang positif dari pihak lain. Reputasi itu menyangkut kejujuran dan integritas.

Dua faktor itu menjadi poin penting agar ide bisnis dapat berjalan. Bahkan dengan reputasi yang terjaga, tak jarang bakal mendapat bantuan dari pihak lain.

5. Punya business plan

Business plan adalah langkah mengkonkretkan ide bisnis. Pastinya gak mau kan bisnis berjalan gak terarah dan progresnya lamban? Di sinilah peran dari business plan yang memudahkan bisnis berjalan dengan akselerasi yang lebih cepat.

Di samping itu, business plan turut membantu pencapaian target-target yang dikehendaki. Keuntungan lainnya, business plan menjadi dasar pengambilan keputusan-keputusan penting di masa yang akan datang.

6. Enjoy

Bisnismu Bakal Sukses
Semua ada tantangan dan dukanya, nikmati saja (menikmati hidup/combiboilers)

Enjoy menjadi tanda paling penting untuk menentukan sebuah ide bisnis dapat berjalan. Mereka yang berbisnis tapi tak bisa menikmati, maka lambat laun akan dilanda kebosanan, keengganan melanjutkan, atau sebatas “menggugurkan kewajiban” semata.

Ketahui sejak awal, bisnis itu ibarat naik Halilintas di Dunia Fantasi. Naik turun, seringkali harus berspekulasi, dan memacu adrenalin. Makanya mesti enjoy dan bisa menikmati irama bisnis.

Minimal enam poin itu bisa menjadi tanda ide bisnis yang dimiliki bakal tak mengenal rumus kegagalan. Sekarang tinggal cocokkan, kira-kira apakah ide bisnis kamu sudah merangkum sejumlah poin itu? Jika iya, selama berbisnis!

 

 

Artikel terkait:

[Baca: Semua Orang Bisa Berbisnis Sepanjang Hindari Jebakan Betmen Ini]

[Baca: Mau Sukses Berbisnis Enggak Perlu Syarat Sekolah Bisnis Dulu]

[Baca: Cara Efektif Dapat Uang Tambahan saat Modal Bisnis Kurang]

 

Masih banyak lagi dari duitpintar.com