Bonus Akhir Tahun Sebaiknya Digunakan Buat 6 Keperluan Ini

by Miko 3 views0

untuk jam 11 blog

Menjadi karyawan di perusahaan enak juga ya. Suka dapat bonus akhir tahun dari perusahaan. Bonus bisa berupa tunjangan hari raya natal atau alokasi perusahaan buat karyawan atas pencapaian kinerja selama setahun.

Nah, mumpung udah memasuki awal tahun nih, bonus tahunan kamu jangan dipakai foya-foya aja. Bisa sih digunakan buat liburan keluarga. Tapi baiknya gak dihabiskan dan digunakan buat bayar ini-itu yang lebih prioritas seperti di bawah ini.

1. Bayar utang-utang di tahun lalu

Bonus akhir tahun
Jangan pura-pura lupa lho kalau punya utang ke orang (vebma)

Tahun 2017 udah berakhir sob. Buat kamu yang dapat bonus akhir tahun dari perusahaan tapi punya utang ini-itu, baiknya beresin dulu utangnya tuh. Jangan mentang-mentang dapat bonus tahunan, utang kamu lupa dibayar. Repot nanti.

Apalagi kalau orang yang kamu utangin suka nagih terus. Mending segera bayar deh biar hidup lebih tentram. Inget lho, yang namanya utang, sekecil apapun akan tetap jadi utang kalau gak dibayar.

Selain bayar utang buat perorangan, duit bonus tahunan juga alangkah baiknya digunakan buat beresin utang kartu kredit. Jadi kalau kalau utang tahun lalu kamu udah beres, kondisi keuangan kamu udah bisa membaik lagi tahun ini.

[Baca: Sebelum Berutang, Cari Tahu Dulu Bedanya Utang Produktif dan Utang Konsumtif]

2. Investasikan biar duitmu berkembang biak

Dapat bonus tahunan dari perusahaan terus digunakan buat investasi? Wah itu pilihan yang tepat. Apalagi buat yang belum punya investasi. Investasi bisa mulai dicoba dengan membeli emas batangan, saham, deposito, atau reksadana.

Buat yang udah punya investasi boleh juga tuh duit bonus tahunannya untuk nambah portofolio. Tapi buat pemula sih disarankan pilih investasi reksadana aja. Karena untungnya lumayan dan risikonya relatif kecil.

3. Buat tambah-tambah uang muka cicilan aset produktif

bonus akhir tahun
Lumayan duit bonus tahunan buat nambah uang muka beli rumah (easyaccountingsystem)

Bonus akhir tahun juga bisa dimanfaatin buat yang berencana beli aset produktif seperti rumah atau tanah. Kamu bisa pakai bonus tersebut buat nambah-nambah uang muka cicilan.

Hendrik misalnya berencana nyicil rumah seharga Rp 300 juta. Uang muka yang harus dibayarkan sekitar Rp 50 juta.

Hendrik sendiri baru punya duit buat uang muka Rp 40 juta. Karena dia dapat bonus tahunan dari perusahaannya Rp 10 juta, bisa manfaatin tuh duitnya buat nambah-nambah uang muka cicilan.

[Baca: Uang Muka Rumah Dicicil, Eh Memangnya Bisa Ya?]

4. Renovasi atau perbaikan rumah

Tahun baru pastinya pengin kan punya suasana baru. Misalnya ganti cat rumah atau ganti wallpaper dinding rumah. Atau bahkan berencana ganti ubin lantai yang udah rusak dengan yang baru?

Tenang aja. Gak usah maksain ngeluarin duit tabungan. Kamu cukup manfaatin bonus tahunan aja buat renovasi atau sekadar mempercantik rumah kamu.

Dengan menggunakan bonus tahunan, keuangan kamu gak terganggu dan rumah kamu pastinya jauh lebih segar dengan tampilan yang baru.

5. Bayar keperluan pendidikan anak

Keperluan anak di tahun ajaran baru lumayan nguras duit orangtua. Beli seragam baru, buku baru, tas baru, hingga sepatu baru misalnya. Ini baru satu anak. Belum lagi kalau kamu misalnya punya tiga anak yang sama-sama sekolah. Hmm…

Tapi jangan panik dulu. Bayar keperluan pendidikan anak juga bisa memanfaatkan bonus akhir tahun yang kita dapat. Ini lebih bermanfaat daripada dihabiskan buat keperluan gak jelas.

6. Gunakan buat modal usaha sampingan

bonus akhir tahun
Udah dapat bonus tahunan dipake buat suaha sampingan, wah untung banget tuh (thriftyfun)

Selain lewat investasi, mengembangbiakkan duit bisa juga dilakukan dengan membuka bisnis. Kamu bisa buka bisnis sampingan di rumah dengan modal dari bonus tahunan.

Banyak kok bisnis rumahan yang bisa dilakukan dengan modal minim, katakanlah Rp 1 juta. Modal gak seberapa, risiko kecil, potensi untung lumayan gede lho.

[Baca: 6 Ide Bisnis Kecil-kecilan Modal 1 Juta Tapi Untung Lumayan]

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakuin buat manfaatin bonus akhir tahun kamu. Kalau kamu punya ide lain di luar enam cara dia atas, boleh dicoba juga tuh.

Asalkan jangan dipakai buat hura-hura gak jelas ya. Masak tahun baru udah dimulai dengan ngabisin duit?

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com