Buat yang Doyan Traveling, Pilih Kartu Kredit yang Kayak Gini

by Hardian 833 views0

yang doyan traveling

Hobi traveling tapi gak punya kartu kredit? Rugi banget! Kartu kredit untuk traveler bisa menekan ongkos untuk melakukan hobi jalan-jalan itu lho.

Buat yang belum tahu, ada sederet jenis kartu kredit berdasarkan fokus manfaatnya. Salah satunya adalah kartu kredit untuk traveler.

Manfaatnya beragam, dari diskon tiket pesawat sampai kemudahan transaksi di luar negeri. Jika sudah punya kartu kredit, cek apakah punya manfaat-manfaat itu. Jangan-jangan kartu kredit di dompet lebih banyak berguna buat belanja di supermarket doang.

Nah, kalo kamu termasuk yang doyan jalan-jalan, lebih baik tambah kartu kredit atau ganti kartu kredit yang ada dengan kartu kredit khusus untuk travel.

Sebagai acuan, berikut ini beberapa fasilitas yang perlu dipertimbangkan saat memilih kartu kredit buat traveling:

1. Gratis akses airport lounge

yang Doyan Traveling
Kalau ada fasilitas masuk ke sini gratis kan enak tuh (airport lounge/pinterest)

Mending datang lebih cepat dan menunggu, ketimbang mepet lalu akhirnya ketinggalan pesawat. Prinsip ini mesti dipegang seorang traveler, apalagi dengan bujet ngepas.

Biar gak mati gaya nunggu pesawat, pakai deh kartu kredit yang menawarkan fasilitas airport lounge gratis. Di lounge bandara itu, kita bisa ngadem sekaligus meredakan lapar dan dahaga yang melanda.

Lumayan, daripada mampir ke konter fast food. Harganya bisa dua kali lipat lebih mahal dari fast food yang sama di mal.

2. Ada tambahan bagasi

Titipan oleh-oleh kadang bikin beban saat traveling bertambah. Bukan hanya tambah repot, tapi juga bisa berat di ongkos ketika bagasi melebihi bobot minimal di pesawat.

Umumnya bobot minimal yang diizinkan di bagasi hanya 20 kilogram. Bila lebih dari itu, siap-siap merogoh kocek lebih dalam dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

yang Doyan Traveling
Daripada kena biaya charge kelebihan bagasi, mending pakai kartu kredit (bagasi pesawat/Sotrudniki)

Tapi kemungkinan ini bisa dicegah bila kita punya modal kartu kredit yang menyediakan fasilitas gratis tambahan bagasi. Bagasi ekstra 20 kilogram gratis cukuplah buat menyenangkan rekan atau keluarga yang nitip oleh-oleh.

3. Point reward/ cashback untuk transaksi di luar negeri

Meski sudah menyiapkan duit cash, kadang diperlukan juga transaksi non-tunai di luar negeri. Misalnya saat duit cash ternyata gak cukup dan belum sempat ke money changer.

Transaksi non-tunai di luar negeri bakal lebih mudah dan menguntungkan bila memakai kartu kredit yang menawarkan fasilitas reward untuk hal itu. Reward ini bisa berupa poin ataupun cashback.

Poin yang dikumpulkan bisa ditukar dengan barang tertentu di dalam negeri. Sedangkan dana cashback langsung masuk ke saldo kartu kredit sesuai dengan syarat transaksi.

4. Ada air mileage

Berkaitan dengan poin ketiga, reward berupa air mileage juga ditawarkan kartu kredit untuk traveler. Air mileage bisa didapatkan untuk transaksi dalam jumlah tertentu.

Setelah terkumpul, mileage bisa ditukar dengan tiket penerbangan gratis. Jadi, sambil menyelam minum air. Sembari memanfaatkan kartu kredit untuk transaksi, bisa sedikit demi sedikit mengumpulkan mileage untuk rencana traveling selanjutnya.

5. Banyak kerja sama dengan situs booking hotel dan tiket pesawat

Bank penerbit kartu kredit kerap bekerja sama dengan merchant untuk menarik nasabah. Rupa kerja sama itu bisa bermacam-macam, dari diskon sampai buy 1 get 2.

yang Doyan Traveling
Booking online terus pakai kartu kredit, biasanya sering banyak diskon lho (booking online/huffington post)

Nah, khusus kartu kredit untuk traveler, carilah yang sering mengadakan kerja sama dengan situs booking hotel dan tiket pesawat. Bila ada program itu, kita bisa mengirit biaya perjalanan atau menginap.

Misalnya ada diskon 10 persen untuk transaksi minimal Rp 500 ribu menggunakan kartu kredit XYZ. Ada potongan Rp 50 ribu yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Kita bisa mulai berburu kartu kredit untuk traveler dengan bekal sederet kriteria di atas. Ada dua contoh kartu kredit yang bisa dipertimbangkan, yakni Citi Garuda Card dan Standard Chartered WorldMiles.

Keduanya punya fasilitas yang khusus didesain untuk pemilik hobi traveling. Kelebihan dua kartu kredit ini bisa dimanfaatkan traveler yang memandang penting perencanaan keuangan. Kalau ada cara untuk lebih ngirit liburan, kenapa harus cari yang mahal?

CTA Citi Garuda

CTA Standard Chartered Worldmiles

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Yuk, Irit Belanja Pakai 3 Kartu Kredit Terbaik Supermarket Ini]

[Baca: Sekali Traveling Tapi Berkualitas atau Sering Tapi Seadanya?]

[Baca: Pilih 1 Minggu Travel Mewah atau 1 Bulan Travel Merakyat?]

 

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com