Buat yang Mau Beli Reksa Dana Lebih Baik Langsung, Bank atau Online Ya?

by Tifanny 1.396 views0

mau beli reksa dana

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

Istri yang boros

Sudah mulai familiar dengan reksa dana dong. Saat ini peminat reksa dana semakin meningkat di kalangan masyarakat sehingga perkembangannya pun terus meningkat. Nah, dulu membeli reksa dana hanya bisa dilakukan dengan datang langsung ke Manajer Investasi.

Sekarang kita sudah bisa membeli reksa dana di bank yang menjadi APERD. gak hanya sampai di situ, sekarang juga sudah ada APERD dengan fasilitas reksa dana online.

Setiap penyedia reksa dana memiliki keunggulannya masing-masing. Kita wajib tahu apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing penyedia reksa dana untuk mengetahui mana yang paling optimal bagi kita.

Simak nih perbandingan performa ke tiga penyedia reksa dana dalam beberapa aspek.

1. Pemahaman Tenaga Pemasar

Manajer Investasi adalah pengelola langsung reksa dana, karena itu merekalah yang paling mengerti tentang produk reksa dana yang dikelolanya.

Membeli reksa dana langsung kepada Manajer Investasi memiliki keunggulan dalam hal pemahaman mengenai produk reksa dana. Jika dibandingkan dengan bank atau reksa dana online, Manajer Investasi memiliki pengetahuan produk yang mendalam.

mau beli reksa dana
Lewat Manajer Investasi kita lebih tenang karena ada yang mengelola investasi kita (Tenaga Pemasar / Beritasatu)

Setiap bank yang menjadi APERD akan menawarkan banyak produk reksa dana dari beberapa Manajer Investasi. Para tenaga pemasar reksa dana di bank harus mengetahui semua produk yang ditawarkan. Sebenarnya sangat sulit untuk memahami setiap produk secara mendalam jika ada banyak produk yang harus ditawarkan.

Bagaimana dengan reksa dana online? Agen penjual reksa dana online biasanya menawarkan data mengenai produk reksa dana. Data tersebut dapat digunakan sebagai pembanding antara satu produk dengan produk lainnya.

Tetapi investor diminta menganalisa sendiri perbandingan tersebut. Secara praktis gak ada tenaga pemasar yang akan membantu menganalisa dan membandingkan sebuah produk reksa dana dengan yang lainnya.

2. Keragaman Produk

Dalam aspek keragaman, produk Manajer Investasi memiliki kelemahan terbesar karena umumnya setiap Manajer Investasi hanya akan menjual 1 produk reksa dana. Jika dibandingkan dengan bank dan reksa dana online tentu saja Manajer Investasi gak lebih unggul.

APERD selalu menawarkan produk reksa dana yang lebih beragam daripada Manajer Investasi.

Dalam hal keragaman produk, bank memiliki kelebihan karena ada produk yang hanya tersedia di APERD bank. Produk tersebut adalah Reksa Dana Terstruktur, yaitu Reksa Dana Terproteksi.

mau beli reksa dana
Hayo masnya tanya produk reksa dana atau minta no hp nih hehehe (Berbincang / Kontan)

Kita hanya dapat membeli reksa dana ini di bank dan gak tersedia di Manajer Investasi maupun reksa dana online.

Hanya saja produk reksa dana yang terlalu beragam pun bisa bikin investor bingung. Setiap tahun peringkat reksa dana yang unggul akan terus berubah. Jika terlalu banyak macam produk reksa dana, investor akan terus berpindah-pindah produk mengikuti peringkat tersebut.

Padahal pada produk seperti reksa dana saham, idealnya investasi dilakukan dalam jangka panjang agar hasil maksimal. Untuk itu setiap APERD biasanya membatasi jumlah produk reksa dana yang ditawarkan. APERD akan memilih reksa dana yang sesuai dengan kualifikasi APERD.

3. Kemudahan Transaksi

Reksa dana online memberikan kemudahan transaksi reksa dana karena semuanya dapat dilakukan via online. Kita bisa melakukan transaksi di mana saja dengan komputer atau gadget.

Gak perlu repot-repot datang ke tempat agen penjual reksa dana. Jika kita adalah seorang investor individualis, mungkin akan lebih menyukai platform reksa dana online. Tetapi bagi sebagian investor, datang langsung ke bank atau Manajer Investasi justru memudahkan transaksi mereka.

Dengan datang ke Manajer Investasi atau agen seperti bank kita akan mendapatkan pelayanan secara langsung. Kita juga dapat berkonsultasi dengan tenaga pemasar secara langsung mengenai kondisi pasar terkini serta rencana investasi.

mau beli reksa dana
Zaman udah serba online masa masih gaptek hehehe (Reksa Daana Online / Cloudfront)

Tetapi layanan ini bisa didapatkan hanya saat kita berada dalam segmen prioritas agen atau Manajer Investasi. Kalau gak maka kita harus melakukan transaksi dengan mengisi formulir dan mengirimkannya via email, fax atau pos ke Manajer Investasi maupun APERD.

Tapi, bagi kita yang gak berada di segmen prioritas gak perlu khawatir saat ingin membeli reksa dana di Manajer Investasi. Beberapa tahun belakangan ada Manajer Investasi yang mulai mengembangkan fasilitas transaksi online yang bikin transaksi pembelian jadi makin mudah.

4. Biaya

Umumnya APERD dengan platform online memberikan biaya transaksi yang lebih murah bahkan gratis. APERD online umumnya gak menggunakan tenaga pemasar. Investor diminta untuk melakukan transaksi dan mengakses data sendiri.

Dengan begitu gak ada biaya yang harus dikeluarkan agen untuk tenaga pemasar. Berbeda dengan membeli reksa dana dari Manajer Investasi maupun bank. Kedua penyedia reksa dana ini menyediakan layanan tenaga pemasar secara langsung sehingga wajar saja jika biayanya umumnya lebih mahal daripada reksa dana online.

Setiap penyedia reksa dana punya keunggulannya masing-masing. Hanya saja kondisi yang dijelaskan di atas gak sepenuhnya benar kok. Dalam keadaan tertentu ada APERD yang melatih tenaga pemasarnya dengan sangat baik sehingga pemahamannya terhadap produk sangat mendalam.

mau beli reksa dana
Yang namanya biaya wajar lah ya, selama kita mampu dan sudah sesuai jangan perhitungan deh! (Tumpukan Rupiah / Bisniskeuangan)

Ada juga Manajer Investasi yang menerbitkan semua reksa dana agar investor memiliki pilihan yang beragam. Ada juga bank yang mengembangkan fasilitas online untuk segmen nasabah menengah dan tetap memberi layanan prioritas untuk segmen atas.

Selain itu ada juga APERD yang memberikan diskon atau bahkan membebaskan biaya untuk reksa dana yang dipasarkan. Untuk itu kita harus cari tahu secara jelas tentang fasilitas yang ditawarkan. Siiapa tahu penyedia reksa dana kita memiliki fasilitas lebih daripada fasilitas agen lain yang setara.

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Infograhic Semua yang Perlu Kamu Tahu Soal Investasi Reksa Dana dan Keuntungannya]

[Baca: Reksa Dana Memang Bawa Untung tapi Apakah Reksa Dana Kena Pajak]

[Baca: Investasi Reksa Dana Bisa Diwariskan Jadi Makin Cocok Buat Masa Depan]

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com