Buat Para Pasangan Baru Simak Nih Cara Gampang Mengatur Keuangan Keluarga

by DuitPintar 1.561 views0

mengatur keuangan keluarga

ArtikelĀ DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

Yang namanya pasangan baru menikah, bakalan harus beradaptasi dengan banyak hal. Salah satu hal yang paling penting adalah soal mengatur keuangan keluarga.

Mengatur keuangan keluarga itu bahkan bisa dibilang maha penting, karena bisa mempengaruhi umur pernikahan loh. Gak mau pernikahan hanya bertahan seumur jagung kan?

Dalam soal mengatur keuangan pasangan baru, tanggung jawab ada yang dipikul bersama dan ada yang sendiri-sendiri. Untuk lebih jelasnya, gak perlu pakai sewa konsultan keuangan. Yuk kita bedah bersama-sama:

Bersama-sama

1. Buka tabungan

Setelah jadi pasangan suami-istri baru, buka tabungan bersama patut dipertimbangkan. Alternatifnya, alokasikan salah satu tabungan untuk menyimpan harta bersama.

Tabungan ini penting untuk rencana masa depan. Misalnya buat beli rumah atau pendidikan anak. Dana cadangan untuk berjaga-jaga juga bisa disimpan di tabungan ini.

mengatur keuangan keluarga
Jangan cuma nabung di celengan tanah liat bentuk ayam jago terus ya, buka rekening juga dong! (Kartu Debit / Blogspot)

2. Cek dan ricek pengeluaran

Pengeluaran keluarga sebaiknya dicek secara berkala, jangan malas ya. Pengecekan ini bertujuan menghindari kebocoran.

Misalnya udah ditetapkan budget Rp 1 juta untuk pengeluaran sebulan, harus sama-sama mengecek pengeluaran agar budget itu gak dilanggar. Jika pengeluaran udah mendekati Rp 1 juta, ya harus saling kontrol keinginan belanja.

3. Terbuka

Saling terbuka berguna untuk menciptakan keluarga yang komunikatif dan saling percaya. Misalnya dapat rezeki nomplok dari kerjaan, cerita dong ke pasangan. Begitu juga bila ada masalah keuangan kayak utang kartu kredit. Bicarakan saja untuk mencari solusi bersama.

4. Investasi

Menabung saja belum cukup untuk memupuk duit demi keluarga. Pilihan yang lebih baik adalah investasi. Tapi, investasi harus dilakukan secara bersama dengan pasangan. Investasi emas, misalnya, harus dibicarakan soal pembelian dan penjualannya. Ikut asuransi juga termasuk investasi keluarga.

Apalagi keluarga yang menggantungkan hidup hanya pada sang kepala keluarga. Jika terjadi apa-apa padanya, kehidupan keluarga bakal susah.

mengatur keuangan keluarga
Daripada uang kamu habis buat nongkrong sama sibuk bergaul mending investasi brooo! (Emas Batang / WordPress)

Diri Sendiri

1. Menjaga pengeluaran pribadi

Siapa lagi yang bisa menjaga pengeluaran pribadi selain diri sendiri? Tetapkan budget pribadi dan taati. Bahkan kalau bisa jangan sampai pengeluaran ngepas dengan budget. Sisa budget bisa dialokasikan ke tabungan keluarga. Jadi, keuangan aman, pasangan pun senang.

2. Perhatian

Perhatian ke pasangan gak hanya dalam bentuk pemberian hadiah. Menegur kalau pasangan mengarah ke pemborosan juga termasuk perhatian.

Begitu juga saat mengajak pasangan bicara soal rencana beli sesuatu. Kira-kira perlu gak, gimana budgetnya. Ini artinya kita melibatkan dan mempercayai pasangan untuk memberikan yang terbaik buat keluarga.

3. Catat pengeluaran

Pengeluaran sekecil apa pun sebisa mungkin dicatat. Ini gunanya untuk mengatur keuangan pada periode berikutnya.

Pengeluaran pada periode sekarang bisa dijadikan patokan untuk pengeluaran berikutnya. Jangan sampai melebihi, syukur-syukur malah bisa lebih berhemat.

mengatur keuangan keluarga
Waduh ma, kamu kok belanja mulu sih, pusing deh papa! (Berbincang / Blogspot)

4. Jaga kepercayaan

Setelah saling terbuka, kepercayaan harus dijaga dengan baik. Kalau bilang mau beli gadget seharga Rp 2 juta, misalnya, ya belilah dengan harga segitu. Kepercayaan itu mahal harganya. Satu kebohongan saja bisa merusak biduk rumah tangga yang terjalin lama, apalagi buat pasangan baru.

Mengatur keuangan keluarga baru sebenarnya sederhana kok. Yang lebih susah adalah menaati aturan yang sudah dibuat itu. Teori gak berguna tanpa praktik. Jadi, setialah pada aturan keuangan keluarga agar bahtera rumah tangga berlayar selamanya, aseeek!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 8 Langkah Mengatur Keuangan Pasangan Baru Menikah Biar Rumah Tangga Gak Cuma Seumur Jagung]

[Baca: Manajemen Keuangan Suami Istri yang Sama-sama Kerja Tapi Tanpa Ngikutin Ego Yaaa]

[Baca: Suami Istri Jangan Ada Dusta di Antara Kita Termasuk Soal Utang]

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com