Cari Partner Bisnis yang Punya 10 Kriteria Ini Supaya Bisnismu Berkembang

by akbar 2.296 views0

untuk jam 6

Finansialku

Berbisnis dan berteman jelas dua hal yang berbeda dan gak bisa disamakan. Partner bisnis adalah teman, tapi teman belum tentu bisa menjadi partner bisnis.

Seorang partner bisnis pastinya punya peranan penting untuk mendukung bisnismu dengan keterampilan yang dibutuhkan.

Bisa diartikan juga bahwa partner bisnis adalah orang yang pertama yang kita tuju saat ingin membagi tugas-tugas perusahaan. Lantas gimana cara memilih mitra usaha atau partner bisnis yang tepat? Pilih yang memiliki 10 kriteria berikut ini.

1. Punya visi dan misi yang sama

Pastikan calon partner bisnismu punya visi dan misi yang sama. Kalau visi dan misi saja sudah beda, pasti susah dong menjalankan bisnis bersama-sama.

Kebayang kalau setiap hari selalu konflik karena berbeda pendapat. Ujung-ujungnya bisnis gak kunjung berjalan.

Jika sudah terlanjur memiliki teman atau partner bisnis yang gak yakin dengan visi kita, lakukan yang terbaik untuk membantu dan meyakinkan mereka memahami visi yang kita emban.

2. Punya “nilai” yang sama

business-partner
Nyari partner bisnis haruslah yang cocok dan “klik” kayak potongan puzzle (partnership/ jdacommunity)

Meskipun kamu bisa menghargai pendapat orang lain, memilih teman yang memiliki nilai yang sama denganmu tetaplah penting. Hal itu akan membuat kamu gak gampang terpengaruh oleh orang-orang yang tidak menjunjung tinggi nilai dan standar hidupmu.

Bila teman memiliki nilai yang sama, mereka dapat saling membantu satu sama lain. Begitu pun yang namanya partner bisnis. Sebisa mungkin carilah yang menjunjung nilai-nilai yang sama denganmu.

3. Satu arah

Bila kamu memberi tahu partner-mu apa yang ingin kamu lakukan, mereka dapat membantumu untuk tetap bertanggung jawab dan menindaklanjutinya. Inilah partner yang ideal. Tandanya dia searah denganmu dalam hal gagasan. Hal itu bisa membuatmu saling mendukung.

Izinkan mereka juga untuk mengevaluasi dan mengkritisi kinerjamu, begitu pun sebaliknya.

4. Pilih orang yang “Get-it

“Get-it” artinya orang yang serius tentang tujuan mereka dan serius tentang kesuksesan. Mereka gak memperlakukan hidup dengan santai atau membuang waktu untuk hal-hal yang sembrono.

Orang-orang seperti itu mengambil tindakan cepat dan menyelesaikan sesuatu. Jika kamu menganggap diri sendiri sebagai orang yang bisa melakukannya, penting bagimu untuk memiliki partner bisnis yang beroperasi dengan cara yang sama.  

Bruce-Lee-Quote-2
Pilih partner yang kayak Bruce Lee nih (Bruce Lee/ thequotes.in)

5. Pilihlah yang kompeten

Carilah partner yang memiliki kemampuan berbisnis, sehingga kerjamu akan lebih ringan. Jangan sampai memilih partner bisnis hanya karena teman dekat atau saudara yang tidak memiliki keterampilan. Ujung-ujungnya pekerjaanmu malah jadi makin berat.  

6. Pilih yang standar moralnya tinggi

Standar moral yang tinggi akan membuat seseorang menjadi pengusaha yang beretika. Jika kamu berfokus untuk membawa hidup, karier, maupun bisnis ke tingkat berikutnya, mengapa tidak bergaul dengan orang-orang seperti ini? Mereka dapat membantu memperkaya cara berpikirmu.

Coba untuk keluar dari zona nyaman dan menghabiskan waktu bersama teman-teman yang dapat membuka wawasanmu. Termasuk dalam hal partner bisnis.

7. Pilih yang bisa saling mengisi

Kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan. Carilah partner bisnis yang memiliki keahlian di bidang yang gak kamu kuasai. Dengan begitu, kamu dan partner bisa saling mengisi dan melengkapi layaknya pasangan hidup.

we-complete-each-other-2560x1600
Partner bisnis harus bisa saling mengisi dan melengkapi ya, kayak pasangan hidup (gelas/ desktopwarehouse)

8. Pilih yang menenangkan, memotivasi, dan mendorongmu

Jenis partner bisnis ini juga merupakan mitra tujuan yang hebat. Tentunya gak ada yang menginginkan teman yang negatif ya. Nah, sama halnya dengan partner bisnis.

Carilah yang selalu bisa menenangkan dan memotivasimu. Jangan sampai ketika bisnis sedang sulit, kamu harus berjuang seorang diri lantaran salah memilih mitra bisnis.

9. Pilih yang haus akan ilmu

Hidup adalah belajar, tumbuh dan berkembang. Dengan teman seperti ini, Kamu bisa saling belajar satu sama lain.

Selalu menyenangkan memiliki teman yang bisa merekomendasikan buku bagus atau berbagi informasi untuk membantumu. Teman-teman yang merupakan pembaca setia biasanya adalah pembicara yang hebat dan menyenangkan untuk diajak bicara juga.

10 Dapat dipercaya

Apakah kamu sudah sangat percaya dengan calon partner-mu? Kalau masih ragu atau curiga, maka lebih baik cari partner baru. Rasa percaya ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Jangan sampai hubunganmu berdua diselimuti kecurigaan yang akan mengganggu bisnis ke depan

Hati-hati berbisnis bila kamu hanya berperan sebagai partner yang memberikan uang, tidak memberikan waktu, dan tidak melakukan apa-apa untuk usaha. Suatu saat, usaha akan dikuasai oleh partner-mu yang punya waktu.

Karena, dengan menghabiskan waktu untuk usaha, dia yang lebih tahu seluk beluk perusahaan. Begitu mendapat untung, bisa saja dia berpikir untuk tak lagi melanjutkan kerja sama bisnis denganmu.

Makanya, jangan sampai salah memilih partner bisnis ya. Kalau gak hati-hati, bisa-bisa justru bisnismu sendiri yang dibawa kabur.

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Bukan Cuma Pasangan Hidup, Memilih Partner Bisnis Juga Harus Selektif]

[Baca: Lakukan 5 Langkah Ini Supaya Bisnis Keluarga Bertahan Lama dan Bebas Drama]

[Baca: Mau Mulai Berbisnis? Hati-hati dengan 4 Nasihat Ini]

 

Masih banyak lagi dari duitpintar.com