Cek Kartu Kredit Supermarket yang Paling Cocok Buatmu di Sini!

by Hardian 844 views0

untuk jam 3

Jangan salah paham dan salah gaul. Kartu kredit itu bukan kartu utang atau kartu setan. Kartu ini adalah alat pembayaran yang fungsinya memudahkanmu dalam melakukan transaksi jual-beli. Jadi tujuannya jelas positif dong.

Hebatnya lagi, seiring berjalannya waktu, manfaat yang ditawarkan kartu kredit pun kini gak sebatas kemudahan transaksi aja.

Pemegang kartu kredit sekarang juga bisa menikmati berbagai keuntungan yang didesain sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Contohnya buat yang rutin belanja di supermarket. Kamu bisa memilih beberapa kartu kredit yang manfaatnya paling terasa untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini.

Mau tahu kartu kredit apa yang paling cocok buatmu untuk belanja bulanan? Yuk cari tahu lebih lanjut!

dapat bonus sembako
Biar makin untung pas belanja bulanan, pilih kartu kredit yang bisa kasih diskon (milih belanjaan/Duitpintar)

Kalau kamu nyari potongan harga atau diskon belanja di Carrefour, pakai kartu kredit Mega aja. Dengan memakai kartu kredit Mega, bisa dapet diskon 10 persen. Selain itu, ada fasilitas cicilan 0 persen.

Misalnya belanja bulanan di Carrefour habis Rp 1 juta. Lalu kamu dapat diskon 10 persen karena pakai kartu kredit Bank Mega. Berarti cuma bayar Rp 900 ribu. Sisa Rp 100 ribu bisa ditabung atau diolah jadi modal investasi.

Diskon 10 persen itu juga berlaku di Transmart lho.

CTA Mega Visa Platinum diskon 10%
Jadi Ibu Rumah Tangga
Belanja di supermarket pakai kartu kredit juga bisa ngurangin tagihan lho (belanja/ urbanmoms)

Tagihan kartu kredit bakal lebih ringan kalau ada cashback. Nah, pakai deh Citi Cash Back Card buat belanja di supermarket mana pun. Ada cashback sebesar 0,1 persen tanpa batas maksimal.

Tapi, kalau total tagihan kamu bulan itu mencapai Rp 5 juta, maka kamu dapet bonus cashback 4,9 persen lagi kalau belanja di supermarket, restoran, dan SPBU. Jadi total cashback kamu bisa sampai 5 persen pada bulan itu. Namun besar bonus cashback yang diterima maksimal Rp 100 ribu ya.

Nah, nilai cashback yang kamu dapat bisa dipakai buat ngurangin tagihan kartu kredit di bulan tersebut atau diakumulasikan di bulan berikutnya. Sebab, jumlah cashback yang bakal dikasih tiap bulan itu harus kelipatan Rp 50.000.

Biar lebih jelas, simak ilustrasinya berikut ini:

Selama bulan Juni 2017, Ratna bertransaksi pakai kartu kredit Citi Cash Back Card sampai Rp 8 juta. Dengan total tagihan sebesar itu, artinya Ratna bisa dapet tambahan bonus cashback 4,9 persen untuk transaksi di supermarket, restoran, dan SPBU.

Jenis Transaksi Pembelanjaan

Supermarket

SPBU

Restoran

Belanja lainnya

Total

Total
Transaksi

2.500.000

1.000.000

1.500.000

3.000.000

8.000.000

Cash Back Reguler (0,1%)

2.500

1.000

1.500

3.000

8.000

Bonus Cash Back (4,9%)

100.000

49.000

73.500

222.500

Total cashback yang didapat

Total cashback yang dibayarkan bulan itu

Cashback yang diakumulasikan di bulan berikutnya

Rp 234.500

Rp 200.000

Rp 34.500

Simulasi di atas berlaku kalau tagihan kartu kreditmu mencapai Rp 5 juta ya dalam sebulan. Kalau kurang dari itu, berarti cashback yang kamu dapat ya cuma 0,1 persen dari transaksi belanja.

CTA Citi Cashback Card bonus 100 ribu
keluar dari jeratan utang
Belanja di Grand Lucky pakai kartu kredit bisa dapet voucher Rp 250.000 lho (grosir/ pesanobat)

Suka belanja di Grand Lucky? Kamu bakal lebih senang ke sana kalau punya kartu kredit Standard Chartered kecuali jenis klasik. Sebab, ada voucher belanja sampai Rp 250 ribu jika bertransaksi minim Rp 500 ribu di supermarket ini.

Tapi ini ada cara mainnya ya. Jadi untuk pembelanjaan minimum Rp 500 ribu, kamu bakal dapet voucher gratis Rp 50 ribu. Kalau belanjanya sampai Rp 1 juta, dapat voucher Rp 100 ribu. Nah, kalau belanjanya Rp 2 juta, ini baru dapat voucher Rp 250.000.

Umpamanya beli daging, sayur, beras, gula, dan lain-lain seharga Rp 750 ribu di Grand Lucky. Artinya, kamu bisa dapat voucher senilai Rp 50 ribu untuk pembelanjaan berikutnya di supermarket ini.

Tapi ingat ya, penukaran voucher gratis ini juga ada aturan minimum pembeliannya. Jadi jangan lupa dicek dulu cara penukarannya.

CTA Standard Chartered Platinum grand lucky
Makin banyak belanja, makin gede peluang dapet tiket pesawat gratis nih (daftar belanja/ purelyinspired)
Makin banyak belanja, makin gede peluang dapet tiket pesawat gratis nih (daftar belanja/ purelyinspired)

Untuk poin terakhir ini, HSBC Visa Signature Card mesti ada di dompet. Belanja di mana pun, termasuk supermarket, bakal dapat 1 point reward untuk tiap transaksi Rp 1.500.

Point reward ini bisa ditukarkan dengan tiket pesawat atau hotel gratis. Misalnya total belanjaan Rp 1,5 juta. Artinya, poin yang didapat sebanyak 1.000 poin.

Untuk bisa nginep gratis di hotel yang bekerja sama dengan HSBC, diperlukan minimal 200.000 poin. Sedangkan untuk tiket gratis penerbangan butuh minim 255.000 poin. Makin jauh tujuan penerbangan, makin besar poin yang diperlukan untuk mendapat tiket gratis.

CTA HSBC signature

Setiap kartu kredit bermanfaat. Tapi manfaat itu belum tentu cocok buat semua orang. Jadi, kita harus melihat dulu kebutuhan diri sendiri sebelum menentukan kartu kredit yang tepat.

Bila suka belanja di supermarket, kartu kredit di atas bisa jadi pilihan. Siapa sih yang gak mau mengurangi pengeluaran?  

Tapi ingat, setiap program kartu kredit punya syarat dan ketentuan, termasuk periode berlaku. Jangan sungkan bertanya ke tenan atau customer service bank untuk mengetahui program yang sedang dijalankan. Daripada kepedean ternyata gak memenuhi syarat, tengsin dong.

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Buat yang Kecanduan Pakai Kartu Kredit, Gini Cara Ngendaliin di Tahun 2017]

[Baca: Biar Hemat, Manfaatin Promo Kartu Kredit Buat Makan di 10 Restoran Ini]

[Baca: Ajukan Kartu Kredit Sekarang, Mumpung Momennya Tepat]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com