Contekan Lengkap buat yang Nyari Wedding Murah di Jakarta dengan Bujet Rp 75 Juta

by DuitPintar 8.145 views0

selektif memilih pasangan

Cieee, yang sudah siap membangun mahligai cinta abadi. Pasti rasanya udah kayak nano-nano. Seneng, bangga, khawatir, puyeng campur jadi satu.

 

Seneng dan bangga sudah pasti dong. Nah, kalau khawatir dan puyeng saat berencana mewujudkan rencana nikah itu juga wajar kok.

 

Biasanya keduanya muncul gara-gara mikirin bujet. Apalagi kalau rencana nikah di Jakarta. Bikin pesta wedding murah di Jakarta butuh ekstra tenaga dan pikiran, booo.

 

Tapi tenang aja, pasti di sekeliling kamu banyak yang mau bantuin cari solusi. Orang tua atau saudara pastinya mau bantu lah.

Di artikel ini juga ada panduan cari wedding murah di Jakarta dengan bujet Rp 75 juta. Mau nyontek panduan ini, monggo…

 

1. Ijab kabul di KUA

ijab kabul di kua
Ijab kabul di KUA udah digratiskan. Kalau dimintai duit, penghulunya bisa dilaporin ke KOK nanti

 

 

Kalau mau ngirit, ijab kabul di KUA aja, biayanya cuma-cuma alias gratis! Hehehe. Kalau di luar KUA, harus bayar Rp 600.000. Tapi bayarnya bukan ke penghulu, melainkan Bank Persepsi.

 

Biaya: Rp 0

 

[Baca: 5 Tips Tata Cara Menikah di KUA: Kalau di Kantor, Jangan Mau Disuruh Bayar]

 

2. Tempat nikah ekonomis

Nikah ya enaknya di gedung, apalagi ada AC-nya. Masalahnya, harga sewa gedung buat wedding di Jakarta bikin ngurut dada bener. Biasanya tempat nikah ini yang paling nguras bujet soalnya sudah plus katering, dekor, dan lain-lain.

 

resepsi di rumah sewa
Kalau terpaksa bener, banyak juga yang sampai nutup jalan buat mendirikan tenda di tengah jalan. Tapi itu bikin orang lain susah

 

 

Ada solusinya, yaitu sewa gedung doang, yang biasanya bisa sampai separuh harga paket yang ditawarkan. Terus katering dan lainnya cari sendiri.

 

Gedung resepsi di kompleks masjid atau gereja biasanya menawarkan paket sewa gedung saja. Misalnya aula Masjid Baitussalam Billy Moon, Jakarta Timur. Kalau mau di gedung biasa, ada gedung BKKBN di Jakarta Timur yang harganya juga miring.

 

Atau outdoor saja. Tempat nikah outdoor lebih murah meriah, sekitar Rp 10-20 juta, contohnya Pawon Jawa di Kemang. Namun harus dilihat cuacanya. Kalau nikah pas musim hujan, bahaya!

 

Bisa juga pilih semi-outdoor kalau nikahnya pas musim hujan. Harganya lebih miring daripada full outdoor tapi tetep lebih murah outdoor.

 

Gedung nikah semi outdoor biasanya berupa taman, seperti The Roemah 7a di Jakarta Selatan. Tapi khusus pelaminan berada di teras yang ada atapnya. Tamunya yang ada di taman, tapi bisa dipasang tenda di atasnya.

 

Atau bisa juga cari rumah sewa. Banyak kok rumah sewa yang biasa dijadikan lokasi nikah. Misalnya Rumah Saya di Pejaten Timur. [Baca: Cari Rumah Sewa untuk Wedding yang Pas Dengan Bujet]

 

Biaya: Rp 20 juta

 

3. Undangan digital

Untungnya sekarang udah zaman Internet. Semua bisa dilakuin lewat Internet. Bahkan minjem duit buat usaha juga bisa lewat dunia maya ini.

 

undangan wedding digital
Bikin undangan di Facebook, tag semua orang. Gratissss

 

 

Nah kalau bujet Rp 75 juta tapi rencana mau bikin 1.000 undangan, mending beberapa dibuat undangan digital. Misalnya 700 undangan cetak, 300 digital.

 

Kalau satu undangan Rp 5.000, artinya cuma keluar duit Rp 3.500.000 buat nyetak 700 undangan. Bisa ngirit Rp 900.000 dari 300 undangan digital.

 

Digital di sini artinya undangan dikirim lewat Facebook, e-mail, WhatsApp atau apa pun yang pakai Internet. Yang dikirim tentu saja harus diseleksi, misalnya temen kantor atau yang masih muda-muda. Yang melek teknologi lah.

 

Biaya: Rp 3,5 juta

 

4. Katering murah

Cari jasa katering yang murah tapi gak murahan. Untuk dapet katering murah, bisa browsing-browsing di Internet.

 

katering wedding murah
Masak sendiri adalah pilihan terakhir. Tangan bisa gempor masak buat 200, atau bahkan 500 orang

 

 

Kalau ada temen yang udah nikah, bisa juga tanya ke dia. Biasanya jasa katering akan ngasi diskon ke temen bekas kliennya, biar ditawarin juga gitu ke temen lain.

 

Biaya katering yang enak dan murah umumnya dipatok minimal Rp 30 ribu per porsi. Kalau jumlah undangan 1.000, berarti ongkos katering Rp 60 juta!! Hahaha

 

Katering yang murah, tentu saja masak sendiri. Kalau masak sendiri, bisa ditentuin batas maksimal bujetnya. Tentuin aja per orang Rp 15.000, sehingga total bujet katering Rp 30 juta.

 

Tapi sepertinya sangat ribet kalau masak sendiri buat 200 tamu undangan. Sebisa mungkin cari dulu katering yang murah.

 

Kalau gak, kurangi jumlah undangan, misalnya jadi 500. Dengan begitu, bujet katering bisa diturunkan jadi Rp 15 juta.

 

Biaya: Rp 30 juta

 

5. Paket foto-rias-dekor

Karena sudah terpakai Rp 53.500.000, berarti sisa Rp 21. 500.000. Jadi, foto-rias-dekor cari yang paketan aja. Tapi ini paket bukan sembarang paket.

 

paket wedding murah (foto, busana, rias, etc)
Kalau pingin pakai baju rancangan Anne Avantie, nabung gulu lagi aja. 10 tahun lagi, cukup?

 

 

Yang bikin mereka jadi paket adalah statusnya, yaitu amatir. Kalau paket foto-rias-dekor profesional, bisa nombok dong.

 

Soal foto, cari fotografer wedding yang baru merintis karier aja. Atau temen yang emang berbakat fotografi dan punya karya yang menurutmu bagus. Mereka pastinya butuh portofolio, jadi harga bisa digoyang.

 

Kalau dekor, kerahkan keluarga besar saja. Tinggal beli bahan dan konsumsi. Biaya jasa, gratis.

 

Soal riasan agak rawan nih. Soalnya kalau riasan gak bagus, di foto jadi gak bagus juga. Apalagi kalau pakai rias adat.

 

Cari jasa rias yang sekaligus nyediain baju adat pengantin buat nikah. Yang agak mahal dikit gakpapa, asal hasilnya bener bagus.

 

Biaya foto: Rp 2 juta
Biaya dekor: Rp 1 juta
Biaya rias: Rp 5 juta
Total: Rp 8 juta

 

Kalau pingin baju pengantin yang eksklusif terpisah dari jasa rias, otomatis bujet jadi bertambah. Biasanya orang-orang yang bujetnya terbatas milih yang satu paket.

 

Tapi kalau maunya baju pengantin sendiri, bisa cari tempat sewa di dekat-dekat rumah. Saat ini banyak persewaan baju pengantin di kompleks-kompleks rumah, sperti Griya Baju di Tomang, yang tentu saja harganya miring.

 

6. Seragam

seragam keluarga kawinan
Baju keluarga harus seragam. Salah satunya biar tar gak ditolak kalau makan di meja VIP

 

 

Seragam juga wajib dibujetin. Buat keluargamu dan keluarga pasangan, seragam harus dibedain dengan penerima tamu juga.

 

Biar ngirit, gak perlu sampai bayar Ivan Gunawan buat nge-desain seragam. Solusinya, nyewa saja. Dengan bujet Rp 5 jutaan juga udah bisa nyewa seragam buat 30 orang.

 

Biaya: Rp 5 juta

 

7. Suvenir

Suvenir ini bentuknya kecil tapi cukup nguras bujet juga. Cari yang biasa saja kalau suvenir. Yang penting berguna.

Contohnya kipas, kan bisa dipakai di lokasi nikah kalau gak pakai AC. Harga suvenir kipas kira-kira Rp 3.000, jadi total biayanya Rp 3 juta.

 

Biaya: Rp 3 juta

 

suvenir wedding murah
Suvenirnya jangan kayak pejabat, yang sampai ngasi iPod buat tamu undangan. Mending buat sendiri

 

 

Nah, coba jumlah deh semua biaya di atas. Gak nyampai Rp 75 juta kan? Cuma habis Rp 69,5 juta, masih sisa Rp 5,5 juta.

 

Duit sisa itu bisa disimpan buat jaga-jaga siapa tahu ada yang jebol bujetnya. Kalau gak jebol, duitnya bisa ditabung.

Kalau sudah nikah bakal banyak pos-pos pengeluaran baru, lho. Contohnya tabungan pendidikan anak. Buat mastiin pendidikan anak kamu nantinya.

 

[Baca: Hey Mommies, Tahu Apa Itu Tabungan Rencana dan Manfaatnya untuk Keuangan Keluarga Ga?]

 

Hitungan bujet di atas hanya simulasi buat angka Rp 75 juta yang telap ditetapkan tersebut. Kalau ternyata hitunganmu melebihi bujet, lihat apakah ada bujet yang bisa dikurangi, kayak jumlah tamu, yang nantinya ngefek ke berkurangnya biaya suvenir dan katering.

 

Dah, gak usah terlalu puyeng dan khawatir mikirin bujet. Semua pasti ada jalan keluarnya asal kita cari solusi dengan pikiran jernih.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.jawapos.com/jppic/628_506_sip-ijab-kabul-massal-dipta.jpg
  • https://rumahpetik.files.wordpress.com/2015/01/rumah-sarwono-02.jpg
  • https://adichal.files.wordpress.com/2013/02/undangan-pernikahan-online_l-69847-116912.jpg
  • http://www.cateringbandungonline.com/wp-content/uploads/2013/09/baru-9.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-2LAVApRXddE/U8vbqT1TYJI/AAAAAAAAA2o/7UfBt8Al9t8/s1600/wedding+organizer+rina+gunawan,harga+wedding+organizer+jakarta,wedding+organizer+jakarta+murah,j3.jpg
  • http://img.hipwee.com/cdn/wp-content/uploads/2014/12/120-750×421.jpg?421e81
  • http://web.id.tc/souvenirdankerajinanmurah/wp-content/blogs.dir/574/files/sites/574/2013/06/005.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com