Curhat Duit: Target Setahun Lagi, Minta Solusi Mempersiapkan Biaya Menikah Dong

by Tifanny 900 views0

mempersiapkan biaya menikah

Curhat Duit adalah kolom khusus yang diadakan di Blog.DuitPintar.com karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dikirim ke kami seputar masalah keuangan. Ini lah yang membuat kami ingin mencoba membantu memberikan solusi sebisa mungkin. Curhat Duit pun menjadi bentuk komunikasi langsung antara Blog.DuitPintar.com dan pembaca setianya, selain lewat Forum.DuitPintar.com

Curhat Duit kali ini datang dari email yang masuk ke [email protected] yang berasal dari seorang karyawan swasta yang ingin memperoleh solusi mempersiapkan biaya menikah dalam jangka waktu setahun lagi.

dear admin curhat duit,

Kenalin, nama gw Reynaldo Aritonang, panggilannya Aldo. Gw ada yang mau dicurhatin nih min, mohon jawabannya ya min. Jadi sekarang ini gw sama pacar berencana buat menikah setelah 5 tahun pacaran. Dan gw sama pacar gw ud rutin nabung buat nyiapin biaya nikah sejak tahun 3 kami pacaran, dan ud kekumpul kurang lebih 10 jutaan. Rencana kami buat menikah di tahun depan min, cuma setelah itung-itung dan survey sana sini, kami masih kekurangan biaya buat nutupin biaya nikah.

Budget nikah kami itu 50 jutaan, dan gak bakalan cukup kalau ngandelin tabungan yang sekarang ada. Oh btw, umur gw 27 thn, cewe gw 25 tahun. Kami berdua masih aktif kerja. Dan kami juga masih harus bantu keuangan keluarga masing-masing yang tiap bulannya ngabisin 1 jutaan. Minta solusinya dong min, gmn caranya gw bisa wujudin keinginan gw sama pacar buat nikah tahun depan.

Makasi banyak ya admin curhat DuitPintar

Email dapat dilihat di sini: http://forum.duitpintar.com/question/curhat-duit-target-setahun-minta-solusi-mempersiapkan-biaya-menikah-dong/

Jawaban:

Hai Reynaldo Aritonang,

Terima kasih untuk email-nya ya

Wah senang nih yang sudah menemukan tambatan hati dan memutuskan untuk mengayuh biduk rumah tangga hehehe. Selamat ya.

Sudah jadi rahasia umum kalau biaya pernikahan itu gak sedikit. Banyak pasangan yang dibuat pusing dan stres memikirkan hal yang satu ini. Oke, ada 3 opsi solusi yang bisa kami sarankan untuk kalian nih.

1. Menabung

Walau terdengar klise dan mungkin hasilnya kurang maksimal, kamu selalu bisa mengandalkan tabungan loh. Berapapun nominalnya. Dengan gaji kamu dan calon istri, coba buat komitmen dan tekad untuk menyisihkan Rp 1 juta dari kalian masing-masing setiap bulan khusus untuk biaya menikah.

Termasuk saat menerima bonus atau THR dari kantor, sisihkan juga sebagian besar untuk tabungan persiapan menikah kalian deh.

Perkiraan kalau menabung Rp 2 juta per bulan, maka selama 12 bulan kalian memiliki tabungan sebesar Rp 24 juta plus bunga tabungan per bulannya.

2. Investasi

Jangan takut dengan yang namanya investasi. Coba mulai dengan investasi yang sudah mulai dikenal dan diminati para eksekutif muda, investasi reksa dana pasar uang. Selain modal yang gak terlalu besar, hasil return yang diperoleh selama setahun lebih besar dari hasil tabungan kalian.

Sudah banyak kok bank yang menyediakan fasilitas investasi reksa dana pasar uang, kamu hanya tinggal cari informasi yang akurat dan terpercaya saja. Pilih yang paling sesuai dan nyaman buat kantongmu.

3. KTA

Sudah familiar dengan KTA alias Kredit Tanpa Agunan dong? Opsi ini juga bisa digunakan kok. Tentu saja selama kalian memenuhi persyaratan, di antaranya kepemilikan kartu kredit. Gak terlarang kok mengajukan pinjaman ke bank melalui fasilitas KTA. Apalagi ada tujuan yang jelas yaitu untuk biaya pernikahan.

Tapi, tentu saja KTA ini sama artinya dengan kalian berhutang. Utang bukan sesuatu yang berbahaya kalau kalian punya komitmen dan kesadaran untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Pastikan dulu bank yang kalian pilih adalah bank yang menyediakan KTA dengan bunga ringan dan tenor sesuai dengan kemampuan finansial kalian. Setelah itu kalkulasikan kembali apakah dengan KTA ini beban pengeluaran kalian nanti gak akan jadi makin berat, ingat saat sudah menikah bakalan banyak kebutuhan loh.

Kalian bisa mencoba salah satu opsi di atas sebagai solusi dari biaya persiapan pernikahan, tentu saja harus dipertimbangkan dengan bijaksana dan melihat kondisi finansial kedua belah pihak.

Gak ada salahnya juga untuk membuat kolaborasi ketiganya, menabung sambil juga berinvestasi dan kekurangan sebagian biayanya lagi dibantu dengan fasilitas KTA. Atau kombinasikan sesuai kondisi kamu tentu saja dengan terlebih dulu membuat pertimbangan dan kalkulasi yang matang.

Intinya sih melakukan yang paling sesuai dengan kemampuan finansial kita ya. Jangan pernah memaksakan untuk mengadakan pernikahan yang glamor padahal budget pas-pasan. Yang lebih parah saat kalian memutuskan untuk berhutang dalam jumlah besar untuk mewujudkan keinginan pernikahan yang wah tersebut.

Duh jangan deh! Gak mau kan kehidupan setelah pernikahan malah diisi dengan pertengkaran demi pertengkaran dan pusing seputar utang? Semoga membantu ya, dan selamat mempersiapkan.

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com