Dear Para Bikers, Sadar Gak Kalau Dampak Kecelakaan Motor Itu Termasuk Bikin Angka Kemiskinan Meningkat?

by DuitPintar 434 views0

dampak kecelakaan motor

Makin hari jalanan makin enggak ramah aja sama bikers. Intip saja akun Twitter TMC Polda Metro Jaya. Hampir yang namanya kecelakaan sepeda motor itu enggak pernah absen di timeline.

 

Yang terbaru adalah kecelakaan pengendara Go-Jek bersama istri dan anaknya di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Anaknya selamat dengan luka parah tapi tidak dengan orangtuanya. Mereka tewas setelah motor matik yang ditumpanginya dihajar Kopaja yang melaju kencang. *Turut berduka sedalam-dalamnya dari Tim DuitPintar.com

 

Memang sih, menghindari risiko kecelakaan motor hanya bisa dihindari dengan TIDAK NAIK MOTOR! Tapi apakah itu jalan keluarnya? Lagi pula bukan jaminan juga yang tak naik motor terhindar dari kecelakaan. (Baca: Asuransi Motor All Risk Itu Cocok Buat Tunggangan Apa Ya)

 

Ini fakta lho, begitu motor sudah diajak ke jalan, maka risiko kecelakaan langsung mengintai. Belum lagi jalanan makin padat saja sama bikers. Tengok deh data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) di mana total penjualan motor seluruh Indonesia dari Januari sampai September sudah tembus 5,8 juta unit.

 

Bayangkan, ada tambahan lagi 5,8 juta motor yang lalu lalang di jalan. Ukur sendiri deh risiko kecelakaannya. Pasti makin tinggi, kan?

 

Enggak percaya? Intip data statistik kecelakaan yang dialami bikers. Data Kementerian Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) menyebutkan kecelakaan pengendara sepeda motor mencapai 120.226 kali atau 72% dari seluruh kecelakaan lalu lintas dalam setahun yang terjadi di Indonesia.

 

Kok Menko Kesra ikut angkat bicara soal bikers yang jadi korban kecelakaan lalu lintas? Lha ya jelas berkepentingan dong. Pasalnya, dampak kecelakaan motor bakal menciptakan manusia miskin baru di Indonesia!

 

Tugasnya kan untuk membantu Presiden menyinkronkan kebijakan di bidang kesejahteraan rakyat. Nah, dampak kecelakaan motor itu menjadi perhatian Menko Kesra lantaran dampaknya terhadap ekonomi keluarga.

 

Kenapa? Ya dampaknya terutama pada keluarga yang ditinggal suami dan atau orang yang sebelumnya menjadi penopang hidup keluarga.

 

dampak kecelakaan motor

 

 

Seringkali mereka yang ditinggalkan korban kecelakaan mendapat beban finansial. Problem finansial

baru dirasakan beberapa bulan kemudian lantaran si pencari nafkah telah berpulang terlebih dulu.

 

Atau bisa juga si bikers ini mengalami cacat permanen yang membuatnya tak bisa optimal mencari nafkah. Ketika mengalami cacat permanen, otomatis akan menjadi beban keluarga dong.

 

Pentingkah asuransi kecelakaan diri?

Punya asuransi kecelakaan diri itu pilihan. Sekali lagi, itu pilihan. Pilihan yang berangkat dari kebutuhan.

 

Kesadaran bikers untuk punya asuransi kecelakaan diri belakangan ini memang belum tinggi. Hanya, beberapa komunitas bikers sudah sadar perlunya asuransi kecelakaan diri.

 

Mereka sadar karena naik motor itu berisiko tinggi mengalami kecelakaan lalu lintas. Di saat bersamaan, mereka adalah tempat bergantungnya keluarga sebagai pencari nafkah.

 

Nah, asuransi kecelakaan diri ini menjadi bentuk tanggung jawab bikers kepada keluarga. Kalau ada apa-apa di jalan, maka bakal ada yang menjamin atau pihak yang akan memberi jaminan secara finansial bagi anggota keluarga jika benar ada peristiwa kecelakaan.

 

Sebenarnya opsi untuk mengasuransikan diri itu bisa dipilih saat pembuatan atau perpanjang SIM C. Yang dimaksud itu adalah asuransi kecelakaan diri pengemudi yang dikelola PT Asuransi Bhakti Bhayangkara.

 

Asuransi ini sifatnya enggak wajib tapi bisa dipertimbangkan. Preminya murah hanya Rp 30 ribu yang berlaku sama dengan SIM, yakni lima tahun. Hanya nilai pertanggungannya terbilang kecil. Bagi pemegang SIM A/B yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, mendapat maksimal pertanggungan Rp 4 juta dan pemegang SIM C Rp 2 juta.

 

Nah, kalau asuransi itu dianggap tak memadai dalam memberi jaminan, ada baiknya melirik produk lainnya. Masih banyak produk asuransi kecelakaan diri yang manfaatnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan risiko yang dihadapi.

(Baca: Wajib Cermat Pilah Pilih Asuransi Motor Biar Hati Adem)

 

dampak kecelakaan motor

 

 

Misalnya saja terpikirkan memperluas jaminan asuransi motor dengan menambah klausul asuransi kecelakaan diri. Maklumlah, kalau beli motor secara kredit, premi asuransi yang dibayarkan semata-mata untuk melindungi motor, bukan bikersnya.

 

Pendek kata, bikers sebaiknya mesti menyadari cepat atau lambat bila tak hati-hati di jalan apalagi tak tertib lalu lintas, maka tinggal tunggu apesnya saja. Apesnya bisa dalam bentuk kecelakaan dari ringan sampai berat.

 

Dan perlu diingat pula, punya asuransi bukan berarti menghilangkan risiko di jalan. Asuransi hanya mengalihkan risiko finansial saja.

 

Satu lagi, pastikan saat menunggangi motor selalu taat lalu lintas. Pasalnya, kecelakaan yang terjadi akibat pelanggaran lalu lintas bisa membuat hangus jaminan asuransi!


Keep riding safely ya!

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com