Deposito Valas Terbaik Buat Mengeruk Untung dengan Investasi Mata Uang Asing

by DuitPintar 1.226 views1

deposito valas terbaik thumb

Yang lagi bingung mau investasi apa dan di mana, coba kenalan dengan deposito valas. Valas alias valuta/mata uang asing bisa menjadi instrumen investasi yang renyah dan mengenyangkan.

 

Apalagi kalau kita hobi traveling ke luar negeri. Duit asing sisa belanja bisa kita manfaatkan untuk didepositokan ketimbang hanya ditukar dengan mata uang rupiah.

 

Begitu pula pekerja di mancanegara. Duit gaji yang diterima dalam mata uang asing bisa jadi lebih besar nilainya di dalam negeri.

 

Apa Itu Deposito Valas

Di Indonesia, deposito valas sangatlah menggiurkan. Sebab nilai tukar rupiah sering terpengaruh mata uang yang lebih kuat, khususnya dolar Amerika Serikat.

 

Sejak krisis moneter 1997-1998, kurs rupiah terus turun-naik terhadap dolar. Tapi yang lebih sering adalah turun. Bahkan pada akhir 2015 rupiah sempat menyentuh angka 14.000 per dolar.

 

Jika kita punya US$ 10 saja. Berarti uang itu sama nilainya dengan Rp 140.000. Memang, suku bunga deposito valas biasanya lebih rendah ketimbang rupiah. Tapi nilai tukar valas tertentu, misalnya dolar di atas, lebih tinggi ketimbang rupiah lho.

 

Mekanisme deposito valas gak jauh beda dengan deposito biasa yang memakai rupiah. Perbedaannya hanya pada mata uang yang didepositokan. Juga keuntungannya!

 

deposito valas terbaik

 Manfaat deposito valas banyak lho. Bisa buat nambah biaya pendidikan anak di luar negeri

 

 

Kalau belum akrab dengan deposito, gak perlu khawatir. Prosesnya mirip dengan nabung biasa, kok. Tapi ada sedikit unsur “paksaan” di sini karena dana gak bisa diambil sampai batas waktu yang telah disetujui sebelumnya, misalnya 1 bulan atau 1 tahun.

 

[Baca: Deposito Bank Menguntungkan, Kok! Coba Kenalan Dulu..]

 

Mencari deposito valas terbaik gak susah kok. Beberapa bank sudah menawarkan produk deposito ini.

 

Deposito valas punya sederet keunggulan yang bikin ngiler. Meski ada juga kelemahannya, sih. Berikut ini rinciannya.

 

Keunggulan

1. Administrasi gratis

Sejumlah bank membebaskan biaya administrasi buat nasabah deposito. Jadi, gak ada itu potongan administrasi kayak tabungan per bulan.

 

2. Harta saat rupiah tertekan

Seperti diketahui, rupiah sering tertekan oleh mata uang asing, terutama dolar Amerika. Kita gak bakal waswas kalau punya deposito valas. Malah mungkin bisa sedikit tersenyum.

 

Misalnya terjadi krismon seperti tahun 1997-1998. Nilai tukar rupiah anjlok. Kalau kita punya deposito valas, beruntung sekali. Soalnya nilai valas itu bakal melonjak lantaran rupiah jeblok.

 

deposito valas terbaik

 Rupiah memang sering anjlok, nah deposito valas ini bisa menjadi instrumen yang menguntungkan

 

 

Ini juga bermanfaat kalau kita berencana menyekolahkan anak ke luar negeri. Duit mata uang negara yang akan dituju itu didepositokan saja, sehingga kelak ketika dibutuhkan bisa tersedia. Bandingkan jika nabung rupiah, dan saat duit dibutuhkan nilai tukarnya lagi ambruk.

 

3. Aset buat yang gajinya non-rupiah

Kalau digaji dolar, misalnya, betapa lezatnya jika penghasilan itu dikumpulkan dalam deposito. Daripada repot ditukar ke rupiah terus ditabung. Toh, akhirnya juga duit aman disimpan di bank.

 

Tapi dengan deposito valas kita bisa beroleh bunga yang lebih gede ketimbang tabungan soalnya bunganya juga pakai valas itu. Bisa buat modal berburu investasi properti!

 

 

[Baca: [Baca: Apakah Investasi Apartemen Menguntungkan Selamanya? Gimana Memprediksikannya?]

 

Kelemahan

1. Ada jatuh tempo

Beda dengan tabungan, deposito valas ada jatuh temponya. Duit hanya bisa diambil kalau udah jatuh tempo.

Deposito rupiah juga begitu. Tapi jatuh tempo deposito valas bisa 1 bulan, kok. Gak perlu nunggu sampai bertahun-tahun untuk mengeruk untung dari investasi ini.

 

2. Level di LPS rendah

LPS alias Lembaga Penjamin Simpanan dibentuk pasca-krisis 1997-1998. Gunanya, menjamin keamanan uang nasabah yang disimpan di bank dalam nominal tertentu, termasuk deposito valas.

 

Tapi batas uang deposito valas yang dijamin LS sama dengan deposito rupiah, yakni Rp 2 miliar. Jika nilai tukar rupiah Rp 14.000 per dolar, berarti duit dolar di deposito yang dijamin LPS hanya sekitar US$ 140 ribu.

 

 

Kalau simpanan kita US$ 200 ribu, berarti sisa US$ 60ribu tidak dijamin. Bisa jadi sisa uang itu lenyap jika terjadi krisis atau bank yang bersangkutan bangkrut.

 

deposito valas terbaik

 Salah satu kelemahan deposito valas adalah adanya batas penjaminan dari LPS

 

 

Itulah sekelumit soal apa itu deposito valas dan fitur-fiturnya. Untuk membuka deposito valas, caranya sama saja dengan buka deposito rupiah atau tabungan.

 

Kunjungi bank dengan membawa identitas diri. Jangan lupa juga bawa duit yang akan didepositokan. Bank menerapkan setoran minimal. Untuk mendapat informasi lebih lanjut, hubungi bank terkait agar lebih jelas.

 

 

[Baca: Tips Memilih Investasi yang Menguntungkan Buat yang Belum Pernah Jadi Investor]

 

 

 

Image credit: 

  • http://www.seputarforex.com/sfmateri/c_sf_155919_221454_penipuanvalas.jpg
  • http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/972681/big/065939200_1441024570-ilustrasi-penurunan-rupiah3.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2012/04/12/2084362049p.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com