Duh, Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan Ya? Bandingin Yuk

by DuitPintar 5.477 views3

asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan

Buat orang tua, anak adalah segalanya. Bahkan sebelum sang buah hati lahir apa-apa udah disiapkan, dari pakaian sampai kamar tidur.

 

Setelah anak gede dikit, biasanya orang tua mulai memikirkan hal yang gak kalah penting: pendidikan. Mana ada sih orang tua yang rela nelantarin pendidikan anaknya?

 

Orang tua sering dihadapkan pada dua pilihan untuk memastikan pendidikan anaknya, yaitu asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan. Dua-duanya memang direkomendasikan buat ayah-bunda yang pengin masa depan anak lebih terjamin.

 

Baik asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan menjanjikan dana yang cukup untuk pendidikan anak dari SD sampai kuliah. Namun masing-masing punya mekanisme tersendiri.

 

Mana yang paling pas, itu yang jadi pertanyaan. Soalnya, kebutuhan dan kemampuan finansial tiap orang tua beda-beda. Untuk membantu menentukan pilihan, berikut ini perbandingan asuransi dan tabungan pendidikan:

 

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah produk asuransi yang digabungkan dengan investasi (unit link). Karena itu, hasil pasti dana yang terkumpul dari asuransi pendidikan tidak pasti, bergantung pada situasi yang mempengaruhi pasar investasi.

 

Bisa jadi hasil investasi berada di bawah perkiraan. Bisa juga hasilnya jauh di atas prediksi.

 

asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan

 

Asuransi pendidikan buat anak sudah makin banyak, tinggal pilih-pilih yang terbaik buat anak

 

Asuransi pendidikan sering dipilih orang tua yang mau berinvestasi sekaligus beroleh manfaat asuransi. Jadi, ada manfaat dobel di depan mata: hasil investasi dan klaim asuransi kalau terjadi sesuatu.

 

Investasi dalam asuransi pendidikan biasanya diarahkan ke reksa dana. Tapi, beda dengan investasi reksa dana langsung di manajer investasi, kontrol terhadap dana yang diinvestasikan sepenuhnya berada di tangan perusahaan asuransi.

 

[Baca: Tak Perlu Ragu Investasi Reksa Dana, Ada Manajer Investasi yang Mengelola]

 

Dengan asuransi pendidikan, orang tua sebagai pencari nafkah akan menjadi pihak tertanggung. Jadi, jika orang tua meninggal atau cacat permanen sehingga gak bisa lagi cari duit, anak tetap akan mendapat dana hasil investasi plus uang pertanggungan.

 

Dana asuransi pendidikan akan dicairkan bertahap sesuai dengan periode sekolah anak. Misalnya saat masuk SD, SMP, sampai kuliah.

 

Nasabah asuransi pendidikan wajib menyetor duit premi sesuai dengan polis tiap bulan. Kalau terus lupa setor, polis bisa dibatalkan dan anak terancam masa depannya.

 

[Baca: Buat yang Siap Nikah dan Punya Momongan, Simak Dulu Hitungan Manfaat Asuransi Pendidikan Anak]

 

Tabungan Pendidikan

Bisa dibilang tabungan pendidikan lebih aman ketimbang asuransi pendidikan. Sebab, dana yang bakal terkumpul saat jatuh tempo lebih bisa dipastikan.

 

asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan

 

Tabungan pendidikan anak harus dipersiapkan sedini mungkin loh!

 

 

Soalnya, dana ini bersifat tabungan, gak diinvestasikan kayak asuransi unit link. Artinya, dana bakal tersimpan dan terus berbunga sampai tiba saatnya diambil.

 

Di sisi lain, ada ancaman inflasi yang menggerus nilai tabungan. Jadi, harus bener-bener dipastikan dana yang ditabung pas dengan biaya pendidikan anak kelak. Itu artinya kita juga harus melihat tren inflasi tiap tahun.

 

Penyetoran dana buat tabungan pendidikan lebih simpel ketimbang asuransi pendidikan. Soalnya,  dana bisa didebet langsung dari tabungan sendiri. Gak perlu khawatir lupa nyetor selama dana di tabungan utama cukup.

 

Tabungan pendidikan juga dilengkapi asuransi, tapi sifatnya hanya sebagai pelengkap. Lebih unggul asuransi pendidikan dalam hal klaim.

 

Misalnya orang tua meninggal ketika dalam periode tabungan pendidikan. Anak akan mendapat uang tabungan sesuai target, tapi gak ada uang santunan pertanggungan.

 

Tabungan pendidikan sering dipilih orang tua yang mau berfokus pada dana tabungan buat pendidikan tanpa embel-embel investasi. Sebab orang tua gak mau ambil risiko, meski hasil yang didapat lebih kecil daripada asuransi pendidikan.

 

[Baca: 4 Fakta Kenapa Orangtua Lebih Memilih Tabungan Pendidikan]

 

Mana yang Terbaik

Dari perbandingan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan di atas, bisa dipilih mana yang terbaik. Yang terbaik di sini tentunya mengacu pada kondisi masing-masing orang tua.

 

asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan

Apapun pilihannya, yang terutama adalah kita harus menjadi orangtua yang peduli kepada pendidikan anak

 

 

Tapi, ada beberapa tips yang bisa digunakan setelah menentukan pilihan:

 

Kalau asuransi pendidikan:

– Pilih produk yang biaya akuisisinya tidak terlalu tinggi, jadi kalau jumlah dana yang disetor mau ditambah (top up)   biaya top up kecil, atau bahkan nol rupiah.

– Pilih yang ada fitur pembebasan premi kalau pencari nafkah (orang tua) berhalangan permanen mencari nafkah.     Sebab ada juga asuransi pendidikan yang gak ada fitur itu.

– Pastikan yang menjadi tertanggung dalam asuransi adalah pencari nafkah.

– Hati-hati memilih rider (asuransi tambahan) karena ada biaya yang bisa jadi malah menggerogoti hasil investasi       kelak.

– Semakin panjang jangka waktu menabung, perkiraan hasil investasi semakin tinggi.

Kalau tabungan pendidikan:

– Pilih produk yang memberikan bunga terbesar.

– Untuk permulaan, pilih jangka waktu pendek untuk periode tabungan, misalnya 3 tahun atau sampai anak masuk     SD. Gunanya, untuk melihat apakah hasil tabungan mencukupi biaya pendidikan yang diperkirakan.

– Sebisa mungkin tingkatkan dana yang ditabung tiap tahun agar bisa mengimbangi laju inflasi.

 

 

Mau pilih asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan, yang penting kita menjadi orang tua yang peduli pada pendidikan anak. Tapi jangan lupa bijak untuk memilih mana yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing, ya.

 

 

 

Image Credit:

  • https://res.cloudinary.com/cermati/image/upload/q_70/v1432799309/xwjdtqntuzpwvdeop7bp.jpg
  • http://www.gayahidupku.com/wp-content/uploads/2015/06/asuransi-pendidikan-web.jpg
  • https://www.futuready.com/images/article/large/sudah-siapkah-rencana-pendidikan-anak-anda-cek-5-hal-ini.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com