Empat Ide Bisnis Sampingan Menghasilkan Lewat Gadget

by Fafa Khalifah 1.629 views0

ide bisnis sampingan

‘Kira-kira nih gadget milik gue bisa dipakai buat cari duit enggak ya?’ Bisa dong! Udah bukan hal yang baru lagi kalau orang manfaatkan gadget jadi ladang kreatif sebagai sumber income sampingan. Bahkan anak ingusan pun udah banyak yang praktikan.

Contohnya nih, jualan di sosial media. Pasti gampang nemuin orang buka lapak di sosmed. Entah itu Facebook, Instagram, sampai Twitter.

Biar dagangan bisa nampang di situ, gadget berupa ponsel atau tablet jadi senjatanya. Tinggal jepret-jepret pernak-pernik barang yang mau dijual, terus upload deh ke sosmed. Berikutnya tinggal tunggu respon penduduk jagad maya. Simpel kan?

Mau tahu ide-ide kreatif lainnya jadikan gadget kesayangan sebagai modal bisnis sampingan yang menghasilkan?

Jasa delivery order online

ide bisnis sampingan
Enak ya, gak usah capek, tinggal nunggu dianterin deh barang kita (Jasa Delivery / Blogspot)

Jasa delivery order online. Itu istilah kerennya. Jenis usaha ini berkaitan dengan jasa antaran apapun baik berupa makanan, dokumen, pembelian tiket kereta atau bioskop, barang, dan lain sebagainya. Ya mirip-mirip dengan Go-Jek atau GrabBike, tapi skalanya lebih kecil aja dan bukan untuk angkut penumpang.

Enggak usah berpikir bikin aplikasi macam ojek online itu. Cukup manfaatkan aja aplikasi sosial media macam Line, WhatsApp, atay BlackBerry Messenger. Aplikasi itu lebih efektif karena bisa berkomunikasi dua arah langsung.

Di beberapa daerah ada yang sudah mengaplikasikan bisnis ini. Sebut saja di Solo dengan nama Bang Jali. Pengelolanya menggandeng restoran maupun jasa pembelian tiket transportasi.

Jualan pulsa elektronik

Enaknya jualan pulsa pakai ponsel adalah enggak perlu tempat atau buka counter pulsa. Cuma yang perlu diketahui sejak awal, keuntungan tiap transaksi sangat tipis. Paling dapat seribu atau 500 perak tiap kali transaksi.

Hanya jangan anggap remeh. Meski marginnya tipis tapi kalau frekuensi transaksinya banyak tetap aja gede. Sudah begitu lakoninya gampang banget. Begitu ada yang minta pulsa, tinggal layani sambil pencet-pencet ponsel. Asyiknya lagi enggak perlu meluangkan waktu secara khusus.

ide bisnis sampingan
Gak perlu ribet cari toko, beli sama teman yang jual pulsa juga bisa loh! (Pulsa Elektronik / Bekas)

Bisnis beginian cocok ama yang kerja kantoran. Jadikan teman-teman di kantor sebagai pelanggan setia. Dapat 50 pelanggan aja udah lumayan hasilnya.

Jual produk ritel

Ini yang udah banyak yang lakoni. Ponsel jadi medium paling efektif buat yang berniat rintis jualan online. Gara-gara ponsel, udah enggak usah lagi jualan door to door kayak orang berdagang era sebelum tahun 2000-an.

Produk ritelnya macam-macam. Mulai  dari fashion, aksesori, mainan, makanan, sampai barang bekas pun tetap laku kok. Apalagi banyak platform yang siap nampung bagi yang berniat jualan online begini.

Misalnya saja platform e-commerce, sosmed, situs marketplace, dan lain-lain.

ide bisnis sampingan
Tinggal pilih yang disuka, pesan deh! (Fashion Online Shop / ikuzolady)

Promosi produk

Yang akrab sama dunia sosmed pasti kenal dengan istilah buzzer. Yup, ini adalah netizen yang punya jamaah di dunia maya. Mereka ini sering dimintai bantuan buat promosikan produk tertentu.

Asyiknya usaha beginian adalah enggak berasa lagi kerja. Bikin celotehan di sosmed biar viral bisa dilakukan kapan aja. Mau lagi di toilet, di pinggir jalan, di halte, atau malah di tengah kuburan.

Cuma jadi buzzer bukan perkara gampang. Rekrut jamaah yang jumlahnya ampe ratusan ribu bahkan jutaan butuh waktu dan menuntut kreativitas tinggi.

ide bisnis sampingan
Punya gadget gak cuma ngabisin pulsa dan quota tapi jadi duit loh! (Smartphone / Sidomi)

Minimal empat itu dulu deh buat bahan inspirasi ide usaha sampingan yang menghasilkan lewat gadget. Meski sebenarnya, yang namanya ide itu enggak terbatas. Kalau perlu contek aja ide orang lain yang dinilai masuk akal dijalani.

Misalnya mempublikasikan aktivitas menarik di sosial media. Contohnya ketika lagi traveling ke Singapura. Buru-buru jepret selfie ketika posisi lagi di lokasi belanja oleh-oleh.

Pasang status siap menawarkan diri belanja oleh-oleh ke teman-teman. Jangan lupa pasang harga yang udah di mark up dengan keuntungan. Siapa tahu ada yang tertarik.

Terbukti kan gadget bisa jadi aset ekonomi yang berguna buat mempertebal isi dompet. Rata-rata sudah banyak yang sadar sama hal ini.

Bukan itu saja. Gadget bisa mengubah persepsi orang yang ingin berbisnis sampingan terkait dengan modal. Modal enggak melulu berkaitan sama duit tapi apa pun yang ada di tangan saat ini pun bisa jadi ‘modal’. Dalam kasus ini, gadget.

 

 

Yang terkait artikel ini:

Buka Usaha Sampingan Enggak Melulu Berurusan sama Modal

Enggak Usah Kebelet Resign Kalau Usaha yang Dirintis Belum Siap

5 Jenis Usaha Sampingan Anak Muda yang Paling Populer

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com