Era Digital Bisa Bikin Boros Kalau Punya 5 Kebiasaan Ini

by Tifanny 643 views0

Era Digital Bisa Bikin Boros Kalau Punya 5 Kebiasaan Ini

Secara natural, manusia memang selalu berupaya menciptakan berbagai cara demi mempermudah aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah lewat teknologi.

Oleh karena itu, beruntung kita hidup di era digital seperti sekarang. Teknologi sudah berkembang sedemikian pesat sehingga mampu memberikan berbagai kemudahan di tiap lini kehidupan.

Sebut saja, mulai dari belanja, traveling, nabung, sampai investasi bisa dilakukan secara online. Gak buang tenaga, waktu, dan uang kan?

Tapi jangan salah, seluruh kemudahan dan keuntungan ini juga bisa jadi bumerang dan malah bikin boros kalau kita memelihara lima kebiasaan berikut:

1. Maniak games

Main game memang bisa jadi salah satu pilihan buat melepaskan diri dari rasa jenuh dan penat setelah beraktivitas rutin. Kalau sekadar hobi atau buat hiburan sejenak sih gak apa-apa, tapi kalau sudah kecanduan dan masuk kategori maniak? Siap-siap aja kantong terkuras.

bisa bikin boros
Zaman sekarang, main game juga butuh kuota internet. Kalau gak ada wifi, otomatis paket internetmu bisa terkuras (main game/Jalan Tikus)

Orang yang sudah kecanduan main game bakalan beli semua pelengkap dan aksesorinya tanpa pikir panjang. Begitu lihat, suka, langsung beli deh. Urusan nanti bakal digunakan atau ternyata gak sesuai sama apa yang diharapkan, jadi urusan belakangan.

Tahu sendiri kan kalau perlengkapan games kekinian itu gak murah? Apa gak sayang ngeluarin uang dalam nominal besar untuk hal-hal yang bukan kebutuhan pokok kayak gini?

Solusinya: wajib deh galak dan tegas sama diri sendiri buat gak beli-beli, gak impulsif, dan gak latah beli semuanya. Sesuaikan dengan kemampuan finansial. Kalau emang gak tahan pengin beli ya nabung dulu. Siapa tahu jadi berubah pikiran dan uang jadi aman deh!

2. Main Internet gak kenal waktu

Hari gini siapa sih yang gak suka main Internet? Dari anak kecil sampai lansia, semua gak mau ketinggalan. Apalagi sejak ada medsos dan membanjirnya aplikasi pertemanan.

Udah jadi pemandangan jamak kalau smartphone nempel terus di tangan kayak ada lemnya. Mungkin kalau ada pertanyaan mendingan ketinggalan dompet atau smartphone, jawabannya pasti dompet.

Kebiasaan internetan tanpa mengenal waktu kayak gini, tanpa disadari bisa menghabiskan uangmu lho. Iya dong, kan akses Internet pasti butuh kuota, dan kuota itu pasti dibeli pakai uang. Emang bisa nebeng WiFi gratis terus-terusan?

Solusinya: sebisa mungkin, akses Internet hanya di tempat yang menyediakan WiFi gratis. Hal lain yang bisa dilakukan ya pilih provider telepon selular yang tarifnya paling bersahabat sama isi kantong. Selain itu mulai deh kurangin kegiatan internetan yang gak penting.

3. Kecanduan beli gadget terbaru

Paling gatal dan lapar mata kalau lihat iklan gadget terkini atau ada teman yang beli gadget terbaru. Rasanya gak mau kalah pengin ikutan beli. Padahal tahu sendiri sekarang produsen gadget itu cepat banget ngeluarin produk terbaru.

bisa bikin boros
Mau sampai kapanpun, gadget pasti ada yang baru dan gak akan ada habisnya. Yang ada duitmu itulah yang habis (gadget/Jalan Tikus)

Apa iya mau terus diikutin? Bisa jebol tuh kantong. Padahal, gadget bisa lho digunakan hingga empat sampai lima tahun jika bisa merawatnya dengan baik dan hati-hati.

Solusinya: sadari dulu kebutuhan pribadi. Kalau gak butuh yang fiturnya terlalu canggih ya gak usah maksain beli gadget terkini dengan harga mahal. Cuma buat sms dan telpon aja sok beli yang punya fitur kamera canggih. Lebay!

4. Keranjingan belanja online

Zaman sekarang segalanya serba canggih dan mudah, termasuk untuk urusan belanja. Kalau gak ada waktu buat keluar rumah, tinggal belanja aja di toko online. Barang pun dikirim dalam waktu singkat. Kalau serba mudah dan cepat begini, siapa yang gak ketagihan ya?

Belanja lewat online shop memang mengasyikkan. Tapi kalau gak pintar menahan diri, bisa-bisa kemanan dompet pun jadi taruhan.

Makanya, yang kayak gini jangan dijadiin kebiasaan deh. Belanja kalau memang butuh aja, bukan kalau pengin.

Solusinya: kalau udah tahu kecanduan, jauh-jauh dari online shop deh. Sebisa mungkin kurangi buka-buka website toko online ini dan matikan notifikasi promo yang suka nongol tiba-tiba di layar gadget atau komputermu. Kunjungi online shop kalau ada yang dibutuhkan saja dan jangan klik iklan-iklan promo.

5. Malas beli makanan dan hobi delivery

Satu lagi kemudahan yang ditawarkan zaman sekarang adalah banyaknya jasa delivery makanan via Internet. Buat para pekerja yang sibuk dan jadwalnya padat, keberadaan jasa yang satu ini pasti sangat membantu. Tapi, kalau buat kita yang gak sibuk-sibuk amat, pikir-pikir lagi deh.

bisa bikin boros
Delivery makanan jelas harus bayar ongkos kirim. Tiap hari begini ya siap-siap saja bokek (pengantar makanan/Washington Post)

Boleh-boleh aja kok sesekali delivery makanan, apalagi kalau memang sedang gak sempat masak atau beli ke luar. Tapi kalau setiap hari, coba mulai kalkulasi aja deh, dijamin mata bakal melotot lihat nominal yang dihabiskan cuma buat ongkos antar.

Solusinya: coba mulai biasakan berbelanja bahan makanan dan masak sendiri. Pasti bakalan lebih hemat. Selain itu kita jadi tahu harga-harga makanan dan punya nilai lebih dalam hal memasak. Pilihan lain, jangan malas bergerak! Keluar rumah atau kantor lalu jalan kaki untuk beli makanan bisa bikin kamu lebih sehat lho.

Intinya, semua dikembalikan lagi ke pengguna teknologi itu sendiri. Jangan menyalahkan kecanggihan teknologinya ya! Justru jadikan era digital sekarang buat hal-hal yang lebih positif, bukan malah sebaliknya.

Ingat, kita yang menciptakan teknologi itu lho. Jadi idealnya kita juga bisa mengendalikannya, bukan malah dikendalikan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Isi Ulang Pulsa Bisa Bikin Bokek Lho, Atasi dengan Hal Ini]

[Baca: Mau Tahu 9 Game Online yang Bisa Ngehasilin Duit? Simak Di sini]

[Baca: Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Bisa Menggerogoti Keuanganmu dalam Jangka Panjang]

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com