Fresh Graduates, Ini Alasannya Kenapa Traveling Bisa Membantu Kamu Makin Sukses Berkarier

by Hardian 716 views0

makin sukses berkarier

Kata siapa traveling itu cuma ngabis-ngabisin duit? Tidak sedikit anak yang baru lulus kuliah memutuskan untuk traveling dulu sebelum terjun ke dunia kerja.

Kalau yang gak berpikiran terbuka, pasti mikir kegiatan ini cuma buang waktu dan uang. Belum kerja, malah jalan-jalan. Begitu kira-kira.

Jangan sinis gitu dong. Traveling itu banyak manfaatnya lho untuk mempersiapkanmu memasuki dunia kerja dan membantumu meraih sukses.

Soal modal, gak perlu alasan gak punya uang lantaran gak dikasih orangtua. Kalau emang niat traveling seusai lulus, nabung dong pas masih jadi mahasiswa.

Sisihin uang jajan, kerja sampingan, atau coba investasi. Banyak cara, kan? Kalau uangnya terkumpul dan rencana traveling-mu terwujud, percaya deh kalau usahamu itu bakal terbayar kelak.

Ini alasan kenapa traveling bisa membantumu makin sukses berkarier:

1. Makin mandiri

Jauh dari siapa-siapa bikin kita jadi harus berani dan bisa melakukan semua sendiri. Termasuk mengatur keuangan atau bujet traveling biar gak habis di tengah jalan.

makin sukses berkarier
Belajar jauh dari orang yang terdekat sekalipun di tempat yang gak pernah kamu singgahi. Itu bisa membuatmu mandiri guys (backpack travel/ traveland escape)

Di dunia kerja, bakal susah maju kalau sedikit-sedikit bergantung kepada orang lain. Pasti akan terpental dari persaingan kalau gak bisa mandiri, apalagi sebagai fresh graduate yang masih baru berkarier.

Misalnya dalam kerja tim, setiap orang punya tugas dan tanggung jawab sendiri-sendiri. Kemandirian dalam mengerjakan tugas itu diperlukan agar kerja tim secara keseluruhan gak terhambat.

2. Belajar beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang baru

Fresh graduates bakal mendapatkan pengalaman baru ketika masuk dunia kerja. Sama seperti ketika traveling ke destinasi wisata baru.

Tentunya diperlukan adaptasi agar bisa nyaman di tempat yang baru itu. Contohnya dengan mengajak berbincang orang yang baru dikenal di lokasi wisata.

Sikap supel seperti ini dibutuhkan agar adaptasi berjalan lancar. Namun bukan berarti sok kenal sok dekat, ya. Yang wajar saja ketika membuka pembicaraan.

3. Menambah wawasan  

Ketika sudah bekerja, akan ada banyak hal baru untuk dipelajari. Begitu juga ketika traveling.

Hobi traveling bakal memperkaya dan membuka cakrawala kita. Wawasan itu bakal berguna untuk kelancaran karier ketika kita sudah masuk dunia kerja.

makin sukses berkarier
Wawasan luas, tentu memperlancar kariermu. Gak ada lagi deh bingung-bingung karena gak paham apa yang mesti dilakukan (minta tolong/times high education)

Paling tidak kita bisa menggunakannya sebagai topik pembicaraan dengan rekan kerja. Relasi dengan kolega wajib dijalin agar karier lebih lancar.

4. Mendewasakan diri

Pengalaman traveling juga bisa mendewasakan diri kita, sehingga bisa lebih bijak ketika sudah bekerja. Setiap tempat yang dikunjungi pastinya punya kekhasan dan karakter tersendiri.

Keberagaman ini bisa membuat kita berpikir lebih terbuka dan toleran terhadap perbedaan. Di dunia kerja pun pasti banyak perbedaan antara yang satu dan lainnya.

Kedewasaan juga diperlukan ketika menghadapi masalah saat bekerja. Sikap bijak ini mutlak diperlukan seorang pemimpin.

5. Membangun karakter

Hobi traveling bisa bikin mental terasah. Misalnya gak takut tantangan, gak takut salah (jadi traveler mana bisa kalo takut tersesat), berani keluar dari zona nyaman (menjelajah tempat baru dan ketemu banyak orang asing).

Jadi, karakter kita bisa lebih kuat dan pantang menyerah. Karakter seperti ini juga dibutuhkan seorang fresh graduates yang baru diterima kerja.

makin sukses berkarier
Gak takut kesasar sama saja dengan keluar dari zona nyaman. Makanya, traveling juga berguna buat ngelatih mental kita (bagasi pesawat/Sotrudniki_

Pasti banyak tantangan saat baru bekerja. Bila gampang letoy, jangan harap kerjaan tuntas dan karier cemerlang.

Traveling sangat bermanfaat buat siapa pun, termasuk para fresh graduates. Tapi itu kalau benar-benar menghayati makna traveling. Bukan hanya berfokus pada senang-senang.

Soal biaya, banyak caranya agar traveling bisa dilakukan bahkan ketika belum punya gaji bulanan. Menabung tentu cara tergampang. Toh, traveling gak harus ke tempat-tempat yang mahal.

Tak apa menahan nafsu beli ini-itu demi bisa bepergian ke sana-kemari. Manfaatnya pasti akan terasa ketika sudah masuk dunia kerja.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Bujet Pas-Pasan Bukan Berarti Gak Bisa Liburan. Coba 4 Destinasi Ini]

[Baca: Pilih 1 Minggu Travel Mewah atau 1 Bulan Travel Merakyat?]

[Baca: Buat yang Doyan Traveling, Pilih Kartu Kredit yang Kayak Gini]

[Baca: 7 Cara Mengatur Keuangan Buat Para First Jobber yang Gak Pernah Kamu Tahu]

 

Tags: ,

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com