Gak Perlu Bayar Mahal, Ini 5 Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan di Kantor

by akbar 275 views0

olahraga seru

Badan makin gemuk karena sibuk kerja dan gak sempat olahraga? Berhentilah berbohong sama diri sendiri dengan mengatakan “gak ada waktu berolahraga”. Percaya deh, di mana pun kamu berada, kamu tetap bisa berolahraga.

Termasuk ketika kamu sedang berada di kantor. Gak ada alasan bagimu untuk gak berolahraga lantaran sibuk. Lagipula, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kita.

Kamu masih bisa kok menyulap kantor jadi sarana olahraga. Asalkan kamu tahu tempat dan waktu yang tepat.

Gak mungkin dong kamu berolahraga di ruangan saat karyawan sedang serius kerja. Yang ada malah mengganggu konsentrasi yang lain.

Di bawah ini adalah jenis-jenis olahraga seru sekaligus cara melakukannya apabila kamu berada di kantor. Pastinya badan gak makin melar, kerjaan pun lancar. Yuk kita simak.

1. Lari

olahraga seru
Ayo lari biar cepat kurus, asal jangan lari dari kenyataan ya (run girl! / ericademane)

Punya kantor dengan parkiran mobil atau halaman yang luas? Kenapa kamu gak manfaatkan aja buat lari setelah jam pulang kantor.

Sediakan baju ganti dan sepatu lari di laci kerjamu. Kalau memang bisa mandi di kantor, siapkan juga peralatan mandi.

Lari terbukti efektif buat bakar kalori dan lemak. Ajak saja teman-temanmu biar makin semangat olahraganya.

2. Freeletics

Hampir semua orang dari usia berapapun bisa melakukan freeletics sesuai dengan porsinya. Gak ada alat bantu yang harus digunakan dalam freeletics karena olahraga ini mengandalkan berat badan.

Gerakannya sih terlihat mudah seperti jumping jack, mountain climb, squat, sit-up, dan lainnya. Tapi kalau dipraktikkan, belum tentu kamu kuat lho. Kalau rutin, berat badanmu bisa turun sampai 10 kg lebih.

Untuk melakukan freeletics, kamu perlu satu ruangan pastinya. Mau di halaman kantor juga bisa, asal kamu gak malu saja kalau dilihat orang.

Lakukan freeletics bersama rekan kerjamu, semakin ramai semakin seru. Untuk panduan gerakannya, kamu bisa cek di situs Youtube dengan menulis kata kunci “freeletics”.

3. Aerobik

Aerobik juga efektif untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, ada baiknya kamu menyewa instruktur berpengalaman agar lebih maksimal. 

olahraga seru
Senam bagus buat siapapun, tapi khusus yang punya riwayat cedera berat harus hati-hati ya (aerobik / kodim0304agam)

Sudah pasti butuh satu ruangan yang cukup menampung banyak orang untuk melakukan olahraga ini. Selain itu, butuh sound system juga pastinya untuk pasang musik.

Ada baiknya untuk minta bantuan divisi HRD kantormu dalam menyelenggarakan kelas aerobik untuk karyawan setelah jam kerja. Jadi mereka bisa alokasikan bujet untuk program ini.

4. Angkat beban

Tujuan dari angkat beban sebenarnya bukan untuk menurunkan berat badan, melainkan untuk meningkatkan kekuatan otot. Angkat beban dan olahraga cardio seperti halnya lari, harus dilakukan secara berimbang.

Jelas sekali, kamu harus membeli sepasang dumbbell dan menaruhnya di bawah mejamu. Luangkan waktu pagi hari sebelum masuk kantor untuk melatih ototmu.

Lakukan secara rutin, 3 set dengan 12 repetisi untuk otot bahu, bicep dan tricep sebelum jam masuk kantor atau di jam istirahat. Dumbbell juga bisa digunakan untuk melatih otot paha, tapi kamu harus bawa celana pendek jika mau latihan.

5. Muay Thai

Bela diri asal Thailand sedang populer belakangan ini karena siaran One Fighting Championship dan juga karena khasiatnya dalam menurunkan berat badan. Tapi gak mungkin kan latian gebuk-gebukan pas ngantor.

Cara ber-Muay Thai ria di kantor tentu ada aturannya. Setidaknya gak jauh beda dengan mengadakan kelas aerobik untuk karyawan.

olahraga seru
Awas kena tendang mas (muay thai / muaythaicampsthailand)

Butuh instruktur berpengalaman dan ruangan yang mumpuni. Lagi-lagi, lobi saja HRD kantormu.

Selain efektif untuk menurunkan berat badan, Muay Thai juga sangat fun. Dijamin deh pada ketagihan latihan olah raga ini.

Pada intinya, kapan pun, di mana pun, dan sesibuk apa pun kamu, gak ada alasan untuk gak berolahraga. Selama ada kemauan, apa pun bisa kamu lakukan termasuk berolahraga di kantor.

Semoga resolusi sehat kamu terwujud ya di tahun ini. Dan jangan stop berolahraga!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kamu Harus Tahu 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan]

[Baca:Gak Pernah Olahraga, Jangan Harap Keuangan Terjaga]

[Baca: 5 Resolusi Sehat Tahun Baru yang Nggak Nguras Duit]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com