Gak Perlu Mahal-Mahal, Yuk Ajak Anak ke 10 Tempat Rekreasi di Jakarta dengan Bujet Rp 50 Ribu Ini!

by Tifanny 870 views0

tempat rekreasi di jakarta

Saat weekend waktunya quality time sama keluarga dong! Jangan ke mall terus. Bosan dan bisa nguras isi dompet, kan.

Gak ada salahnya sesekali ngajak anak-anak ke tempat rekreasi selain mall. Tapi pastinya tetap cari yang ramah di kantong ya.

Gak usah jauh-jauh, di sekitaran Jakarta juga banyak kok. Ini beberapa alternatif tempat rekreasi dengan bujet Rp 50 ribu yang bisa dipilih:

1. Kebun Binatang Ragunan

Taman margasatwa yang satu ini sudah pasti bisa jadi pilihan kegiatan seru plus hemat sekeluarga. Anak-anak bisa belajar mengenal beragam satwa dengan tingkah lakunya yang berbeda dengan cara yang menyenangkan.

tempat rekreasi di jakarta
Bisa lihat hewan-hewan langka pasti seru dong buat liburan si kecil (rusa bawean/Tour Dunia)

Selain melihat beragam satwa, anak-anak juga bisa menikmati permainan anak, naik unta, dan berkuda. Tentu saja ada tarif tambahan ya. Siapkan saja bujet mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 15 ribu jika anak ingin menikmati permainan dan kegiatan yang ada.

Kebun Binatang Ragunan

Alamat: Jl. Harsono No.1, Pasar Minggu, Jakarta

Jam buka: Selasa-Minggu, pukul 06.00-16.00

Tiket masuk: dewasa Rp 4 ribu, anak-anak Rp 3 ribu

2. Taman Mini Indonesia Indah

Mau lebih mengenal budaya Indonesia di satu tempat dalam waktu singkat dan hemat? Ya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) aja. Anak-anak bisa belajar tentang budaya dan tradisi dari daerah lain lewat anjungan-anjungan daerah yang tersedia di sini.

Gak hanya itu, aneka permainan seperti kereta gantung, kereta wisata, hingga teater IMAX Keong Mas bisa jadi pengalaman asyik tersendiri. Berbagai museum juga ada lho seperti museum tranportasi, prangko, dan lainnya. Tarif masuk setiap museum berbeda ya, mulai dari gratis hingga kisaran Rp 15 ribu.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Alamat: Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur

Buka: Senin-Minggu, pukul 07.00-22.00

Tiket masuk: Rp 10 ribu per orang

3. Kota Tua Jakarta

Bosan ke mall? Coba sesekali ajak anak pelesiran ke Kota Tua Jakarta. Anak-anak bisa diperkenalkan dengan bangunan-bangunan peninggalan Belanda kuno yang punya nilai sejarah. Di sini ada pertunjukan musik, atraksi seni tradisional, dan lainnya.

Kita sekeluarga bisa bersantai di area Taman Fatahillah yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua, di antaranya Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Kantor Pos Indonesia. Mau naik sepeda ontel? Cukup dengan Rp 10-Rp15 ribu, kita bisa berkeliling area Kota Tua selama 30 menit. Oh iya, untuk tarif masuk museum hanya Rp 2 ribu untuk anak-anak dan Rp 6 ribu untuk dewasa.

Kota Tua Jakarta

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Kota, Jakarta Barat

Buka: Senin-Minggu, 24 jam kecuali untuk museum

4. Museum Layang-Layang

Ajak si buah hati belajar tentang permainan yang satu ini, dan orangtua pun bisa bernostalgia kan? Di tempat ini kita akan dibuat berdecak kagum menikmati 500 koleksi layang-layang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri.

tempat rekreasi di jakarta
Suka main layang-layang? Ajak aja ke museumnya (museum layang-layang/jadi berita)

Anak-anak juga bisa membuat layang-layang kreasi sendiri. Gak hanya itu, ada juga kegiatan tambahan melukis keramik, kaos, dan payung. Untuk kegiatan tambahan, siapkan bujet mulai dari Rp 35 ribu-Rp 50 ribu.

Museum Layang-Layang

Alamat: Jl. H. Kamang No.38 Pondok Labu, Jakarta Selatan

Buka: Senin-Minggu pukul 09.00-16.00

Tiket masuk: Rp 10 ribu (gratis untuk anak-anak di bawah usia tiga tahun)  

5. Planetarium dan Observatorium Jakarta

Ini adalah wisata pendidikan yang gak hanya sekadar mendidik dan mencerdaskan, namun sekaligus menarik. Anak-anak bisa belajar lebih banyak tentang astronomi, melihat teater bintang, hingga meneropong matahari.

Planetarium dan Observatorium Jakarta

Alamat: Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No.73, Jakarta Pusat

Buka: Selasa-Jumat pukul 09.30-16.30, Sabtu dan Minggu pukul 09.00-13.00

Tiket: Rp 12 ribu (SMP-dewasa), Rp 7 ribu (dua tahun-SD)

6. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Di sini anak-anak bisa belajar sambil bermain tentang kedisiplinan lalu lintas di jalan raya. Arena ini dikelola oleh Polda Metro Jaya yang terletak di dalam area Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur.

Anak-anak bisa melakukan kegiatan dengan mengendarai Fun Car, keliling bersepeda, naik kereta api mini, atau istana balon. Kita juga bisa ajak anak bermain bulu tangkis di sudut-sudut taman yang dinaungi pepohonan yang rimbun lho! Untuk harga sewa fun car adalah Rp 5 ribu per 10 menit.

Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Alamat: Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur

Buka: Senin-Jumat (rombongan), Sabtu-Minggu (umum)

Tiket : Rp 6 ribu (Buperta)

7. Monumen Nasional

Siapa yang gak kenal Monas alias Monumen Nasional? Gak ada salahnya sesekali ajak anak-anak rekreasi ke sini. Monas merupakan salah satu ikon Kota Jakarta lho. Tugu yang tingginya 132 meter ini sengaja dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia pada zaman penjajahan Belanda.

Daya tariknya tentu saja mahkota lidah api berwarna kuning di puncaknya yang dilapisi oleh emas sebagai lambang semangat perjuangan yang berkobar-kobar. Selain Tugu Monas, anak-anak bisa menikmati kereta wisata dan wahana permainan lain yang ada di kawasan tersebut.

Monumen Nasional (Monas)

Alamat: Jl. Pelataran Merdeka, Jakarta Pusat

Buka: Selasa-Jumat pukul 08.00-16.00, Sabtu-Minggu pukul 08.00-17.00

Tiket: Rp 20 ribu (dewasa) dan Rp 10 ribu (anak-anak)  

8. Galeri Indonesia Kaya

Di Grand Indonesia Mall ternyata ada ruang edutainment tentang budaya Indonesia dengan basis teknologi, namanya Galeri Indonesia Kaya. Informasi kekayaan budaya nusantara mulai dari alat musik tradisional, mainan tradisional, baju adat, sampai kuliner, dikemas secara digital dan interaktif di tempat ini.

tempat rekreasi di jakarta
Kalau ke GI jangan belanja mulu, ke sini dong (Galeri Indonesia Kaya/Adlienerz)

Ada juga auditorium berkapasitas 150 orang yang menyuguhkan acara musik, film, budaya, dan workshop secara gratis tiap weekend. Kalau ingin menikmati pertunjukan ini, lihat jadwalnya ya. Semua ini bisa kita nikmati secara gratis.

Galeri Indonesia Kaya (Grand Indonesia)

Alamat: Jl. MH.Thamrin No.1, Jakarta Pusat

Buka: Senin-Minggu, pukul 10.00-22.00

Tiket: gratis

9. Taman Kota

Kini Taman kota sudah tertata apik dan bisa jadi tempat rekreasi yang menyenangkan lho, Contohnya, Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, dan lainnya. Gak usah khawatir laper karena di taman-taman ini banyak penjaja makanan dan minuman. Namun kalau bisa membawa bekal sendiri lebih bagus.

Bisa adain piknik deh sama keluarga dan menikmati sejuknya suasana taman kota yang ditumbuhi banyak pepohonan. Anak-anak juga bisa berlarian dan bermain menikmati fasilitas permainan yang ada.

10. Danau Setu Babakan Jakarta

Di tempat ini kita bisa menikmati berbagai bangunan dan peninggalan khas budaya Betawi. Ada danau besar juga di mana kita bisa naik bebek air sambil menikmati pemandangan sekitar danau. Selain itu ada juga kuliner, kerajinan tangan hingga pertunjukan seni khas Betawi.

Danau Setu Babakan

Alamat: Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan

Buka: Senin-Minggu, pukul 06.00-18.00

Tiket: hanya dikenakan biaya parkir Rp 2 ribu-Rp 5 ribu

Nah, itu tadi 10 tempat rekreasi sekitar Jakarta yang bisa jadi alternatif saat ingin menghabiskan quality time bareng keluarga. Selain memberi manfaat bagi anak-anak, gak berbahaya buat isi dompet kita. Masih banyak destinasi seru dan menarik lainnya dengan bujet murah kok selama mau rajin cari info. Happy weekend!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Mau Menikmati Weekend yang Sehat dan Hemat? Ke Kalijodo Aja!]

[Baca: 10 Kegiatan Produktif Saat Weekend Tanpa Bikin Jakarta Macet Lagi]

[Baca: 7 Aktivitas Saat Weekend yang Bisa Bikin Kita Maksimalin Keuangan]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com