Gak Usah Bingung Milih Kartu Kredit Cicilan 0 Persen, Gini Caranya

by Hardian 4.097 views0

Gak Usah Bingung Milih Kartu Kredit Cicilan 0 Persen, Gini Caranya header

“Bisa pakai kartu kredit cicilan 0 persen?”

Pertanyaan ini gak jarang terdengar di mal atau supermarket terpadu.

Apa lagi tujuannya bila bukan mengharapkan kemudahan dan keringanan dalam belanja. Salah satu manfaat kartu kredit memang bisa dipakai buat belanja dengan cicilan 0 persen.

Tapi gak semua kartu kredit senantiasa menawarkan program yang bikin ngiler ini. Meski begitu, program cicilan sering ada dengan bunga yang ringan.

Bila hendak berburu kartu kredit dengan cicilan 0 persen, kita harus menjadi konsumen yang cerdas. Tiap kartu kredit yang diincar mesti dikuliti agar diketahui seperti apa dalemannya.

Sebab, manfaat kartu kredit gak hanya cicilan 0 persen. Ada banyak manfaat lainnya. Kalau bisa memilih kartu kredit cicilan 0 persen sekaligus manfaat lain, kenapa gak? Berikut ini tipsnya:

1. Lihat periode cicilan

Cicilan 0 persen kartu kredit bukan tanpa batasan. Ada periode yang ditetapkan untuk cicilan itu, dari 3 hingga 12 bulan.

kartu kredit cicilan 0 persen
Beli barang Rp 12 juta, dan pakai fitur cicilan 0 persen ya untung dong. Sebulan cuma keluar Rp 1 juta (Cicilan 0 persen/Lazada)

Makin lama periode, jelas makin untung. Misalnya beli kulkas Rp 12 juta. Dengan periode cicilan 12 bulan, kita cukup keluar duit Rp 1 juta per bulan selama 12 kali.

Pengeluaran bulanan jadi enteng, kan? Jadi, cari deh kartu kredit yang sering-sering bikin periode panjang untuk program cicilan 0 persennya.

2. Berapa banyak merchant yang bekerja sama?

Merchant atau pihak yang bekerja sama dengan kartu kredit juga mesti dilihat seberapa banyak. Ada kartu kredit yang lebih sering bikin promo cicilan 0 persen dengan merchant yang masih satu induk perusahaan.

Ada juga yang sayapnya lebih luas menjangkau banyak merchant. Selain secara offline, kita bisa memanfaatkan cicilan 0 persen secara online.

kartu kredit cicilan 0 persen
Cari tahu juga seberapa banyak merchantnya. Semakin banyak semakin bagus (diskon/Tribun)

Banyak toko online atau marketplace yang juga jadi merchant cicilan 0 persen. Sudah gampang belanjanya, bisa nyicil tanpa bunga lagi. Enak, kan?

3. Fitur lainnya?

Jangan sampai hanya berfokus pada fitur cicilan 0 persen. Banyak manfaat lainnya yang bisa kita rengkuh dari kartu kredit yang sama, misalnya cashback atau reward.

Cashback adalah dana dari total belanjaan yang dikembalikan ke saldo kartu kredit. Misalnya belanja Rp 5 juta dengan cashback Rp 100 ribu. Memang kita bayarnya Rp 5 juta, tapi Rp 100 ribu dikembalikan sebagai bentuk cashback di bulan selanjutnya.

Adapun reward adalah fitur hadiah berupa poin atau mileage yang diberikan atas transaksi dengan kartu kredit. Misalnya, dari tiap pembelanjaan Rp 10.000 dapat satu poin. Setelah terkumpul dalam jumlah tertentu, bisa ditukar dengan hadiah berupa barang, bebas iuran tahunan, atau tiket pesawat jika berbentuk mileage.

4. Bikinnya ribet gak?

Di zaman sekarang, hal-hal yang ribet bakal ditinggalkan. Termasuk dalam hal pengajuan aplikasi kartu kredit.

Untungnya kini sudah banyak kartu kredit yang bisa diakses secara online. Gak perlu capek-capek menembus kemacetan, tinggal stand by di depan hape atau laptop, urusan apply kartu kredit pun kelar.

Kartu Kredit Cicilan Nol persen
Belanja boleh tapi jangan kalap ya mentang-mentang ada promo cicilan 0%(belanja/SPBDNevnik)

Tapi itu saja gak cukup. Cari proses aplikasi kartu kredit secara online yang cepat. Paling gak satu minggu sudah ada tindak lanjutlah, gak makan waktu berbulan-bulan.

Gimana, sudah ada daftar untuk kartu kredit yang dimaksud? Banyak tentunya, ya? Tapi mungkin kamu bisa pertimbangkan kartu kredit HSBC Platinum Cashback Card.

Kartu kredit ini bisa di-apply secara online. Keunggulan utamanya memang terletak di cashback, yaitu sampai 25 persen dari total belanja.

Tapi cicilan 0 persen pun ada. Bahkan kita bisa mengubah pembayaran belanja jadi cicilan Rp 50 ribu per bulan! Rugi kalau dilewatkan.

Meski banyak manfaat kartu kredit, jangan lupa bahwa kita punya kewajiban untuk melunasi tagihan. Cicilan 0 persen bakal lebih berguna kalau kita gak telat bayar tiap bulan, kecuali siap bayar bunga atas keterlambatan bayar tagihan.

CTA HSBC

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ajukan Kartu Kredit Sekarang, Mumpung Momennya Tepat]

[Baca: Pengajuan Kartu Kredit Online Itu Aman Gak Sih? Giman Ngeceknya?]

[Baca: Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan Selamanya, Memangnya Ada?]

 

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com