Gak Usah Gengsi Lakukan 7 Hal Ini Kalau Gak Mau Keuangan “Sekarat” di Akhir Bulan

by Tifanny 696 views0

Gak Usah Gengsi

“Wah asyik nih banyak makanan. Dalam rangka apa Din?” tanya Lisa saat memasuki ruangan divisinya yang sudah penuh dengan kotak pizza dan berbagai camilan.

“Iya, traktiran gaji pertamaku Lis. Tenang aja nanti kalau kurang kita pesan lagi!” jelas Dina sambil senyum sumringah.

Hayooo siapa yang sering ngelakuin hal kayak Dina nih? Traktir teman-teman sekantor saat terima gaji pertama boleh-boleh aja sih, tapi ingat ya, jangan jadi sesuatu yang dibiasakan.

Jangan remehkan kebiasaan-kebiasaan kecil kayak gini. Bukan gak mungkin kalau sering-sering, isi rekeningmu bisa zonk terus.

Buat yang udah kerja, jangan sampai lupa diri. Simak dan terapkan deh tujuh hal ini supaya tetap punya tabungan:

1. Gak gampang traktir teman

Traktir teman-teman makan di restoran atau cafe kekinian emang seru dan bikin suasana ngumpul jadi menyenangkan. Budaya traktir-mentraktir biasanya dilakukan sama mereka yang baru aja terima gaji pertama, naik gaji, dapat promosi jabatan, atau lagi ulang tahun.

gak usah gengsi
Ngumul kalau hobinya sok traktir bisa amsyong dong tuh rekening! (Makan Bareng / wawker)

Boleh aja sih kalau mau “syukuran” saat lagi bahagia dan ingin berbagi sama orang-orang terdekat. Tapi ingat, ini bukan kewajiban lho, melainkan tradisi yang gak jarang dipaksakan.

Punya prinsip untuk gak gampang traktir teman-teman saat dapet rezeki lebih itu bukan sebuah kesalahan atau aib. Apalagi kalau ternyata baru mulai kerja. Gaji pertama bisa lebih dioptimalkan buat mulai merencanakan tujuan keuangan masa depan dong.

Jangan takut dinilai pelit atau gak mau berbagi. Sesekali boleh deh traktir-traktir, tapi pilah waktu yang pas dan cek juga kondisi keuangan. Kalau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih pas-pasan, ya gak usah.

2. Gak gampang minjemin uang

Di dunia pertemanan yang namanya pinjam-meminjam uang emang sering gak terelakkan. Tapi, bukan berarti ini sesuatu yang wajar dan boleh jadi kebiasaan.

Saat ada teman yang pasang tampang memelas dan melontarkan seribu satu macam alasan buat pinjam uang ke kamu, jangan mudah terjebak.

Cek dulu deh profil calon peminjam, apa benar-benar buat keperluan yang mendesak atau hanya karena mereka konsumtif?

gak usah gengsi
Apa? Mau pinjem uang lagi? Pinjemin gak yaaaaaaa? (Mr Bean / rednews.)

Gak gampang meminjamkan uang bisa jadi salah satu cara kamu menjaga dan mengelola keuangan pribadi. Kalau kamu saja masih punya kewajiban tagihan kartu kredit misalnya, gak usah deh sok royal pinjemin sana-sini demi dinilai baik.

3. Rajin bawa bekal

Siapa bilang bawa bekal makan itu cuma buat anak TK atau SD? Walau sudah bekerja, rajin bawa bekal bukan hal terlarang kok! Selain lebih menghemat pengeluaran, bawa makanan dari rumah juga jauh lebih higienis.

Coba saja deh hitung berapa pengeluaran para pekerja kalau sudah menyangkut soal makanan. Mulai dari beli sarapan, makan siang, hingga camilan sore. Itu belum ditambah kalau ada acara nongkrong sepulang kerja.

Kapan bisa nabung kalau kayak gitu setiap hari? Sesekali bolehlah jajan kalau emang bosen dengan masakan rumah. Tapi kalau bisa bawa bekal, kenapa harus keluar duit lebih buat makan?

Gak perlu malu dan gengsi. Nanti kalau sedang butuh dana dan gak punya tabungan, apakah rasa malu dan gengsi itu bisa menyelamatkan kamu?

4. Gak latah beli gadget

Zaman serba gadget kayak gini emang sering bikin kita terpicu buat menganut gaya hidup konsumtif. Tahu sendiri kan kalau hampir setiap bulan beragam jenis gadget baru muncul di pasaran dan bikin banyak orang “gatel” pengin beli? Kalau gatel digaruk aja, jangan beli gadget dong. (Lah?)

gak usah gengsi
Iya sih mbaknya cantik, tapi ya gak harus beli sih setiap ditawarin! (SPG Gadget / solopos)

Kalau memang gadget lama masih berfungsi dengan baik, ya gak perlu diganti setiap ada model terbaru kan? Punya prinsip gak latah beli gadget gak akan bikin kita tersingkir dari pergaulan kok.

5. Gak terbuai ajakan nongkrong setiap hari

Namanya juga jiwa muda. Walau lelah seharian beraktivitas di kantor, bakal kuat-kuat aja nongkrong sampai pagi kalau diajak teman-teman.

Iya sih, melepas kepenatan bekerja dengan nongkrong, ngobrol, dan makan bareng teman-teman emang paling asyik. Tapi inget, ini ada konsekuensinya lho, terutama buat kesehatan dompet.

Nongkrong sekali-kali sih boleh banget buat refreshing. Tapi jangan tiap hari juga. Buat apa dari luar kelihatan gaul kalau kenyataannya harus utang sana-sini?

6. Gak apply kartu kredit kalau belum butuh

Punya kartu kredit saat sudah mulai bekerja dan punya penghasilan sendiri sah-sah saja. Selama kita sudah paham benar tanggung jawab yang ada di balik penggunaan si kartu sakti ini.

Tapi kalau belum paham dan merasa belum sanggup mengatur mengatur penggunaannya, jangan nekat atau coba-coba. Bisa-bisa lebih besar pasak daripada tiang lho!

Dan ingat juga, buat yang sudah punya kartu kredit, terapkan sikap gak apply kartu kredit tambahan kalau gak butuh. Jangan malah koleksi kartu kredit dari semua bank padahal gaji cuma cukup buat satu kartu doang. Itu namanya harakiri.

gak usah gengsi
Lebih baik nonton film Harakiri dong daripada harakiri beneran hiiiy amit-amit deh! (Harakiri Movie / rogerebert)

Buat yang sedang berpikir untuk punya kartu kredit pertama, selektif juga ya sama kartu kredit yang akan dipilih. Pastikan kamu sudah mempelajari dan membandingkan semua produk yang ada supaya dapat manfaat optimal.

7. Kalau habis liburan gak usah lebay beli oleh-oleh

Sudah jadi tradisi orang Indonesia kalau ada teman atau kerabat yang mau pergi berlibur pasti langsung diserbu sama pesan, “Jangan lupa oleh-oleh ya!” Ini nih yang suka bikin kita jadi sembunyi-sembunyi kalau mau liburan.

Gak usah merasa gak enak soal membeli oleh-oleh. Kalau emang ada bujet lebih, ya beli saja sewajarnya dan itu pun prioritaskan buat mereka yang benar-benar dekat dengan kita.

Jangan sampai kita malah lebay beli ini-itu ya. Pas pulang nanti baru sadar kalau bujet beli oleh-oleh lebih besar dari bujet liburannya. Nah lho?

Melakukan hal-hal yang berkaitan sama penghematan bukan sesuatu yang memalukan. Selama kita gak berlebihan dan jadi pelit sih gak apa-apa kok. Tujuan kita bekerja dan memiliki penghasilan tentu mau mewujudkan kehidupan masa depan yang lebih baik kan?

Nah, kalau mau mimpi itu terwujud, gak usah gengsi bilang “Tidak” untuk pengeluaran yang gak penting. Jangan cuma karena gengsi atau mau kelihatan keren, masa depanmu pun jadi taruhannya.

CTA Mega Kartu Kredit Pertama

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Jauhi 9 Pengeluaran Ini Kalau Gak Mau Dibilang Makan Tuh Gengsi]

[Baca: Ini Cara Mengakali Pengeluaran Saat Ada Kerabat Numpang Hidup di Rumah]

[Baca: Hati-Hati Saat Beli 8 Barang Ini Emang Karena Butuh atau Cuma Pengin]

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com