Hai Para Karyawan, Simak Nih 9 Jurus Ampuh Menabung untuk Membeli Rumah Idaman

by akbar 1.420 views0

membeli rumah idaman

membeli rumah idaman

Salah satu kebiasaan buruk yang sering menjadi penghambat kesuksesan adalah sifat malas dan sering menunda pekerjaan. Tak terkecuali untuk urusan investasi. Ditambah dengan pola hidup yang konsumtif dan tidak memiliki prioritas finansial, sudah pasti sulit untuk mencapai financial freedom di masa depan.

Contoh paling gampang adalah menunda untuk memiliki rumah. Padahal, ini merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat menguntungkan. Jelas, sebab harga rumah cenderung naik setiap tahunnya. Jadi gak mungkin rugi, kan?

Jadi apa yang membuat investasi rumah sering tertunda? Kerap kali, dana yang belum cukup menjadi alasan yang paling jamak diungkapkan.

Tapi coba deh dipikir-pikir lagi. Sekarang pembelian rumah sudah jauh lebih mudah dengan adanya Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Belum lagi, pemerintah juga sudah menurunkan yang namanya uang muka (DP) minimum untuk beli properti yang satu ini. PR kamu tinggal ngumpulin uang DP yang dibutuhkan.

 (kumpilin uang sebanyak-banyknya)
Ayooo kumpulin uang yang banyak buat DP rumah! (kumpulin uang banyak / brilio)

Seperti kata pepatah, “Di mana ada niat, di situ pasti ada jalan”. Kalau emang niat beli rumah, ya nabung dong! Gak perlu ditunda. Lakukan sekarang juga. Karena harga rumah pasti bakal tambah mahal ke depannya. Jadi kalau gak sekarang, kapan lagi?

Nah, biar usaha menabungmu lancar, simak nih 9 jurus menabung yang jitu untuk bekal beli rumah impian.

1. Buatlah tujuan yang jelas dan terarah

Dengan adanya tujuan yang jelas, kamu akan semakin terarah, bersungguh-sungguh, dan tetap fokus mengejar impian. Oleh sebab itu, kalau niatnya menabung buat beli rumah, sejak awal sudah tetapkan niatmu dan fokus untuk tujuan tersebut.

Tujuan yang ditetapkan juga harus dapat diukur pencapaiannya. Kamu bisa menuliskan tujuan yang terukur itu dan menempelkannya pada tempat yang mudah terlihat, misalnya di dinding kamar tidur. Dengan begitu, tiap mau tidur dan bangun tidur, kamu selalu termotivasi untuk menabung.  

2. Tentukan nominal

Penentuan jumlah nominal yang mau kamu tabung untuk membeli rumah haruslah jelas sejak awal. Perhitungkan angka nominal yang proporsional agar tidak mengganggu berbagai pos lainnya dalam keuangan bulananmu.

3. Target tabungan yang tepat

Buatlah sistem pengelolaan keuangan dengan menerapkan target berkala, seperti target mingguan, harian, dan seterusnya. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mengontrol keuanganmu dengan lebih mudah dan terencana.

Target yang ditetapkan juga jangan yang terlalu besar, supaya kamu tidak menjadi malas untuk menjalankannya di kemudian hari.

4. Lunasi semua utang

membeli rumah idaman
Kalau semua utang sudah lunas, lega banget deh rasanya! (Lunas / psholic)

Lunasi utangmu segera, baik itu utang kartu kredit, KTA, atau utang ke teman da keluarga. Kalau gak ada utang, hidup pastinya lebih tenang dan tenteram. Dengan begitu, kamu pun bisa menabung dengan lebih nyaman dan realistis.

5. Tabungan dalam bentuk emas

Harga emas cenderung stabil nilainya, mengingat investasi dalam bentuk ini tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menabung dalam bentuk emas jika perkiraan waktu investasinya sejalan dengan rencanamu membeli hunian.

Tapi jika berminat, kamu perlu mempelajari dan mengetahui dengan jelas segala mekanisme dan prosedurnya secara detail dan menyeluruh. Ini penting, agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

6. Pantau setiap pengeluaran dengan cermat

Dalam hal pengeluaran, kita perlu lebih cermat dan perhitungan, namun bukan berarti pelit. Dengan perhitungan yang cermat dan teliti, kita terhindar dari kebiasaan yang buruk untuk mengeluarkan sejumlah uang tanpa perhitungan yang jelas.

Ingat, bahkan satu sen pun adalah uang yang berharga, dan apabila dikumpulkan dalam waktu yang cukup lama dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

7. Miliki pola hidup hemat

membeli rumah idaman
Keren ya, dengan menyisihkan uang Rp 20 ribu setiap hari di masukin kedalam botol bekas dan hasil tabungannya lumayan banget lho (nabung unik / blogspot)

Memiliki pola hidup yang hemat memang tidaklah mudah, apalagi ketika kita sudah terbiasa untuk menggunakan uang tanpa perhitungan. Tapi dengan hidup hemat, kita akan terbebas dari masalah-masalah keuangan di masa mendatang.

Kita perlu membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup seperti ini supaya uang kita dapat dialokasikan untuk pos-pos pengeluaran atau belanja yang sesuai. Dengan demikian, kegiatan menabung pun menjadi lebih optimal.

8. Cerdas dalam berbelanja

Mengingat pos belanja merupakan pos yang utama dalam memenuhi setiap kebutuhan kamu sehari-hari, kamu perlu lebih cerdas dan cermat dalam mengaturnya setiap bulan.

Sebelum berbelanja, ada baiknya bila kamu menyusun daftar barang yang akan dibeli. Lakukan pembelian sesuai dengan catatan yang kamu buat itu. Jangan latah beli-beli yang gak penting ya!

9. Libatkan anggota keluarga yang lain

Ajak anggota keluarga dalam merencanakan kegiatan menabung untuk membeli rumah yang nantinya akan dinikmati bersama ini. Dengan demikian, mereka akan senang dan turut bersemangat karena telah dilibatkan dalam proyek yang penting.

Kegiatan menabung untuk membeli rumah memerlukan waktu yang tidak sebentar dan pengorbanan yang tidak mudah. Tapi ini janganlah menjadi alasan untuk menundanya. Lakukan mulai dari sekarang demi masa depanmu yang lebih baik.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Beli Rumah Baru atau Bekas Ya? Baca Ini Dulu!]

[Baca: Ini Alasan Kenapa Harus Pilih Sewa Apartemen Daripada Ngontrak atau Ngekost]

[Baca: Cara Sulap Rumah Jadi Kos-Kosan Beromzet Besar]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com