Harga Bitcoin Lagi Tinggi, Gini Cara Nyairinnya Buat Dapat Untung

by Hardian 1.133 views0

Harga Bitcoin

Harga Bitcoin kembali membetot perhatian setelah dikabarkan mencetak rekor nilai penukaran di level US$ 14.000 atau sekitar Rp 189 juta. Tak pelak, banyak orang ramai-ramai mencari tahu apa itu bitcoin dan bagaimana cara kerjanya.

Bitcoin adalah mata uang digital alias cryptocurrency yang awalnya hanya digunakan di dunia digital. Kini, sejumlah tempat usaha offline juga menerima bitcoin.

Saat ini, sudah lebih dari 100.000 merchant dan vendor di seluruh dunia yang menerima transaksi pembayaran dengan bitcoin. Jadi wajar kalau sekarang harga bitcoin tinggi banget.

Sebetulnya, bitcoin telah ada sejak tahun 2009, penemunya adalah Satoshi Nakamoto. Namun si Satoshi ini misterius, tidak pernah diketahui apakah berupa individu atau kelompok.

Meski asal-usulnya masih buram, bitcoin tetap populer di kalangan orang-orang tertentu. Di Indonesia sendiri sudah ada Bitcoin.co.id, situs manajemen bitcoin.

Bahkan sudah ada aplikasi Bitcoin Indonesia di PlayStore Android. Artinya, penetrasi bitcoin di Indonesia cukup serius. Jumlah member Bitcoin Indonesia saja sudah lebih dari 600.000.

Itu berarti jumlah pengguna bitcoin di seluruh Indonesia mencapai lebih dari itu. Sebab, tempat jual-beli bitcoin di sini bukan hanya Bitcoin Indonesia.

[Baca: Biar Masa Depan Cemerlang, Kenali 5 Investasi yang Pas Buat Mahasiswa dan Pemula]

Cara Mencairkan Bitcoin

harga bitcoin
Kalau ketemu merchant yang ada logo kayak gini, berarti bisa bayar pakai bitcoin (ofpof.com)

Tapi, omong-omong, adakah yang punya bitcoin? Melihat tingginya harga bitcoin sekarang, sudah pada tahu cara nyairinnya?

Salah satu tempat pencairan bitcoin adalah Bitcoin Indonesia. Gak hanya bitcoin, aset digital lainnya juga bisa ditransaksikan di sini. Berikut ini caranya:

  1. Daftar dulu ke situs Bitcoin.co.id. Setelah itu, isi semua kolom yang tersedia. Pastikan pakai nama lengkap sesuai dengan rekening bank agar memudahkan pencairan.
  2. Konfirmasi pendaftaran lewat link yang dikirim ke email yang digunakan buat mendaftar
  3. Login ke situs, lalu pilih Deposit. Kita akan mendapat alamat situs untuk mengirim bitcoin dari wallet atau dompet bitcoin kita.
  4. Masukkan nominal bitcoin yang akan didepositkan untuk dicairkan Tunggu kira-kira 5-10 menit untuk validasi.
  5. Jika sudah tervalidasi, kita bisa langsung menukarkannya di Penarikan Rupiah.
  6. Masukkan data nominal bitcoin yang akan dicairkan, plus rekening bank.
  7. Konfirmasi pencairan lewat email.
  8. Tunggu beberapa jam untuk pencairan.

Cara mencairkan bitcoin ini kurang-lebih sama di tempat-tempat lain. Yang pasti, kita gak bisa menukar bitcoin dengan rupiah di situs transaksi luar negeri.

Masih Ditentang

harga bitcoin
Eits, bitcoin itu gak berupa koin logam, melainkan mata uang digital (energyfm.net)

Bitcoin dianggap sebagai alat investasi zaman now yang menggiurkan. Sebab, harga bitcoin cenderung naik dari tahun ke tahun.

Bahkan di Indonesia sudah ada yang mengaku untung besar dari investasi bitcoin. Investasi ini dijalankan dengan transaksi di situs serupa Bitcoin.co.id.

[Baca: Hari Gini Gak Investasi? Simak Nih 3 Jenis Investasi yang Menguntungkan]

Sayangnya, penggunaan bitcoin masih banyak ditentang oleh kalangan perbankan.Di Indonesia, misalnya, Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan memperingatkan akan risiko bitcoin.

Hingga saat ini, bitcoin belum diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Namun popularitas bitcoin masih saja menanjak.

harga bitcoin
Hingga kini bitcoin masih ditolak di dunia, termasuk Amerika (reddheads.com)

Bila kamu punya bitcoin, tetap berhati-hati dalam memanfaatkannya sebagai sarana investasi ya. Adapun buat yang baru mau investasi bitcoin, pelajari dulu segala seluk beluknya sebelum menggelontorkan duit. Jangan lupa ikut komunitasnya untuk bertukar informasi.

Sama seperti investasi lainnya, bitcoin memang memiliki risiko. Tapi secara umum, risiko investasi bitcoin lebih besar ketimbang yang sudah mapan, seperti saham atau reksa dana.

Selain keberadaannya masih belum diakui oleh para otoritas keuangan, harga bitcoin juga sangat fluktuatif. Bahkan lebih volatil daripada harga saham lho. Jadi tetap waspada ya!

[Baca: Mau Mulai Investasi Saham? Pakai Jasa Broker Aja!]

Tags:

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com