Harga Honda CRF 150 L Rp 31,8 Juta, yang Gaji UMP juga Bisa Kredit!

by akbar 2.736 views0

Honda CRF 150

PT Astra Honda Motor alias AHM baru saja meluncurkan motor trail terbarunya yang bernama Honda CRF 150 L. Harga Honda CRF 150 L adalah Rp 31,8 juta. Harga ini lebih murah Rp 1 juta ketimbang rivalnya, Kawasaki KLX lho. Tertarik untuk membawa pulang?

Motor trail tentu pas banget digunakan oleh mereka yang punya jiwa petualang. Desainnya pun ramping tapi sektor kaki-kakinya kokoh. Kalau dibawa jalan atau mejeng pasti kegantenganmu bakal meroket antara 60 sampai 70 persen.

Gak cuma itu, motor trail juga bisa dikatakan sebagai kendaraan yang efektif buat pemotor di Jakarta. Mengingat sekarang adalah musim hujan, tentu lebih enak melibas genangan dengan motor tinggi ketimbang naik motor ceper kayak bebek atau skuter matic.

[Baca: Adu Jago 3 Motor Matic Terbaru Seharga Rp 15 Jutaan]

honda crf 150
Gimana penampilannya? Keren kan (Liputan6)

Kalau bicara soal harga Honda CRF 150 L, tentu buat beberapa kalangan bisa dikatakan cukup tinggi ya. Bisa sih dibeli kredit, tapi tentu gak bisa sembarangan. Harus ada perhitungannya dulu.

Sebelum kita masuk ke hitung-hitungan kredit Honda CRF 150 L, gimana kalau kita kupas tuntas dulu spesifikasinya. Kira-kira cocok gak jadi motor idamanmu?

1. Tampilan & Body

Dari sisi tampilan, Honda CRF 150 L tampaknya lebih kalem ketimbang rivalnya, Kawasaki  KLX150. Hal itu bisa dilihat dari minimnya stiker yang ditempel di body-nya. Tapi biar kata kalem, motor ini tetap terlihat tajam dan agresif.

honda crf 150
Nah Kawasaki KLX 150 sih sudah pernah dinaikin pak Presiden, kira-kira Honda CRF 150 L bakal dinaikin siapa ya? (Naik Motor)

Punya desain lampu yang tajam, digital panel Honda CRF 150 L cukup sederhana tapi sangat akurat dan gak repot untuk membacanya.

Tinggi motor ini adalah 1.153 mm, lebih tinggi sedikit dari Kawasaki KLX 150 yang tingginya 1.090 mm. Namun untuk urusan berat, Honda jauh lebih berat karena bobotnya mencapai 122 kg. Sedangkan Kawasaki KLX 150 hanya 118 kg.

2. Mesin

Honda CRF 150 L menggunakan mesin 4 tak 1 silinder SOHC yang dilengkapi pendingin udara. Kapasitas mesinnya pun kelihatannya gak jauh beda sama Verza, yaitu 149,15 cc. Sistem pembakarannya berteknologi PGM FI.

Soal mesin, Honda CFR 150 L gak punya perbedaan dengan Kawasaki KLX150 kok. KLX150 juga 4 tak dan 1 silinder, tapi soal tenaga kuda dan torsi, Honda CRF 150 L sepertinya lebih unggul.

honda crf 150
Sekilas mirip Verza tapi jeroannya beda (TMCBlog)

Honda CRF 150 L memiliki transmisi 5 percepatan dengan tenaga maksimum 12,91 PS dan torsi 12,43 di 6.500 RPM. Sedangkan Kawasaki KLX 150 tenaganya mencapai 11,5 PS dan torsi maksimumnya 11,3 di putaran 6.000.

Untuk urusan tangki bensin, Honda CRF 150 L punya tangki yang lebih besar ketimbang Kawasaki KLX 150, yaitu 7,2 liter.

3. Suspensi dan kaki-kaki

Bicara soal motor trail tentu gak seru kalau gak ngebahas suspensinya. Motor ini dibekali suspensi Showa long travel inverted di bagian depan dengan ukuran pipa 37 mm dan stroke-nya sepanjang 225 mm. Spesifikasi ini diklaim terbesar dikelasnya lho! Untuk suspensi belakang tentu saja tipe monoshock dengan prolink travel berukuran 207mm.

honda crf 150
Soal kaki-kakinya sudah pasti kokoh (Otomaniac)

Honda CRF 150 L juga dilengkapi dengan ban dan velg yang besar. Ukuran velg depannya 21 inci dan yang belakang 17 inci. Ukuran yang sama dengan rivalnya untuk velg depan. Hanya saja untuk bagian belakang, Kawasaki KLX 150 memilih velg ukuran 18 inci.

Simulasi kredit Honda CRF 150 L

Setelah tahu komparasi motor ini dengan rivalnya, makin tertarik kah untuk membelinya secara kredit? Atau malah lebih naksir rivalnya nih?

[Baca: Bingung Nih, Beli Motor Bekas Tunai atau Motor Baru Kredit Ya? Coba Cek Dulu di Sini]

Buat kamu yang memang ingin membawa pulang Honda CRF 150 L secara kredit, mari kita lihat simulasi DP dan cicilannya bila kamu menggunakan simulasi kredit Mandiri Tunas Finance.

honda crf 150

Harga motor: Rp 31.800.000
DP: 31.800.000 x 20% = Rp 6.360.000
Jumlah pinjaman: 31.800.000 – 6.360.000 = Rp 25.440.000
Bunga: 4,68% per tahun
Tenor: 36 bulan (3 tahun)

Mandiri Tunas Finance memberlakukan suku bunga flat 4,68 persen per tahun. Dari simulasi kredit di atas, kalau kamu ngambil tenor 36 bulan, maka cicilanmu adalah sebesar Rp 805.883 setiap bulan.

Nah, idealnya cicilan atau kredit itu gak boleh melebihi 30 persen dari gajimu. Jadi kalau cicilan sebesar Rp 805.883, artinya gaji ideal untuk beli Honda CRF 150 L adalah sekitar Rp 2,7 juta. Artinya, seseorang dengan gaji dibawah UMP pun bisa memiliki motor ini. Asal DP-nya 20 persen ya.

[Baca: UMP 2018 Naik 8,71 Persen, Siap-Siap Atur Gajimu Kayak Gini]

Intinya, kalau memang sanggup ya monggo dibungkus saja. Tapi kalau belum, ya sabar dulu atau cari pilihan motor lainnya.

 

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com