Hey Pencari Kerja, Ini Dia Daftar Perusahaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

by Hardian 1.171 views0

perusahaan dengan gaji tertinggi

Siapa yang gak mau diterima kerja di perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia? Yang mau jelas banyak. Kalau yang mampu?

Salah satu standar suatu perusahaan bonafide adalah menerapkan gaji yang relatif tinggi. Setidaknya lebih tinggi daripada kebanyakan perusahaan lain.

Di Indonesia, pekerjaan sebagai pegawai negeri banyak diidamkan orang. Apa lagi alasannya jika bukan gaji dan tunjangan yang dianggap besar, meski kadang gak selaras dengan beban kerja.

Namun karier di bidang swasta pun banyak diburu, terutama di perusahaan yang besar. Situs referensi karier Jobplanet akhir tahun lalu mengadakan survei perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berdasarkan tingkat kepuasan karyawan.

Sebanyak 470.000 karyawan dari 43.200 perusahaan disurvei mengenai pekerjaan mereka, termasuk gaji dan kepuasan. Ingat, gaji yang tinggi gak selalu menandakan kepuasan buat karyawan.

Berikut ini daftar 10 perusahaan yang menerapkan gaji tinggi dan karyawannya menyatakan puas:

1. PT Chevron Pacific Indonesia

2. PT Toyota Astra Motor

3. PT Freeport Indonesia

4. PT HM Sampoerna Tbk

5. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

6. PT Pertamina

7. PT Unilever Indonesia Tbk

8. PT Astra International Tbk

9. Bank Indonesia

10. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)

perusahaan dengan gaji tertinggi
Siapa sih yang nolak kalau dapat kesempatan kerja di pertamina ? (Perusahaan Minyak / Pertamina)

Kementerian BUMN menjadi satu-satunya lembaga pemerintah yang masuk daftar. Sementara Astra punya dua wakil di sana.

Daftar di atas memuat perusahaan dengan gaji tertinggi. Jika hendak menengok industri dengan gaji tertinggi, ada pula daftarnya.

Daftar sektor industri dengan gaji tertinggi di Indonesia ini dikeluarkan oleh lembaga riset Salary Guide Kelly Services Indonesia.

1. Minyak dan gas

2. Finansial

3. Teknologi informasi

4. E-Commerce

5. Infrastruktur

Setelah melihat daftar-daftar di atas, sudah tahu dong apa yang harus dilakukan. Terutama buat mahasiswa yang menjelang lulus kuliah alias fresh graduate dan mereka yang berniat pindah kerja.

Setelah daftar dalam genggaman, kini saatnya mempersiapkan diri untuk masuk ke sana. Tentunya ini berlaku buat yang belum diterima bekerja di perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia itu.

perusahaan dengan gaji tertinggi
Coba targetin ke perusahaan-perusahaan BUMN deh (BUMN / bumn)

1. Fokus ke satu perusahaan

Jangan sampai menyebar CV seperti menebar pesona ke banyak gebetan. Cukup berfokus pada satu perusahaan saja yang sekiranya pas dengan kemampuan.

Jika sudah positif gak masuk, baru beralih ke perusahaan lain. Hal ini khususnya berguna ketika mendapat panggilan. Bagaimana jika ternyata dipanggil dua perusahaan pada hari dan jam yang sama. Kan malah jadi dilema dan bisa jadi gak fokus.

2. Ku yakin sampai di sana

Judul lagu mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu relevan jadi pendorong optimisme. Ketika sedang mengejar sesuatu, tentunya harus optimistis agar berhasil.

Yakinkan diri sendiri bahwa ada peluang besar diterima di sana. Tenang, lagu “Ku Yakin Sampai di Sana” gak wajib didengarkan untuk melecut semangat, bisa diganti lagu lain dengan tema serupa yang lebih cocok di telinga.

3. Asah keterampilan bicara

Ijazah saja gak cukup untuk memastikan diterima kerja di perusahaan-perusahaan terkemuka. Skill dalam berbicara juga diperlukan, khususnya ketika wawancara.

perusahaan dengan gaji tertinggi
Kalau lagi wawancara kerja jangan malu-malu, ngomong aja ya! (wawancara kerja / fakta)

Coba banyak-banyak baca buku referensi tentang wawancara kerja, juga bertanya dengan yang lebih berpengalaman. Jangan lupa juga berlatih agar gak kagok ketika sudah diwawancara betulan.

4. Poles resume

Resume alias CV adalah pintu menuju perusahaan-perusahaan itu. Bikinlah resume dan surat lamaran kerja yang menarik.

Sebaiknya, resume dibuat rapi dengan poin-poin, bukan kalimat panjang-panjang. Makin jelas resume, makin besar peluang dipanggil dan diterima kerja.

Bekerja di perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia bisa dibilang merupakan impian tiap warga negara ini. Karena itulah persaingan ke sana amat ketat.

Oleh karenanya, persiapan yang matang menjadi keharusan jika hendak menembus hadangan itu. Siap mencoba?

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Benarkah Bekerja Mengikuti Passion Hanya Omong Kosong Belaka?]

[Baca: Karir Itu Pencapaian Diri, Bukan Tentang Siapa yang Paling Tinggi]

[Baca: 8 Alasan Ini Membenarkan Kenapa Kita Susah Menemukan Karier yang Tepat]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com