Hore Pengajuan KPR Disetujui, Nih PR Kamu Selanjutnya

by akbar 563 views0

Pengajuan KPR disetujui

Wow, selamat ya akhirnya pengajuan KPR disetujui sama bank. Tapi jangan senang dulu. Masih banyak banget nih PR-nya.

Memang sih, tahap berikutnya ya sudah pasti nyicil per bulan. Tapi jangan salah, nyicil itu juga butuh strategi supaya kondisi keuanganmu gak kacau.

pengajuan kpr disetujui
Bukan perang doang yang butuh strategi bayar kpr juga butuh strategi (strategi / commons.wikimedia)

Mau tahu PR yang harus kamu kerjain biar cicilan KPR gak terasa berat? Mari disimak.

1. Jangan nambah utang untuk hal konsumtif

Setelah pengajuan KPR disetujuin, ada baiknya untuk review semua utang-utang atau cicilan kamu saat ini. Sebisa mungkin, hindari menggesek kartu kredit atau ngutang buat hal yang gak dibutuhkan.

Yang doyan dugem dan nongkrong, ya dikurangin dulu deh hobi yang ini. Yang hobi belanja juga kalau bisa puasa belanja dulu atau dibatasi aja.

2. Selalu sisihkan uang buat dana darurat

Dana darurat seorang lajang sama yang sudah berkeluarga pasti beda jumlahnya. Tapi intinya, jangan sampai kamu gak pegang sama sekali.

Dengan adanya cicilan rumah, pengeluaran per bulan kamu pasti semakin besar. Dan tanpa dana darurat, kamu bakal kelimpungan ketika ada urusan mendesak. Misalnya, tiba-tiba harus operasi usus buntu. Karena kamu gak pegang uang tunai, ujung-ujungnya gesek kartu kredit atau pinjam duit teman jadi solusi. Hasilnya? Utang makin banyak deh.

Utang menumpuk, sudah pasti keuangan kamu makin gak sehat. Jadi siapkanlah dana darurat biar kamu tenang.

3. Jangan bayar cicilan rumah dengan kartu kredit

Keuntungan punya kartu kredit adalah bisa melakukan transaksi meskipun sedang gak punya duit. Misalnya bulan ini lagi cekak lantaran habis upgrade computer buat main game. Bayar cicilan pake kartu kredit aja ya? Boleh kan?

pengajuan KPR disetujui
Kacau nanti kalo bayar cicilan kpr pake kartu kredit (no credit card / Fotolia)

Gak boleh! Kartu kredit baiknya dipakai untuk belanja kebutuhan sehari-hari saja atau transaksi jangka pendek.

Bayar cicilan rumah pakai kartu kredit bisa mengacaukan kondisi keuanganmu. Bayangin aja cicilan rumah bulan ini bakal ditagih bulan depan dan bakal ada beban bunga lagi dari kartu kredit. Pusing kan?

4. Bayar cicilan tepat waktu

Khusus buat kamu yang sibuk, lebih baik cicilan rumah dibikin auto-debit aja deh. Dengan begini, gak ada alasan telat bayar cicilan karena lupa transfer.

Pembayaran cicilan semestinya dilakukan tepat waktu karena pembayaran setelah jatuh tempo pasti kena denda. Bayar pokok cicilan aja sudah beban, apalagi ditambah bayar denda.

5. Pikir-pikir lagi kalau mau lunasin cicilan rumah lebih cepat

Tiba-tiba dapat rezeki berupa uang tunai ratusan juta rupiah. Dan langsung kepikiran kalau cicilan rumah itu bisa dilunasin sekarang juga.

pengajuan kpr disetujui
Jangan terburu lunasin kpr kamu kalo dapet uang banyak, liat dulu jenis kpr kamu biar gak rugi (stop / dfiles)

Daripada duit sebanyak itu gak jelas mau dipakai buat apa, mending buat ngelunasin cicilan rumah. Bener gak?

Tunggu dulu. Pertimbangkan jenis KPR yang kamu gunakan. KPR biasa atau syariah? Kalau KPR biasa sudah pasti ada denda pelunasan yang dipercepat, dan jumlahnya pun tidak sedikit. Beda sama syariah yang gak pakai denda.

Selain itu, pikirkan juga deh barangkali dana tersebut bisa kamu manfaatin buat yang lain. Investasi misalnya, atau didepositokan ke bank.

Gimana guys? Jangan lupa ya sama PR-nya, supaya keuangan kamu tetap sehat walau punya cicilan rumah. Selamat menempati rumah baru!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Jangan Langsung Merasa Tertipu, Simak Nih Tahapan Beli Rumah Jadi Lewat KPR]

[Baca: Mau Ngajuin KPR? Kenali Dulu Nih Istilah-istilah dalam KPR Biar Update]

[Baca: Wajib Tahu, 4 Perbedaan KPR Biasa dan Syariah]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com