Informasi tentang Kredit Pemilikan Rumah (KPR) – DuitPintar

by Bunga D. Kusuma 804 views0

untuk jam 3

Punya rumah idaman, siapa yang gak mau? Tapi realisasinya gak semudah membalikkan telapak tangan. Ya dong, harga rumah itu kan gak cuma seribu-dua ribu perak, tapi ratusan juta!

Nah, kalau kamu berencana beli rumah, kredit pemilikan rumah atau KPR merupakan solusi yang paling ideal. Tinggal siapin uang muka atau DP, impian memiliki rumah sendiri pun bisa terwujud. Sisanya, kamu bisa cicil harga rumah setiap bulan sampai lunas deh.

Mau tahu soal KPR lebih banyak? Yuk simak di sini!

Apa sih KPR dan bagaimana cara kerjanya?

KPR bisa dibilang produk populer buat para pemburu rumah di Indonesia. Pinjaman yang satu ini membantu banget mewujudkan mimpimu buat punya rumah sendiri. Tapi ketahui dulu cara mainnya sebelum apply produk ini ya.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Sudah siapkah ngambil KPR?

Mengambil KPR merupakan komitmen jangka panjang, sebab tenornya bisa sampai puluhan tahun. Makanya ini bukan keputusan main-main lho. Apa benar udah siap ngambil pinjaman ini?

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Kenapa sih harus ngajuin KPR?

KPR merupakah salah satu produk perbankan yang fungsinya untuk membantu kamu memiliki rumah sendiri. Kalau harus beli rumah pakai uang tunai pasti berat, kan?

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa aja yang harus dipertimbangkan sebelum ngambil KPR?

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil KPR. Ini harus dipikirkan masak-masak agar kondisi keuangan gak berantakan di masa mendatang.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa saja suku bunga acuan yang dipakai dalam KPR?

Suku bunga acuan dalam KPR bermacam-macam. Supaya gak merasa tertipu, kamu harus paham dulu pengertian dan perhitungan masing-masing bunga tersebut.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa saja jenis bunga dalam KPR?

Cara penghitungan bunga dalam KPR berbeda-beda. Ada yang fixfloating, kombinasi, dan lain-lain. Sebelum memutuskan mau ngambil KPR yang mana, ketahui dulu jenis bunganya ya supaya gak kaget pas bayar cicilan.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa perbedaan KPR syariah dan KPR konvensional?

Dilihat dari akad atau perjanjian kreditnya, KPR dibedakan jadi dua, yaitu syariah dan konvesional. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Pahami dulu sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Bagaimana simulasi cicilan KPR syariah?

KPR syariah jelas beda dengan KPR biasa. Gak cuma dalam perjanjian kredit, tapi juga dari penghitungan cicilannya. Jangan sampai salah paham ya.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Bagaimana simulasi cicilan KPR biasa?

Simulasi cicilan KPR jelas penting untuk diketahui sebelum teken perjanjian kredit. Dengan begitu, kamu pun bisa ancang-ancang mempersiapkan anggaran tiap bulan buat kebutuhan ini.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Bagaimana simulasi cicilan KPR dengan bunga floating?

KPR dengan bunga floating artinya bunga KPR-mu bakal mengikuti besar suku bunga acuan yang berlaku. 

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa saja metode penghitungan bunga dalam KPR?

Metode penghitungan bunga KPR berbeda-beda, tergantung masing-masing bank. Ketahui dulu cara penghitungannya supaya kamu bisa estimasi jumlah cicilan tiap bulan.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa saja tahapan mengajukan KPR untuk membeli rumah jadi?

Mengajukan KPR tentu ada prosedurnya. Sebelum permohonan kreditmu dikabulkan, kamu harus melalui sejumlah proses ini untuk membeli rumah jadi.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa saja tahapan mengajukan KPR untuk membeli rumah inden?

KPR juga bisa digunakan untuk membeli rumah inden atau rumah yang masih dibangun lho. Tapi ada prosedur dan persyaratan yang mesti dipenuhi ya.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa saja istilah-istilah dalam KPR yang perlu diketahui?

Saat mengajukan KPR, pasti banyak menemukan istilah-istilah yang masih asing di telinga. Biar gak salah kaprah, pelajari dulu sejumlah istilah yang kerap dipakai saat proses pengajuan KPR ya.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa yang harus dilakukan setelah KPR disetujui?

Setelah melalui proses panjang, akhirnya permohonan KPR-mu disetujui nih. Selamat ya! Tapi masih ada PR yang harus kamu lakukan setelahnya lho.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa yang harus dilakukan jika cicilan KPR macet di tengah jalan?

Tentunya gak ada yang mengharapkan cicilan KPR macet di tengah jalan. Tapi yang namanya musibah, gak bisa diduga kapan datangnya. Ketika ini terjadi, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya rumahmu gak disita bank.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Apa ada kerugiannya ngambil KPR?

KPR itu memang banyak manfaatnya. Tapi bukan berarti gak ada mudharatnya ya. Makanya perlu tetap waspada dan cerdas ketika mengambil kredit yang satu ini.

…… Info lebih lanjut, baca di sini.

Kalau kamu masih butuh informasi tentang KPR lebih lanjut, kunjungi:

Artikel Terbaru tentang Kredit Pemilikan Rumah – Blog DuitPintar.com

Masih banyak lagi dari duitpintar.com