Ini Dia Cara Gampang dan Cepat Dapetin Pinjaman

by Hardian 1.580 views0

cepat dapetin pnjaman

Zaman terus berkembang, begitu pun teknologi di dalamnya. Perkembangan teknologi ini berdampak positif bagi masyarakat yang mencari alternatif sumber dana cepat.

Kini, sumber dana makin beragam. Kalau butuh pinjaman, gak kudu pergi ke bank. Banyak alternatif yang tersedia, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Pernah dengar istilah fintech? Fintech alias financial technology adalah inovasi teknologi di bidang keuangan. Teknologi ini makin memudahkan urusan keuangan masyarakat.

Meski terhitung baru, fintech sudah dinaungi pemerintah, dalam hal ini Bank Indonesia. Fintech Office didirikan sebagai wadah aktivitas keuangan ini, termasuk evaluasi jika ada penyimpangan.

Dengan perkembangan industri fintech yang cukup pesat, sayang kalau kamu gak memanfaatkan momentum ini untuk mengoptimalkan manajemen keuanganmu. Termasuk di dalamnya soal pinjam-meminjam uang.

Buat yang lagi butuh dana cepat, berikut ini beberapa alternatif sumber dana yang bisa kita manfaatkan berkat kemajuan teknologi:

1. Pinjaman online

cepat dapetin pinjaman
Siapa yang gak mau kalau bisa dapat pinjaman dana tunai cepat (pinjaman online / viva)

Dulu, orang mesti pergi ke bank buat cari pinjaman. Bahkan yang berada di pelosok kerap jatuh ke lubang rentenir saking jauhnya akses ke bank.

Kini, pinjam uang bisa lewat Internet. Prosesnya pun terhitung cepat, bisa 5 hari kerja. Soal bunga, tentunya lebih tertib ketimbang rentenir karena diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Kita bisa mengecek dan membandingkan layanan pinjaman online itu untuk disesuaikan dengan kemampuan bayar. Di Tunaiku, misalnya, ada fasilitas plafon hingga Rp 10 juta dengan tenor maksimal 12 bulan dan bunga 3 persen per bulan.

Lalu di UangTeman, ada fasilitas plafon pinjaman online Rp 3 juta dengan tenor 30 hari dan bunga 1 persen per hari. Tinggal dihitung-hitung mana yang paling pas dengan kemampuan keuangan.

2. Crowdlending

Crowdlending sering juga disebut sebagai peer-to-peer lending. Lewat crowdlending, kita bisa pinjam dana dari kumpulan kreditur individual via online. Umumnya dana ini dipakai buat usaha.

Terdapat beberapa situs yang menyediakan wadah crowdlending. Misalnya Modalku, Koinworks, Investree, dan GandengTangan.

cepat dapetin pinjaman
Jangan takut, pelajari saja dulu biar paham apa itu Crowdlending (fintech / linkedin)

Bunga dan tenor yang disediakan beragam di tiap-tiap situs. Khusus di GandengTangan, gak ada bunga yang diterapkan. Jadi kamu hanya perlu melunasi uang senilai yang kamu pinjam. Tapi ini hanya berlaku untuk pelaku bisnis UMKM saja ya.

3. Crowdfunding

Crowdfunding mirip dengan crowdlending. Yang membedakan adalah dana disediakan sebagai investasi atau donasi.

Jadi, dana itu gak perlu dikembalikan, apalagi dengan bunga. Tujuan crowdfunding lebih spesifik untuk kegiatan usaha baik bisnis maupun sosial, bukan buat renovasi rumah, misalnya.

Sebagai penyedia dana online, nama mereka akan dihargai sebagai sponsor jika usaha bersifat sosial. Atau bisa jadi mendapat saham atas investasi yang diberikan. Contoh situs crowdlending Indonesia antara lain KitaBisa (sosial) serta Amartha dan Wujudkan (bisnis).

4. Pinjam online bank

Bank konvensional gak mau ketinggalan mengikuti perkembangan teknologi. Sejumlah bank telah menyediakan fasilitas dana pinjaman online.

Contohnya Bank ANZ, Danamon, CIMB, DBS, Standard Chartered, dan Maybank. Lebih mudah dan praktis bila pinjam dana online. Bahkan DBS menerapkan bunga lebih rendah kalau apply KTA online.

5. Tarik tunai kartu kredit

Opsi terakhir ini disarankan baru dimanfaatkan hanya jika benar-benar terdesak. Sebab, bunga kartu kredit terhitung lebih tinggi ketimbang pinjaman lainnya.

cara dapetin pinjaman
Tarik tunai lewat kartu kredit emang membuai, hati-hati ya bro! (gesek tunai / jawapos)

Wajar sih, karena prosesnya yang sangat simpel. Hanya sekian detik, dana pinjaman dari tarik tunai kartu kredit sudah di tangan.

Namun ada biaya tarik tunai kartu kredit di mesin ATM. Itu belum termasuk bunganya, ya. Makanya, tarik tunai hanya jika kepepet, dan tagihan langsung dilunasi. Makin ditunda, makin gede beban yang mesti dibayar.

Berkat fintech, kita jadi lebih mudah mencari alternatif dana pinjaman cepat. Tapi mesti diingat, tetap harus menghitung kemampuan bayar saat akan mengajukan permohonan pinjaman.

Alternatif sumber dana cepat ini kadang bikin terlena karena saking gampangnya didapat. Lihat dan bandingkan bunganya. Hitung tenor yang pas dengan kemampuan keuangan.

Meski pinjaman bisa didapat secara online, bukan berarti kita bisa lari tanpa terdeteksi setelah mendapat pinjaman. Kita pun bisa dengan mudah ditemukan menggunakan peralatan teknologi. Makanya, selalu cermatlah menghitung kemampuan dan kebutuhan sebelum mengajukan pinjaman.

cepat dapetin pnjaman

cara dapetin pinjaman

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Seberapa Aman Fitur Pinjaman Dana Online? Kenalan Dulu Yuk]

[Baca: Buat yang Lagi Butuh Dana, Ini Dia 5 Produk KTA dengan Bunga Terendah]

[Baca: Banyak yang Bilang Tarik Tunai Kartu Kredit Itu Penuh Biaya Siluman. Loh Emang Sudah Paham Seluk-Beluknya?]

Tags:

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com