Ini Negara-Negara Bebas Visa di Eropa. Yuk Nabung Biar Bisa Liburan ke Sana!

by Hardian 1.763 views0

Negara-Negara Bebas Visa di Eropa.

Siapa yang gak mau liburan ke Eropa? Pada mau, pasti. Tapi apa pada mampu? Pasti juga dong. Kan sudah pintar mengelola keuangan.

Apalagi ada beberapa negara di Eropa yang punya kebijakan bebas visa. Gak semuanya benar-benar bebas sih.

Ada yang pakai visa on arrival, e-Visa, atau visa negara lain. Tapi lebih banyak yang pakai modal paspor diplomatik atau kedinasan.

Yang pasti, kita bisa irit waktu, tenaga, dan tentunya biaya jika bepergian ke negara-negara Eropa bebas visa itu. Berikut ini sederet negara bebas visa plus tips waktu kunjungan yang tepat serta destinasi yang disarankan:

1. Rusia

Buat pencinta sepak bola, bisa mengakses fasilitas bebas visa yang ditawarkan Rusia. Syaratnya adalah memegang Fan ID—semacam paspor buat penonton Piala Dunia 2018 di Rusia. Fan ID bisa diakses di Fan-id.ru.

Rusia paling enak dikunjungi saat musim gugur atau September-Oktober. Pemandangan dan cuacanya bagus, juga lebih sepi karena bukan peak season. Otomatis harga tiket hingga penginapan pun lebih miring.

negara-negara bebas visa di eropa
Bayangin deh kalau bisa selfie dengan latar belakang Red Square Moskow ini pasti Instagram kamu makin ngehits hehehe (Red Square / lonelyplanet)

Destinasi yang disarankan:

– Red Square: pusat Kota Moskow
– Katedral bergaya klasik yang ada di banyak kota
– Monumen Bukit Mamayev
– Museum Arsitektur Kolomenskoye

2. Belarusia

Negara ini mungkin terdengar asing. Tapi negara di Eropa ini memberikan layanan bebas visa dan atraksi wisata yang menarik. Datang pada Mei-September, saat cuaca lebih hangat dan banyak penerbangan murah.

Layanan bebas visa berlaku untuk waktu tinggal lima hari. Manfaatkan betul waktu itu untuk menjelajahi keindahan Belarusia.

Destinasi yang disarankan:

– Minsk: banyak bangunan klasis peninggalan era Soviet
– Kastil Mir
– Memorial Complex Brest Hero Fortress
– Sovetskaya Street

3. Turki

Turki berada di perbatasan Eropa dan Asia. Banyak destinasi wisata apik karena lokasi tersebut. Menariknya, kita bisa masuk dengan fasilitas e-Visa alias visa elektronik yang bisa didapatkan di evisa.gov.tr.

Musim panas adalah saat yang tepat buat ke Turki. Gak hanya karya arsitektur keren, pantai yang indah juga bisa kita nikmati.

negara-negara bebas visa di eropa
Merinding gak sih saat kita bisa berada di bangunan ikonik yang satu ini? (Haga Sophia / tempo)

Destinasi yang disarankan:

– Haga Sophia
– Pantai Mediterania
– Cappadocia, tempat buat trekking dan menikmati suasana desa Mediterania
– Grand Bazaar

4. Andorra

Negara lain yang gak populer tapi asyik adalah Andorra. Kebijakan bebas visa diterapkan, tapi sayangnya gak ada penerbangan langsung dari Indonesia.

Jadi, harus pegang visa Schengen dulu untuk masuk dari Spanyol atau Prancis, yang berbatasan dengan negara ini. Kunjungi Andorra antara April dan Oktober, saat cuacanya mendukung untuk kegiatan outdoor. Tapi bila mau main ski, datang menjelang akhir tahun.

Destinasi yang disarankan:

– Grandavalira Resor dan Varnold, bila hendak bermain ski di pegunungan
– Andorra la Vella
– Plaça del Poble, untuk menikmati arsitektur abad ke-12
– Les Escalades

5. Armenia

Pakai visa on arrival, bisa langsung berleha-leha di negara Eropa ini. Bulan September-Oktober pas buat mengunjungi Armenia.

Saat itu, cuaca hangat dan mendukung bila kita mau berkelana. Boleh juga bila mau berkunjung pas musim dingin, tapi atraksi lebih banyak terfokus di area pegunungan bersalju buat main ski.

Destinasi yang disarankan:

– Pegunungan Tsakhkadzor
– Danau Sevan
– Kuil Garni
– Victory Park
– Museum Nasional

negara-negara bebas visa di eropa
Menikmati pemandangan yang kayak gini bisa bikin hidup jadi lebih semangat deh! (Danau Sevan Armenia / blogspot)

Lima negara di atas juga bisa dikunjungi gratis dengan paspor dipomatik atau dinas. Bahkan lebih dari 50 negara memberikan layanan tersebut.

Buat yang gak punya paspor khusus itu, harus lebih sedikit berusaha entah dengan visa on arrival atau lainnya. Agar perjalanan wisata lebih murah, manfaatkan promo kartu kredit yang sedang ada.

Misalnya kartu kredit Citi yang kerja sama dengan maskapai Emirates. Mumpung ada, manfaatkan promo itu baik-baik.

Jangan lupa research dulu soal destinasi yang akan dikunjungi biar gak kebingungan. Siap liburan ke Eropa?

CTA Citi Rewards emirates

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Masih Usia Kepala 2, Nabung Buat Traveling atau Nyicil Rumah?]

[Baca: Pilih Gaji atau Passion untuk Travelling? Ini 7 Hal yang Bisa Jawab Pertanyaanmu]

[Baca: Buat yang Doyan Traveling, Pilih Kartu Kredit yang Kayak Gini]

Tags:

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com