Ini Nih 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya

by Tifanny 842 views0

bikin kamu cepat kaya

investasi dengan modal Rp 1,5 juta

Siapa sih yang gak pengin jadi kaya? Kayaknya semua orang pasti pengin ya. Tapi yang namanya hidup itu gak semanis cerita film atau novel. Mau kaya? Ya usaha dong!

Untungnya, dalam hidup itu gak ada yang gak mungkin. Kalau kamu mau hidup lebih dari berkecukupan dan mencapai financial freedom, ada kok caranya. Salah satunya dengan menerapkan 5 kebiasaan berikut ini:

1. Keluarkan lebih sedikit dari apa yang kita hasilkan

Gak peduli seberapa banyak penghasilan kita, kalau kita mengeluarkan lebih banyak dari pemasukan, ya gak usah berharap bisa kaya. Ini udah hukum alam.

bikin kamu cepat kaya
Punya uang bukan berarti jor-joran soal pengeluaran, sedikit demi sedikit aja (Tetesan Air / charlottemechanical)

Jadi kalau kamu pengin kaya, coba belajar dari sekarang supaya kondisi keuanganmu gak “lebih besar pasak daripada tiang”. Ini adalah langkah paling dasar buat mencapai financial freedom. Karena kalau kamu gak bisa melakukannya, sudah pasti kamu gak akan bisa nabung, apa lagi mau investasi.

Kedengarannya emang gampang ya? Tapi jangan disepelekan. Orang Indonesia itu banyak yang gak bisa menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran lho. Itu kenapa produk kredit perbankan laris manis di pasaran, mulai dari kartu kredit sampai kredit tanpa agunan (KTA). Jangan sampai kamu kayak gitu juga ya!

2. Mulai berinvestasi sejak dini

Gak ada kata terlalu awal untuk memulai berinvestasi. Makin cepat kamu memulainya, maka semakin lama juga waktu yang tersedia untuk investasimu bisa berkembang.

Walaupun uang yang bisa kamu sisihkan untuk berinvestasi sangatlah sedikit, gak usah minder. Uang yang terlihat sedikit saat ini mungkin aja berkembang menjadi miliaran juta di masa mendatang.

3. Sebisa mungkin hindarilah berutang

bikin kamu cepat kaya
Sebisa mungkin jangan terjebak utang deh kalau gak kepepet (Jebakan Utang / lifehacker)

Di zaman modern kayak sekarang, banyak banget produk kredit yang ditawarkan oleh pihak bank, seperti KTA, kartu kredit, dan lain-lain. Umumnya, produk-produk itu diberikan dengan menunjukkan fitur unggulan tertentu demi menarik nasabah.

Tapi tahu gak kalau pihak bank pasti udah memperhitungkan keuntungan yang bisa mereka peroleh dari tiap produk? Artinya, dalam tiap keringanan yang mereka kasih ke kita, pasti ada untung yang bisa diambil.

Utang bisa menjadi positif jika dimanfaatkan untuk hal yang produktif. Tapi dalam meraih kekayaan, ini bukanlah langkah yang disarankan. Masih banyak kok pilihan lain mendapatkan pendanaan selain berutang. Nah, kalau kepepet, baru ini bisa dijadikan jalan terakhir.

4. Menabunglah sebanyak-banyaknya

Menabung tentunya menjadi satu cara pasti dalam mengumpulkan kekayaan. Tapi seperti kita ketahui, ini bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membuat sebuah tujuan yang bisa memotivasi kamu untuk menabung.

Sebagai contoh, kamu pengin beli rumah dengan harga tertentu saat usia 30 tahun. Kalau sekarang usia kamu 20 tahun, maka perhitungkan berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya untuk merealisasikan tujuan itu. Ini pasti membantu kamu banget untuk berusaha menabung lebih banyak dan pantang menyerah dalam berhemat.

5. Lakukan pekerjaan yang kamu suka

bikin kamu cepat kaya
Bekerja sesuai passion walau begini mah happy-happy aja ya (Minat Profesi / wildan)

Impian setiap orang adalah mengerjakan apa yang menjadi kegemaran mereka. Pasti begitu juga halnya dengan kamu. Kamu bakal bangun pagi setiap harinya dan bekerja dengan penuh semangat kalau menyukai pekerjaan yang dilakoni.

Kalau semangat bekerja, otomatis semakin cepat dipromosi dan naik jabatan. Gaji pun terus bertambah dong. Nah, ini yang bikin kamu bakal semakin dekat dengan kekayaan. Coba kalau kamu gak suka dengan kerjaanmu. Pasti bakal ogah-ogahan dan akhirnya jadi karyawan yang gak produktif. Jangankan dikasih naik gaji, gak dipecat aja udah untung.

Seperti kata pepatah “Practice makes perfect”, coba latih dirimu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas. Pasti bisa kok. Apa lagi kalau memang cita-cita kamu jadi kaya. Semangat ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Simak Nih Daftar 5 Wanita Terkaya di Indonesia Versi Globe Asia]

[Baca: 5 Orang Terkaya Indonesia Sukses Mengelola Kerugian Menjadi Miliaran]

[Baca: Kenapa Sih Susah Banget Jadi Orang Kaya 10 Alasannya]

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com