Mau Investasi Aman dan Menguntungkan? Yuk Pesan ORI 014 Sekarang!

by Tifanny 665 views0

deposito bank

Hari gini jangan cuma update sama gosip-gosip seputar selebritis atau postingan mantan. Sudah saatnya kamu makin aware sama investasi. Gak mau kondisi keuangan gitu-gitu aja kan? Makanya, mulai alokasikan sebagian dari gaji kamu buat investasi, tapi yang aman dan menguntungkan ya.

Masih galau dan ragu-ragu karena masih berpikir investasi itu susah dan butuh modal besar? Mulai sekarang buang jauh-jauh deh pola pikir yang kayak gitu. Jenis investasi sekarang beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Nah, kebetulan nih, gimana kalau kamu mulai melirik investasi Obligasi Ritel Indonesia atau biasa disebut ORI? Apalagi, ORI 014 saat ini lagi ditawarkan sama pemerintah. Jadi buruan pesan deh dari sekarang.

[Baca: Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi Cocok Bagi Mereka dengan Profil Moderat]

Eh, sebentar, ada yang belum paham apa itu ORI?

Investasi Aman dan Menguntungkan Lewat ORI

Biar gak cuma ikutan tren beli ORI, pahami dulu apa sih ORI itu. Jadi, ORI adalah obligasi negara yang dijual kepada individu yang merupakan warga negara Indonesia (WNI). Penjualannya dilakukan oleh agen dengan volume minimum yang sudah ditentukan.

Jangan khawatir sama investasi yang satu ini. Dari segi keamanan, ORI merupakan investasi yang bebas terhadap risiko gagal bayar. Lho, kok bisa?

Bisa dong. Sebab, pembayaran kupon dan pokok ORI dijamin langsung oleh pemerintah. Jadi gak ada deh tuh ceritanya uang kamu hilang dibawa kabur dan gak balik lagi. Kecuali negara kita bangkrut ya. Dan ini kemungkinannya kecil banget, karena ekonomi Indonesia sekarang tergolong sebagai salah satu yang terkuat di dunia.

investasi aman dan menguntungkan
Investasi ORI pasti aman, soalnya yang jamin adalah pemerintah (investasi/business review)

Karakteristik ORI 014

Oke, balik lagi nih ke ORI 014 yang lagi ditawarin sama pemerintah. Sebelum beli, kamu harus paham dulu sama karakteristik si ORI 014 ini. Berikut beberapa poin soal ORI 014 yang perlu kamu tahu:

– Masa penawaran: 29 September-19 Oktober 2017

– Penerbitan: 23 Oktober 2017

– Pencatatan di Bursa: 25 Oktober 2017

– Tenor: 3 tahun (15 Oktober 2020)

– Nilai nominal per unit: Rp 1 juta

– Minimum pemesanan: Rp 5 juta dan kelipatan

– Maksimum pemesanan: Rp 3 Miliar

– Jenis kupon: kupon tetap yang dibayarkan tanggal 15 setiap bulan

– Tingkat kupon: 5,85 persen

– Kupon pertama: 15 November 2017

Minimum holding period (MHP): dua kali periode pembayaran kupon

– Agen penjual: bank umum (18) dan perusahaan efek (1) yang ditunjuk oleh pemerintah

Kenapa Harus Pilih ORI 014?

Instrumen investasi ini bisa jadi pilihan karena memiliki banyak kelebihan. Pertama, sudah pasti aman. Kedua, kuponnya memiliki tingkat bunga tetap dan bakal diberikan tiap bulan.

[Baca: Mengenal Investasi Obligasi yang Karakternya Mirip-Mirip Deposito]

Ketiga, kamu bisa berkontribusi untuk membangun negara. Sebab, dana hasil penjualan ORI ini bakal dipakai buat pembangunan Indonesia lho.

investasi aman dan menguntungkan
Kalau negara ini makin maju dan berkembang, kita sebagai warga negara jadi ikutan bangga dong! (Infrastruktur / properti)

Keempat, nilai minimum investasinya sangatlah terjangkau, cukup Rp 5 juta aja! Pasti ada dong uang segini di tabungan? Daripada buat beli gadget baru, ya kan?

Dan terakhir nih, sebagai investor ORI, kamu bakal lebih hemat potongan pajak ketimbang investasi deposito. Bunga deposito bisa kena pajak hingga 20 persen per bulan, sementara pajak bunga obligasi cuma 15 persen.

Oh iya, kalau sewaktu-waktu kamu butuh duit, ORI 014 yang udah kamu beli ini juga bisa dijual di pasar sekunder. Jadi kamu juga berpotensi dapat capital gain. Tapi syaratnya harus sebelum jatuh tempo dan minimum harus udah melewati dua kali pembayaran kupon dulu ya.

Semisal, kupon pertama akan jatuh di 15 November 2017 kan. Kalau kamu mau jual, berarti kamu harus menerima pembayaran kupon tanggal 15 Desember 2017 dulu.

Di Mana Bisa Memesan ORI 014?

Ini dia daftar bank resmi atau agen penjual yang sudah ditunjuk pemerintah buat menjual ORI 014:

1. Bank BRI

2. Bank BNI

3. Bank Mandiri

4. Bank BTN

5. Bank BCA

6. Permata Bank

7. Bank Danamon

8. Maybank

9. Panin Bank

10. Standard Chartered Bank

11. ANZ Bank

12. Bank DBS

13. Bank Mega

14. Citibank

15. Commonwealth Bank

16. CIMB Niaga

17. Bank HSBC

18. OCBC NISP

19. Trimegah Securities

Daripada uang habis sia-sia buat shopping, kenapa gak dialokasikan ke instrumen investasi yang sudah jelas seperti ORI 014 ini aja? Sudah pasti aman dan menguntungkan. Udah gitu tenornya juga gak terlalu lama kok!

[Baca: Bunga Deposito Bank Makin Turun Alihkan Danamu Di 4 Instrumen Investasi Ini]

investasi aman dan menguntungkan
Waduh buruan masbro larinya, ketinggalan kereta deh! Jangan kayak gini ya guys, kalau ada kesempatan buat menelola keuangan jadi lebih baik, buruan deh lakuin! (Ketinggalan Kereta / gcn)

Kalau masih mau cari tahu lebih lanjut, kamu bisa cek langsung di situs Kementerian Keuangan. Tapi ingat, jangan kelamaan mikir karena ORI 014 ini bakal ditawarkan cuma sampai 19 Oktober 2017. Yuk buruan dipesan!

Tags: ,

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com