Investasi Emas Gak Ada Matinya, Pilih Emas Perhiasan atau Batangan? Simak Ini Dulu

by DuitPintar 13.079 views2

emas perhiasan atau batangan

Emas lagi, lagi-lagi emas, emas terus! Yup, siapa yang gak terpukau dengan hasil bumi yang satu ini. Seiring jaman, emas terus berkembang menjadi salah satu bentuk investasi yang semakin kinclong. Baik itu berupa perhiasan, batangan atau pun koin, emas mampu menarik perhatian.

Seiring perkembangan jaman, emas juga semakin mudah untuk dimiliki. Gak seperti jaman dahulu, di mana emas masih menjadi milik kalangan tertentu. Salah satu daya tarik emas sebagai investasi adalah harganya yang cenderung stabil.

Tujuan investasi pasti untuk menambah pundi-pundi dong ya! Lalu muncul pertanyaan di benak kamu yang tertarik untuk mulai investasi emas, produk emas mana sih yang paling menguntungkan? Emas perhiasan atau batangan? 

Produk emas yang sering menjadi incaran untuk investasi memang masih berkutat di perhiasan dan batangan. Sebelum mengambil keputusan, simak untung rugi investasi emas perhiasan dan batangan berikut ini:

Perhiasan

Perhiasan emas memang menarik, terutama bagi mereka yang sangat memerhatikan prestise dan penampilan. Dengan demikian perhiasan emas memiliki fungsi ganda, aksesoris dan sarana investasi. Gak ada salahnya kalau memilih perhiasan emas sebagai investasi kamu, tapi pertimbngkan dulu untung ruginya.

emas perhiasan atau batangan

Mau investasi emas dalam bentuk perhiasan sah-sah aja kok, tapi teliti dan jeli ya biar gak ketipu yang palsu! (Perhiasan Emas / Tstatic) 

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah, perhiasan emas ada biaya pembuatan yang menyertai. Sehingga saat membeli perhiasan emas, kamu gak hanya dikenakan biaya kadar emasnya saja, tapi juga biaya pembuatan emas menjadi perhiasan juga. Ini berarti ekstra pengeluaran.

Sebagai informasi saja nih, besar biaya pembuatan emas menjadi perhiasan yang diproduksi secara massal (pabrik) sekitar 1 – 7 persen dari total harga emas. Sementara, biaya pembuatan perhiasan emas oleh pengrajin rumahan atau yang menerima pesanan perorangan sekitar 15 – 20 persen.

Pengrajin perhiasan emas kelas atas untuk keperluan fashion toko-toko perhiasan terkenal bisa berkisar 30 persen loh! Kebayang kan betapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membuat perhiasan emas.

Harga produk perhiasan emas juga cenderung akan menurun. Sehingga pada saat dijual kembali, kamu gak akan mendapat harga yang lebih tinggi dibanding saat kamu dulu membelinya. Ini sama artinya kamu gak memperoleh keuntungan.  

Perhatikan juga bentuk perhiasan emas. Semakin rumit bentuknya, maka semakin mahal lah harganya. Perhiasan emas juga mudah didapat, karena banyak toko yang menjual, baik di pusat perbelanjaan modern dan tradisional.

Kemudahan ini sekaligus bisa menjadi kerugian, karena kamu harus ekstra hati-hati. Jangan membeli perhiasan di sembarang toko, bisa saja perhiasan emas yang kamu beli itu palsu.

Jangan sedih, perhiasan emas tetap bisa kok menjadi pilihan kamu untuk berinvestasi. Perhiasan emas yang kamu beli dapat kamu simpan sebagai tabungan fisik dan dipergunakan sebagai dana cadangan jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan.

emas perhiasan atau batangan

Punya perhiasan emas sewaktu-waktu bisa langsung dijual saat butuh duit tunai (Toko Emas / Timlo) 

Walau harga jual perhiasan emas kurang menguntungkan, perhiasan emas mudah dijual, baik dengan atau tanpa dokumen.

Batangan

Bagaimana dengan emas dalam bentuk batangan? Akhir-akhir ini makin banyak orang yang memilih emas batangan sebagai investasi. Walau tidak memiliki fungsi prestise dan gak bisa digunakan sebagai aksesoris, emas batangan cenderung lebih menguntungkan dari sisi investasi.

Emas batangan dijual hanya di tempat-tempat tertentu,seperti PT Aneka Tambang (Antam). Hal ini menjamin segi keamanannya. Produk investasi yang satu ini akan disertai dengan sertifikat keaslian. Apa saja informasi yang ada di dalam sertifikat ini? Sertifikat tersebut mencakup nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya.

Kualitas emas batangan yang kamu beli di Antam sudah pasti terjamin. Pilihannya mulai dari 1 – 1000 gram dengan kadar emas mencapai nyaris 100%. Selain itu, emas batangan juga gak terkena pajak pertambahan nilai sebesar 10 persen.

Selain itu, emas batangan terbukti memiliki daya jual kembali yang menguntungkan. Dengan catatan, investor menjual di saat yang tepat, yaitu di titik jual tertinggi. Itulah mengapa emas batangan sangat cocok sebagai investasi jangka panjang.

emas perhiasan atau batangan

Beli emas batangan yang terpercaya ya di PT Antam (Emas Antam / Kontan) 

Mana yang akan kamu pilih sebagai investasi sebenarnya bukan soal benar atau salah kok! Cek lagi kesiapan keuangan, mental dan yang pastinya pengetahuan yang cukup sebelum terjun dalam investasi.

Emas memang cukup menjanjikan profit yang gak sedikit, tapi kalau kamu gak sabar dan kudet pengetahuan tentang emas itu sendiri sih gak akan berhasil. So, bijak memilih dan memutuskan supaya investasi berakhir untung bukannya buntung!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pilih Investasi Emas Batangan atau Koin Emas Simak Dulu Plus Minusnya ini]

[Baca: 7 Tempat Jual Beli Emas Buat Mommies yang Ingin Investasi]

[Baca: Beli Emas Tunai atau Kredit Mari Lihat Untung Ruginya]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com