Jadi Bos Gak Cukup Hanya Modal Main Perintah, Gini Cara Menjadi Atasan yang Baik

by Tifanny 6.627 views0

cara menjadi atasan yang baik

Jadi atasan yang punya anak buah kelihatannya gampang, cuma perintah sana-sini, kalau salah tinggal marahin. Padahal gak bisa gitu bro.

Bayangin aja kalau semua bos cuma bisa semaunya sendiri dan gak peduli sama bawahannya, kalau terjadi turn over karyawan yang tinggi juga gak bagus loh buat keberlangsungan bisnis perusahaan itu sendiri.

Nah, makanya nih buat kamu-kamu yang lagi dipromosiin jabatan baru atau emang udah di posisi sebagai leader yang punya tim, pastikan kamu juga punya nilai-nilai seorang pemimpin yang disukai. Ini demi kelancaran pekerjaan juga kok.

Emangnya penting? Penting dong biar bawahan ngerasa termotivasi dan kreatif juga produktif. Kualitas yang harus ada dalam diri seorang atasan gak cuma soal leadership dan respek, tapi juga bagaimana kamu me-maintain hubungan antar bawahan. Berikut ini cara menjadi atasan yang baik tanpa harus berkesan sangar.

1. Membuka jalur komunikasi yang baik dengan bawahan

Dipercaya sebagai seorang pimpinan dengan beberapa anak buah itu memang bukan pekerjaan mudah. Salah satu kendala antara atasan dengan bawahan adalah komunikasi. Terkadang bawahan ngerasa gak puas dengan kebijakan, kritikan atau evaluasi yang diberikan atasan.

Ujung-ujungnya malah ngedumel dan kasak-kusuk sama karyawan lain. Hal-hal kayak gini kalau dibiarkan gak sehat buat suasana kerja di kantor.

cara menjadi atasan yang baik
Dikit-dikit emosi, dikit-dikit teriak. Emang situ doang yang punya masalah? (Emosi / icdn)

Nah, coba deh bersikap lebih terbuka dengan tim atau bawahan. Komunikasikan ke mereka kalau kamu terbuka untuk setiap permasalahan seputar pekerjaan.

Tapi tetap pastikan ada rasa hormat dan wibawa sebagai bos ya, supaya gak ada yang menyalahgunakan kebaikan kamu sebagai atasan. Sewajarnya aja lah. Jangan terlalu bossy tapi juga jangan kaku. Bukankah akan lebih mudah buat kamu saat harus report kerjaan ke atasan tertinggi dengan tim yang kooperatif.

2. Mendengarkan setiap ide atau masukan

Jangan egois dan merasa kalau kamu sebagai atasan adalah yang paling benar dan pintar dalam segala hal. Buka juga kesempatan bagi tim kamu untuk memberikan ide atau melontarkan pendapat sehubungan dengan kerjaan. Kalau emang ternyata ide atau saran mereka itu bisa mempermudah pekerjaan dan menghasilkan sesuatu yang baik untuk perusahaan kenapa gak?

Jangan ngerasa takut tersaingi ya, semisal ada input yang brilian dari tim kamu. Justru harus berbesar hati dan malah akan menjadi penilaian yang bagus loh dari top management kepada tim kamu. Toh kamu juga yang akan bangga.

3. Menjaga penampilan

Sebagai atasan apalagi buat mereka yang punya banyak anak buah, menjaga penampilan itu salah satu faktor penting dan kualitas yang harus dimiliki oleh seorang atasan.

Cara Menjadi Atasan yang Baik
Tampilan rapi dan fashionable bisa membantu imej mu sebagai atasan terdongkrak loh (Fashion / anibee.tv)

Selain harus menjadi orang yang paling sering bertemu dengan para jajaran direksi, klien dan lainnya, penampilan yang selalu bersih, rapi dan representatif akan bikin bawahan kamu jadi makin segan.

Bahkan bisa saja kamu menjadi inspirasi atau teladan bagi mereka. Ingat, semua berawal dari kesan pertama loh.

4. Selalu siap turun tangan langsung jika memang dibutuhkan

Walaupun kamu atasan saat ada anak buah yang sakit atau tertimpa musibah dan gak bisa melakukan pekerjaannya, kalau memang kamu bisa, kenapa gak turun tangan?

Dengan kamu ikut membantu dan gak segan melakukan apa yang sebenarnya gak menjadi job desc utama kamu, itu menunjukkan kamu punya kualitas yang outstanding sebagai atasan.

Apalagi kalau memang kerjaan tim sedang menumpuk dan butuh ekstra tenaga, jangan segan apalagi gengsi. Dengan kamu ikut bekerja bareng mereka, itu juga ngasih lihat betapa kamu adalah bagian dari tim, bukan ‘tuan’ atau ‘raja’.

Intinya sebagai atasan yang baik harus memberikan kesempatan dan ruang bagi tim untuk berkembang. Jangan menganggap bawahan adalah mereka yang mengerjakan semua kerjaanmu.

Cara Menjadi Atasan yang Baik
Percaya deh, kalau bawahan sudah sayang sama atasan, produktivitas bakal naik (Karyawan / kumpulancatatanharian)

Sekarang semuanya dikembalikan saja ke pribadi masing-masing, kamu jadi pemimpin yang seperti apa sih? Jadi yang sok main perintah-perintah saja atau yang bisa berkolaborasi dengan kompak sama timnya? Keputusan ada di tanganmu.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 4 Langkah Mangkus Mewujudkan Mimpi Menjadi Bos di Kantor]

[Baca: Punya Karir Tidak Berkembang Jangan Buru-buru Resign Refleksi Diri dengan Cara Ini]

[Baca: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Nyaman dan Makin Produktif di Tempat Kerja]

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com