Jangan Buru-buru Beli Mobil Mewah, Simak 5 Cara Cerdasnya Yuk

by akbar 1.493 views0

beli mobil mewah

Mobil mewah memang menimbulkan kesan eksklusif sekaligus menjadi simbol kesuksesan seseorang. Urusan beli mobil mewah jelas gak bisa sembarangan. Karena selain harganya mahal, kamu bisa rugi dua turunan kalau salah perhitungan ketika beli.

Salah satu hal yang mesti diperhatikan ketika membeli mobil mahal adalah soal kepemilikan. Ini tentu mencakup biaya pajak tahunan, perawatan, konsumsi bahan bakar, hingga harga jual.

Gak salah memiliki mobil mewah yang hampir Rp 1 miliar asal kamu cerdas dalam membeli. Berikut adalah 5 cara cerdas dalam membeli mobil mewah.

1. Kenali karaktermu sebagai pengguna mobil

Mobil mewah itu karya seni. Jangan sepelekan estetikanya dengan asal memilih mobil.

beli mobil mewah
jeep cocok buat kamu yang suka nyebur-nyebur sungai pakai mobil (off road / theautochannel)

Kenali dulu karaktermu. Apakah kamu seorang yang petualang yang gemar menjelajahi medan berat, seorang pencinta kecepatan, penggemar unsur klasik, atau seorang yang mengutamakan kenyamanan.

Fase pertama ini merupakan fase yang gampang-gampang susah. Tapi inilah yang menentukan seberapa happy dirimu dalam memelihara tungganganmu ini.

2. Kenali pabrikan mobil yang ingin kamu beli

Mau beli mobil mewah ya wajib tahu Agen Pemegang Merek atau APM-nya dong. Kalau asal beli yang penting mewah, ya salah kaprah.

Harus tahu bagaimana peredaran suku cadangnya di pasaran. Apakah mudah didapat atau harus inden dulu.

APM juga menentukan jaringan servis mobil yang kamu beli. Semakin banyak jaringan servis, pastinya makin gak repot perawatannya.

3. Malas beli baru, beli bekas pun gak salah

Daripada beli mobil mewah baru yang harganya selangit, kenapa gak kepikir beli yang bekas? Banyak keuntungannya lho beli mobil mewah bekas.

beli mobil mewah
bagus sih cuman agak mirip tronton ya, ban nya banyak (Covini C6W / alux)

Pertama, mobil mewah itu jarang dipakai harian. Kalaupun dipakai harian, jaraknya juga gak jauh-jauh, sudah pasti kilometernya rendah.

Kilometer rendah berarti belum perlu servis berat. Masih ada waktu buat mengirit duit setelah beli mobil.

Kedua, harga jual mobil mewah itu pasti jauh lebih rendah dari harga belinya. Kalau gak percaya, coba deh cek situs-situs penjual mobil bekas atau main ke showroom dan ngobrol sama sales-nya.

Mobil mewah bekas gak kayak kacang goreng. Lakunya memang lama karena hanya bisa dijual ke penggemar.

4. Mau kredit? Pilih leasing yang tepat

Dalam urusan memilih kredit mobil, banyak leasing yang menawarkan beragam opsi untuk kepemilikan mobil mewah, terutama yang bekas. Misalnya, DP 50 persen untuk tenor 3 sampai 4 tahun atau paket lainnya.

Kalau mau beli mobil mewah baru, pilih yang plafon kreditnya cukup. Jangan lupa juga pilih yang bunga kredit dan ketentuan kreditnya sesuai, dan paling pas buat kantong kamu.

Dan khusus yang mau kredit mobil mewah bekas, perhatikan tahun pembuatannya. Jangan sampai kamu beli mobil udah ketuaan. Cicilan belum lunas, tapi umur mobil sudah 5 tahun.

5. Jangan cepat-cepat menjual mobil mewahmu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga jual mobil mewah bekas cenderung anjlok. Makanya ada banyak pertimbangan sebelum kamu memutuskan buat beli mobil mewah.

beli mobil mewah
kalo kamu orang yang gampang bosen mending jangan deh, rugi banyak nanti bro (sijambang / giphy)

Kalau kamu tipikal orang yang cepat merasa bosan dengan mobil, pikir-pikir lagi kalau mau beli mobil mewah. Usahakan untuk menggunakan mobil ini dalam rentang waktu yang cukup lama.

Jadi gimana, sudah menentukan mau beli mobil apa? Pokoknya, jangan lupa dengan 5 hal ini sebelum kamu hunting mobil ke showroom ya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Cara Beli Mobil Mewah Second Biar Untung Banyak]

[Baca: Beli Nopol Cantik Bisa Nguras Duit Lho]

[Baca: Tarif STNK-BPKB Naik, Yakin Mau Beli Mobil Baru?]

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com