Jangan Buru-buru Resign Saat Passion Gak Sejalan dengan Karir. Lakukan Ini Dulu

by Tifanny 1.620 views0

jangan buru-buru resign

Memperoleh pekerjaan atau berkarir sesuai bidang keahlian yang jadi minat emang gak mudah. Ada yang beruntung bisa menikmatinya, tapi banyak juga yang gak.

Bisa sukses dengan hobi atau passion sudah pasti jadi impian hampir semua anak muda ya. Sayangnya realita gak seindah impian. Gak sedikit anak muda yang “terpaksa” bekerja di bidang yang baru atau malah gak diinginkan.

Karena tuntutan kebutuhan hidup, mau gak mau melakoni pekerjaan yang gak sesuai dengan passion. Tapi jangan galau dan berkecil hati dulu dong!

Kita masih bisa merealisasikan passion jadi usaha sendiri suatu saat nanti tanpa harus resign dari kerjaan. Begini tipsnya:

1. Perdalam ilmu dan skill

jangan buru-buru resign
Walau pekerjaan gak sejalan dengan passion tapi tetap akan ada skil baru yang bisa kamu pelajari (multi skill/edsurge)

Sekarang zaman serba internet, manfaatin buat menjaga passion dengan terus memperdalam ilmu dan skill. Banyak informasi dan bahan-bahan pembelajaran, video tutorial yang bisa dipelajari. Tinggal browsing, klik, serap semua hal tentang passion kamu.

Dengan cara begini, gak harus mengorbankan pekerjaan yang saat ini kita geluti. Tapi tentu saja harus bijak menggunakan waktu. Hargailah perusahaan yang membayar gaji kita setiap bulan dengan gak menyalahgunakan fasilitas.

Oh iya, jangan lupa kalau buku adalah jendela dunia. Jangan hanya internet, tapi perbanyak juga membaca buku-buku yang berkaitan.

Semakin banyak waktu senggang yang dimanfaatkan buat memperdalam ilmu dan skill yang sesuai dengan passion, tentunya semakin bagus.

2. Perluas networking

Saat weekend atau libur kerja, kita bisa aktif di komunitas, workshop, seminar, atau kursus yang sesuai passion. Selain juga mempertajam keahlian, kita juga bisa memperluas networking loh.

Jangan jadi peserta yang pasif, banyak-banyaklah berbaur dan berkomunikasi dengan peserta yang lain. Aktif bertanya dan sebisa mungkin rajin ikut kegiatan komunitas.

Kamu juga bisa mengakrabkan diri dengan teman-teman yang memiliki passion sama di tempat kerja atau lingkungan rumah. Jangan pernah malu atau takut berkenalan dengan orang-orang baru.

3. Kumpulin modal

Pengin dong suatu saat kamu merealisasikan passion ke dalam wujud usaha sendiri yang nyata dan menghasilkan. Buat buka usaha sendiri erat kaitannya sama modal. Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan, di antaranya nabung atau bisa juga manfaatin fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA).

jangan buru-buru resign
Kumpulin modal aja dari gajimu sekarang ditabung deh duitnya (kumpulin modal/wpmaria)

Pilih opsi yang paling sesuai dengan kondisi keuangan kita ya. Kalau merasa lebih aman dengan menabung, ya gak apa-apa. Tapi, kalau merasa bisa membayar cicilan KTA, sah-sah saja.

Intinya, pertimbangkan soal sumber modal dan jangan memaksakan. Gak mau kan berujung penyesalan dan pusing soal pelunasan? Nanti usaha bisa jadi malah gak berjalan dan bahkan mungkin gagal.

4. Minta feedback

Punya passion di bidang tertentu kurang afdol rasanya jika belum memperoleh feedback dari orang lain. Ini bisa jadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengetahui sejauh mana sih keahlian kita. Jangan-jangan hanya terlalu percaya diri atau hobi iseng semata.

Ungkapkan ide-idemu ke orang-orang terdekat yang kita percaya. Ajak mereka berdiskusi sekaligus memberi input, saran, dan kritik yang membangun. Siapkan mental untuk menerima segala bentuk jenis feedback.

Ambil yang positif serta membangun, dan evaluasi diri saat ada feedback negatif tentang karya kita. Cara ini juga bisa memotivasi diri jadi lebih baik lagi dalam merealisasikan passion.

5. Buka usaha sendiri di bidang yang sesuai dengan passion tersebut

jangan buru-buru resign
Setelah modal kekumpul nah baru deh buka usaha sesuai passion kamu (lakukan apa yang kamu suka/entrepreneur)

Nah, setelah ke-empat langkah di atas berhasil dijalankan, gak ada salahnya kamu mencoba merealisasikannya. Pastikan semua yang dibutuhkan untuk menjalankan passion sebagai usaha kita sendiri itu benar-benar sudah siap.

Passion dalam diri seseorang memang kadang gak terbendung, tapi bukan berarti kita jadi gak bijak dan terburu-buru. Karir atau pekerjaan yang saat ini dilakoni gak lantas jadi penghalang kok.

Passion yang ingin kamu wujudkan hanya butuh waktu, jadi bersabar dan persiapkan dulu semuanya dengan sebaik mungkin. So, selamat mewujudkan mimpi ya!  

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kamu Belum Suksess Berkarir di Usia Kepala Tiga Kalau]

[Baca: 5 Hal Gak Penting yang Harus Kamu Jauhin Biar Karir Makin Baik]

[Baca: Sudah Masuk Usia Kepala 3 Loh Idealnya Sudah Punya 6 Kualitas Berkarir Ini]

 

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com