Jangan Cuma Fokus ke Deposito Konvensional, Ini Alasan Kenapa Deposito Syariah Menguntungkan

by DuitPintar 6.116 views0

deposito syariah menguntungkan

Deposito memang menjadi pilihan masyarakat untuk berinvestasi. Selain mudah, keuntungan yang didapatkan juga lebih tinggi dari tabungan biasa.

 

Saat ini hampir setiap bank sudah menawarkan produk deposito syariah. Hanya saja masih banyak masyarakat yang belum terlalu mengenal jenis deposito ini.

 

Lantas apa bedanya deposito syariah dan deposito konvensional? Meski sama-sama menawarkan keuntungan di atas bunga tabungan, cara kerja keduanya jelas beda banget.

 

[Baca: Yuk, Utak-atik Gimana Mewujudkan Investasi Deposito Menguntungkan]

 

Perbedaan Deposito Konvensional dan Deposito Syariah

Perbedaan utama antara deposito konvensional dan syariah terletak pada sistem pembagian keuntungan. Jika deposito konvensional memberikan keuntungan sesuai bunga yang diterapkan, deposito syariah menawarkan sistem bagi hasil atau nisbah.

 

deposito syariah menguntungkan

Mau konvensional atau syariah, keduanya tetap menguntungkan kok

 

 

Pada deposito konvensional, perhitungan bunga memiliki rumus tersendiri tergantung banyak faktor, seperti pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Suku bunga yang ditawarkan juga berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing bank.

 

Menurut fatwa yang ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), bunga bank ini haram hukumnya karena termasuk riba atau keuntungan yang diperoleh dari cara-cara yang dilarang hukum Islam. Maka dari itu digunakanlah sistem nisbah dengan pembagian hasil sesuai rasio yang disepakati antara bank dan nasabah.

 

 

Cara Kerja Deposito Syariah

Dalam deposito syariah dikenal istilah akad mudharabah yang berarti bahwa nasabah memercayakan dananya untuk dikelola oleh bank dengan prinsip syariah. Dalam akad mudharabah ini dijelaskan rasio keuntungan yang akan kamu peroleh.

 

Misalnya saja, ketika akad disepakati bahwa rasio yang digunakan adalah 65:35. Artinya, kamu akan mendapatkan bagi hasil sebesar 65% dan bank mendapatkan 35%.

 

deposito syariah menguntungkan

Sebelum memutuskan menginvestasikan danamu dalam bentuk deposito, pihak bank akan menginformasikan rasio keuntungan nisbah

 

 

Lantas apakah deposito syariah menguntungkan? Begini lebih jelasnya:

 

Saat kamu menyetorkan sejumlah dana untuk deposito, bank syariah akan menggunakan setoranmu untuk diinvestasikan melalui instrumen-instrumen yang diperbolehkan dalam hukum Islam. Contohnya diinvestasikan ke sektor riil seperti Usaha Kecil Menengah (UKM).

 

[Baca: Deposito Bank Menguntungkan, Kok! Coba Kenalan Dulu..]

 

Jika UKM tersebut menghasilkan laba besar, maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu terima. Sebaliknya, jika kinerja UKM turun, kamu juga harus siap menerima keuntungan yang sedikit. Dengan kata lain, keuntungan muncul bersama risiko.

 

Tenor atau jangka waktu yang ditawarkan juga sama dengan deposito konvensional, antara 1 hingga 24 bulan. Jadi bisa disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhanmu.

 

Berapa Besar Keuntungannya?

Contohnya, di bulan November kamu hendak menginvestasikan Rp 20 juta di bank syariah AZ dengan tenor 1 bulan. Disepakati bahwa rasio nisbah adalah 55:45 yang berarti kamu bakal menerima keuntungan 55 persen.

 

deposito syariah menguntungkan

Siapa sih yang nggak tergiur dengan keuntungan deposito?

 

 

Dalam satu bulan, bank syariah AZ berhasil menghimpun dana deposito Rp 5 milyar dengan proyeksi keuntungan misalnya Rp 50 juta. Maka perhitungannya adalah:

 

(Rp 20 juta : Rp 5 milyar) x  55% x Rp50 juta = Rp 110.000

 

Maka keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam satu bulan adalah Rp 110.000. Lumayan kan?

 

 

Nah, nggak ada salahnya kan mencoba berinvestasi lewat deposito syariah. Selain mudah, risiko investasi juga tergolong minim. Walaupun pertumbuhan ekonomi sedang lesu, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan lho!

 

[Baca: Nggak Perlu Takut Investasi Saat Krisis! Reguk Keuntungan Saat Ekonomi Pulih]

 

 

 

Image credit:

  • http://2.bp.blogspot.com/-aYyX-t6HT34/VfaItZ66klI/AAAAAAAADVA/r2T_hgPDo30/s1600/Berikut%2BPerbedaan%2BDeposito%2BKonvensional%2Bdengan%2BSyariah.jpg
  • http://www.kultwit.info/wp-content/uploads/2015/10/bank-syariah.jpg
  • http://www.seputarforex.com/sfmateri/sf0_ilustrasi-teller-bank.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com