Jangan Cuma Jadi Rencana Doang, Lakukan 5 Persiapan Sebelum Traveling Ini

by Tifanny 450 views0

Persiapan Sebelum Traveling (1)

Traveling sekarang tuh udah jadi kayak gaya hidup. Hampir semua anak muda yang ditanya hobinya apa, pasti traveling.

Emang seru sih mengeksplorasi destinasi-destinasi tertentu, banyak hal yang bisa bikin mata hati jadi lebih terbuka dan memperkaya pengalaman hidup.

Anehnya masih banyak orang yang ragu bahkan takut buat traveling, entah karena pertimbangan keuangan maupun mental.

Emang sih traveling itu pasti gak jauh-jauh dari pembahasan soal biaya dan persiapan fisik juga mental. Karena kita akan melakukan perjalanan yang jauh dari rumah.

Buat kamu yang masih belum kesampaian, lakukan 5 persiapan sebelum traveling ini deh! 

1. Bulatkan Tekad

Bulatkan tekad sekuat baja kalau emang benar-benar pengin traveling. Jangan terpengaruh atau tergoda oleh input-input yang sekiranya bakal ngejauhin kamu dari impian kamu buat traveling.

Diskusi saja sama mereka yang sudah pengalaman soal traveling. Rajin-rajin browsing destinasi biar kamu makin semangat mewujudkannya. Kalau tiba-tiba semangat kamu traveling jadi kendor lalu hilang, ya berarti tekadmu buat traveling gak segitunya.

Mengorbankan Karier demi Traveling 2

2. Mulai Berhemat

Salah satu ketakutan mereka yang pengin traveling adalah soal biaya, karena traveling pasti butuh uang dan nominalny bisa jadi gak sedikit.

Jadi mulai berhemat, tinggalin kebiasaan hidup boros kamu dan sisihkan uangnya untuk rencana traveling.

Harusnya sih bisa buat penyemangat rajin nabung dan disiplin ya. Semakin rajin kamu nabung, maka impian kamu buat traveling bakal semakin mungkin terwujud dan gak harus nunggu terlalu lama.

3. Persiapan

Persiapan di sini gak cuma soal itinerary saja, tapi juga soal perlindungan diri. Gak mau kan menanggung risiko saat liburan? Makanya pakai asuransi perjalanan deh. Preminya tergolong murah kok, tapi perlindungannya maksimal.

Setelah semua beres, baru deh sering-sering ngobrol sama teman-teman atau saudara yang udah pengalaman traveling sana sini biar kamu bisa belajar dari pengalaman mereka. Rajin browsing dan cari informasi juga ya.

Di sini kamu bisa sambil membuat rencana destinasi traveling kamu sendiri mau kayak gimana. Apakah backpacking atau traveling cantik ala koper.

Mungkin sebagai permulaan jangan langsung ke tempat yang jauh deh, Nah, setelah kamu udah bisa menaklukkan pengalaman pertama traveling, baru deh kamu susun rencana traveling selanjutnya ke destinasi yang lebih jauh dan menantang.

4. Ajak Teman

Ketakutan selanjutnya adalah merasa bisa terjadi sesuatu yang buruk pas traveling, manusiawi sih.

Nah, coba deh mulai tentukan dengan siapa partner traveling kamu. Ajak orang yang punya keinginan sama dengan kamu atau ajak pasangan juga lebih bagus tuh kalau bisa. Jadi lebih spesial uhuy!

Kalau bisa traveling bareng mereka yang sudah pengalaman lebih bagus lagi. Kamu jadi gak perlu takut karena kamu bepergian dengan orang yang tahu apa yang harus dilakukan nanti. Kamu tinggal mengamati dan belajar.

kartu kredit terbaik untuk traveller

5. Tentukan Target

Ini yang gak kalah penting. Biar angan kamu buat traveling gak sekedar wacana atau pepesan kosong belaka, coba di awal kamu rencanakan.

Semakin detail dan akurat semakin bagus. Tentuin juga deh target eksekusi traveling kamu. Semisal setahun atau 8 bulan. Biar kamu juga makin termotivasi dan gak kelupaan sama angan traveling kamu.

Selain enam hal di atas masih banyak lagi mungkin yang bisa dipertimbangkan untuk membantu kamu mewujudkan mimpi traveling.

Jangan terlalu paranoid dulu dengan cerita-cerita gak mengenakkan yang terjadi sama mereka yang traveling. Mumpung masih muda, sehat dan ada kesempatan tunggu apa lagi? Nanti menyesal loh kalau tiba-tiba waktu sudah berjalan dan kamu masih belum traveling. Happy traveling!

 

Yang terkait artikel ini:

Pengin Liburan Murah Meriah? Yuk Manfaatkan Travel Fair

Yang Suka Backpacking Hitung Dulu Mana yang Lebih Hemat, Sendirian atau Ikut Open Trip

Gak Usah Takut Traveling, Ini Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Keluarga yang Ditinggal Bepergian

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Tulis Balasan

Masih banyak lagi dari duitpintar.com