Jangan Cuma Bisa Pakainya, Ingat Juga 5 Biaya yang Harus Disiapkan Kalau Punya Mobil

by akbar 2.095 views0

kalau punya mobil

Ketika memutuskan untuk punya mobil, tandanya kamu sudah siap untuk menanggung biaya-biaya yang bakal muncul nantinya. Terlepas dari mobil baru atau lama, biaya ini pasti ada.

Pengeluaran ini sifatnya ada yang rutin, ada juga yang gak menentu. Jumlahnya pun ada yang besar dan ada yang kecil. Tapi yang jelas, biaya ini harus dipersiapkan dengan baik kalau gak mau arus kas terganggu.

Mau tahu pengeluaran untuk apa saja yang harus kamu siapkan jika punya mobil? Mari simak lebih lanjut di bawah ini.

1. Servis ringan

Servis ringan harus dilakukan secara rutin setiap kilometer tertentu. Waktu servisnya pun relatif singkat dan biasanya bisa ditungguin di bengkel.

kalau punya mobil
Kalau punya mobil ya jangan pernah lupa ganti oli (ganti oli/Kia Dealers)

Lantas apa saja sih yang termasuk dalam servis ringan itu? Tentunya ada tune up, ganti oli mesin, ganti oli transmisi atau gardan, ganti aki, filter, setel katup, dan saringan udara.

Biayanya masih relatif terjangkau, tergantung dari merek suku cadang yang kamu gunakan. Biasanya, biaya servis ini tidak lebih dari Rp 1 juta untuk mobil Jepang. Tapi kalau suku cadang yang kamu gunakan adalah suku cadang premium, otomatis biayanya mahal.

Masalah biaya juga akan berkaitan dengan tempat servisnya. Bila servisnya di bengkel resmi jelas lebih mahal ketimbang bengkel umum.

2. Servis besar

Setiap kelipatan 10.000 kilometer, kamu harus melakukan servis besar agar mobilmu tetap dalam kondisi prima. Servis besar di bagian mesin meliputi pengetesan kompresi, penyetelan pengapian, hingga pemeriksaan karburator. Turun mesin atau overhaul juga tergolong dalam servis berat lho.   

Bila di sektor kaki-kaki, akan dilakukan pemeriksaan kopling, bantalan roda, gigi kemudi, dan lainnya. Pokoknya jauh lebih rumit ketimbang servis ringan.

Nah kalau kita bicara soal ongkos, servis berat bisa saja membuatmu merogoh kocek dalam. Namun biasanya, biaya servis ini mencapai jutaan rupiah. Bahkan ada juga yang di atas Rp 10 jutaan bila kerusakannya sudah parah.

So, sudah siapkah kamu dengan biaya sebesar itu? Jangan malah beli mobil, terus mobilnya dikandangin melulu karena takut servis besar ya.

3. Pajak tahunan

Biaya ini juga seringkali dipandang cukup ngeselin. Meskipun cuma keluar setahun sekali, tapi besarannya lumayan juga, tergantung dari tahun pembuatan, tipe, dan kapasitas mesin mobilmu.

Mobil buatan terbaru jelas pajaknya lebih mahal daripada mobil lama. Makanya, sebelum beli mobil ketahui dulu pajak tahunannya.

kalau punya mobil
Jangan sampai telat untuk perpanjang STNK alias bayar pajak tahunan (STNK/automotive)

Gak sedikit dari kita yang kurang memperhatikan hal ini lho. Belinya sih kuat, beli bensin per minggu juga kuat, tapi pas dihadapkan sama pajak tahunan langsung misuh-misuh.

Dan yang wajib kamu ketahui juga, pajak mobil ini harus dibayar tunai ya. Gak akan bisa dicicil kayak pakai kartu kredit. Setiap keterlambatan pembayaran pun ada dendanya.

4. Asuransi

Perlindungan seperti apa sih yang paling efektif buat mobil? Alarm anti-maling atau keamanan lain?

Yang utama jelas adalah asuransi. Perangkat anti-maling sifatnya hanya menghambat pelaku mencuri mobilmu sementara waktu, dan pada akhirnya mobilmu bisa hilang.

Lain halnya dengan asuransi. Kamu tentu sudah pernah dengar asuransi mobil jenis all risk dan total lost only (TLO). All risk bakal menanggung apapun risiko yang terjadi, termasuk baret-baret di bagian body asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sedangkan TLO hanya menanggung biaya pertanggungan ketika mobilmu hilang.

Terbukti kan kalau asuransi adalah satu-satunya perlindungan yang paling efektif untuk mobilmu. Makanya, jangan ragu lagi buat memiliki asuransi mobil ya. Tapi ingat untuk riset dan bandingkan dulu sebelum memilih produk yang paling tepat.

5. Stok barang-barang di dalam mobil

Ada barang apa saja yang ada di dalam mobilmu? Ada parfum mobil, tissue, tempat sampah,, atau apa lagi?

Semua barang-barang tersebut sifatnya bakal habis karena terpakai atau mesti diganti karena udah gak layak. Oleh karena itu, alokasikan juga bujet untuk membeli barang-barang ini.

kalau punya mobil
Kalau kelupaan beli parfum ya mobilmu otomatis jadi bau (parfum mobil/dh gate)

Dengan mengetahui lima pengeluaran wajib ini, apakah kamu tetap jadi beli mobil? Atau malah gak jadi karena takut pengeluaran bengkak?

Kalau masih bingung, pertimbangkan dulu dengan baik ya. Bila memang perlu mobil pribadi, belilah yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Jangan sampai beli mobil cuma buat gaya atau gengsi. Nanti kasihan kantong yang ngos-ngosan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Mobil Sudah Terjual, Nih 6 PR Kamu Selanjutnya]

[Baca: Upgrade Sedikit Mobilmu Supaya Perjalanan Mudik Makin Aman Terkendali]

[Baca: Pengendara Mobil Bisa Makin Untung Kalau Isi BBM dengan 5 Kartu Kredit Ini]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com