Jangan Gegabah Ngambil Program Cicilan 0 % Kalau Belum Baca Ini

by DuitPintar 5.382 views0

program cicilan thumbnail

Kalau jalan-jalan di mall, biasanya suka seliweran ngeliat standing banner di depan toko-toko gadget atau barang elektronik. Standing banner ini biasanya punya tulisan “cicilan 0%” yang gede. Lalu kamu mikir “Wah lumayan banget dong kalo beli barang mahal bisa dicicil dengan harga sama kayak beli cash, duit bulanan utuh lebih lama!”

 

Pada dasarnya, cicilan 0% kartu kredit adalah metode pembayaran yang biasanya eksklusif untuk pemegang kartu kredit tertentu. Program ini memungkinkan kamu untuk bayar suatu produk yang pada harga tunainya mungkin terlalu berat untuk pemasukanmu. Harga produk ini kemudian dipecah menjadi nominal tertentu, tergantung dengan lamanya cicilan tersebut.

 

Contoh, Agus mau beli TV seharga Rp 12 juta, tapi gajinya hanya Rp 7 juta per bulan. Agus gak mau nyicil via lembaga financing liar, yang bunganya bisa lebih dari 30% dari total harga TV tersebut. Lumayan kan dari Rp 12 juta bisa jadi Rp 15,6 juta?

 

Nah, Agus bisa memakai program cicilan 0% kartu kreditnya dia untuk dicicil selama 1 tahun alias 12 bulan. Hitungan Rp 12 juta dibagi 12 bulan, jadi sekitar Rp 1 juta. Ketimbang melalui finance asal yang bisa mencapai Rp 1.3 juta per bulan untuk tenor yang sama, lumayan gede kan uang yang bisa dihemat dari program ini?

 

Tapi eits, jangan gegabah langsung nyari toko yang ngasih program cicilan 0% ya. Pelajari dulu hal-hal yang musti dipertimbangkan dalam mengambil program cicilan 0% berikut ini.

 

1. Perhatikan Tempat Yang Menyediakan Program Cicilan 0%

Ga sulit kok nyari angka 0 sebesar itu.
Ga sulit kok nyari angka 0 sebesar itu.

 

Yang ini ga sulit kok. Kalau emang lagi nyari suatu barang tertentu, TV misalnya, kamu bisa langsung cek ke toko langgananmu atau yang terdekat. Lebih gampang lagi, kamu bisa cek ke bank penerbit kartu kreditmu untuk mengetahui daftar toko TV yang memiliki program cicilan 0%.

 

Dari situ, kamu bisa bandingin, toko mana yang ngasih program cicilan 0%. mungkin ada yang lebih menguntungkan karena tanpa syarat atau tanpa minimum transaksi. Atau mungkin kamu bisa bandingkan toko A dan toko B yang sama sama memiliki program cicilan 0%, tapi harga TV di salah satu toko lebih mahal.

 

2. Hati-hati Dengan Biaya Ekstra 

Jangan kabur dulu, ini ga semenyeramkan yang kamu kira kok. Bukan berarti kata “cicilan 0%” itu bohong atau misleading. Kan ada biaya administrasi dan pajak yang tetap harus ditanggung, dan biasanya tiap toko punya peraturan yang berbeda-beda tentang siapa yang menanggung.

 

Umumnya, ada biaya sekitar 3-4% dari total transaksi yang harus dibayarkan. Dan kadang toko bersedia menanggung biaya tersebut.

 

Tapi eniweeeiiizz, lebih baik mana? Nyicil dengan bunga tinggi atau bayar sedikit biaya administrasi ke bank penerbit kartu kreditmu?

 

[Baca:Alasan Logis Merchant Tetap Pungut Biaya Surcharge Kartu Kredit 3% Tiap Gesek]

 

3. Jangan Lupa Bayar Tepat Waktu

Perhatikan tanggalnya dan bayar tagihannya.
Perhatikan tanggalnya dan bayar tagihannya. Kalau pusing, minum Panadol aja. Asal jangan sampai lupa.

 

Setelah kamu repot-repot cari info untuk bisa ngambil cicilan dengan harga termurah, semuanya dapat terbuang percuma kalo kamu ga bayar tepat waktu. Sudah tahu kan kalau selalu ada denda untuk pembayaran yang melewati tanggal jatuh tempo?

 

[Baca: Tagihan Bulanan Kartu Kredit: Angka-Angka Itu Maksudnya Apa Sih?]

 

Dengan kamu bayar tepat waktu, total cicilan 0% kamu akan tetap jadi 0%. Alias gak ditambah biaya-biaya lain yang harus kamu tanggung lagi.

 

4. Cheat Sheet Cicilan 0%

Bagian yang ini, ga semua orang tau loh. Beberapa bank tertentu ngasih fasilitas untuk mengubah transaksi kartu kredit kamu menjadi cicilan 0%. Kerennya lagi, tanpa tambahan biaya apapun!

 

Contohnya, kamu beli mi instan 100 kardus seharga Rp 50 ribu per dus (dokter tidak menganjurkan makan mi instan sebanyak itu, tapi yah…, uangmu adalah hakmu). Berarti totalnya adalah Rp 5 juta.

 

Nah, kan lumayan berat tuh kalau harus bayar 5 juta sekaligus. Dengan fasilitas mengubah transaksi jadi cicilan 0%, kamu bisa langsung hubungi bank penerbit kartu kreditmu. Rp 5 juta tersebut dapat diubah jadi cicilan selama, misalnya, 6 bulan. Seru kan?

 

cicilan hemat
Sedikit demi sedikit, jadi bukit. Ini berlaku untuk point rewards kartu kredit, tapi juga tagihannya

 

 

 

Selalu ada cara untuk menekan pengeluaran bulananmu, dan gak selalu hanya dengan berhemat. Dengan sistem cicilan 0% kartu kredit ini, kamu bisa ubah pengeluaran besar menjadi potongan-potongan kecil yang bisa kamu bayar pelan-pelan.

 

Tapi hati-hati ya, karena program cicilan 0 % bisa jadi pedang bermata dua. Apalagi untuk orang yang ga bisa menahan keinginan untuk belanja. Niatnya hemat, malah jadi harus nanggung cicilan banyak hal sekaligus tiap bulan. Ujung-ujungnya, beban tagihan jadi jauh lebih berat.

 

 

 

Image credit

  • http://cdn-2.tstatic.net/bali/foto/bank/images/ts-1-0410.jpg
  • http://askthemoneycoach.com/wp-content/uploads/2015/03/bigstock-Pay-Credit-Card-2315459.jpg
  • http://www.dhakatribune.com/sites/default/files/imagecache/870x488_article_high/article/2013/05/30/money_2.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com