Jangan Harap Bisa Jadi Orang Sukses Kalau Masih Punya 5 Hal Ini

by Tifanny 16.358 views0

jadi orang sukses

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com.

No pain no gain. Tahu dong arti quote ini. Yup, gak ada kesuksesan yang instan atau jatuh dari langit gitu aja. Ada upaya dan perjuangan untuk meraihnya. Kecuali kita adalah anak juragan ladang emas ratusan hektar.

Jangan senang dulu! Meskipun kita berasal dari keluarga kaya raya, kesuksesan yang kita dapat dari warisan itu bukan gak mungkin lenyap seketika. Semuanya bergantung pada kesiapan kita. Sudah punya mental orang sukses atau belum.

Sukses di sini tentunya mengarah ke soal finansial. Tapi sisi lainnya dalam kehidupan gak lantas ditinggalkan begitu saja.

Akan lebih indah jika kesuksesan finansial itu diiringi dengan keberhasilan dalam hal lainnya. Misalnya dalam rumah tangga. Kan gak lucu, rumah kayak istana tapi keluarga berantakan.

Karena itulah kita mesti menyiapkan segalanya agar sukses lahir-batin. Mari kita lihat ke diri masing-masing. Jangan harap kamu bisa sukses kalau masih mempertahankan hal-hal ini.

1. Berpikiran sempit

Jadilah orang yang open mind agar bisa terus mengasah kemampuan diri. Dengan membuka diri ke hal-hal baru, kita jadi bisa menemukan dan belajar hal baru. Pengetahuan ini bisa diolah sebagai bekal kita untuk mengejar kesuksesan. Entah itu saran, kritik, dan bahkan umpatan orang.

jadi orang sukses
Belajar dari siapa saja, termasuk anak kecil ya (Berbincang / Hipwee)

Namun tentu saja kita mesti selektif dan bukan menelan mentah-mentah semuanya. Yang positif kita olah, yang negatif dibuang ke tempat sampah.

Yang penting, kita terbuka menerima segala sesuatu menyangkut usaha atau karier kita. Kalau berpikiran sempit, yang ada di pikiran ya itu-itu saja. Bisa-bisa kita kalah bersaing melawan mereka yang lebih terbuka.

2.Pasif

Orang pasif cenderung menunggu. Mana bisa menunggu kesuksesan? Kita mesti aktif untuk meraihnya. Mulailah dengan sering menunjukkan inisiatif.

Baik sebagai pengusaha maupun pegawai, inisiatif itu penting banget loh. Tanpa inisiatif, aktivitas bakal monoton dan ketinggalan zaman. Termasuk di dalamnya punya keberanian. Kita mesti berani berinisiatif. Orang yang malu-malu kucing jangan harap bisa menikmati kesuksesan.

3.Gampang menyerah

Pantang menyerah adalah salah satu kunci seorang pengusaha yang sukses. Meski dihadang apa pun, berusaha mencari solusi dari masalah tersebut. Bukan malah menyerah lalu kabur dari masalah.

Seberat apapun, masalah itu harus dihadapi. Jika gagal, kita malah bisa belajar dari sana. Dengan begitu, kita bisa mencegah jatuh di kesalahan yang sama dalam proses berikutnya.

jadi orang sukses
Semangat sampai ke puncak masbro, jangan menyerah! (Panjat Tebing / Ragamseni)

4.Terburu nafsu

Orang yang mengejar kesuksesan, harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jika tenggelam dalam nafsu menginginkan sesuatu, orang bisa jadi gelap mata. Termasuk yang melanggar norma dan bahkan ketentuan hukum.

Hal ini malah bisa menjadi blunder dalam upaya mencapai kesuksesan. Target harus dipasang sebagai kebutuhan, bukan keinginan. Pandai-pandailah mengatur ambisi biar tetap terkendali.

5.Berpikir negatif

Pikiran yang negatif biasanya berujung ke perbuatan yang negatif pula. Meski pesaing terlihat melakukan kecurangan, jangan sampai terbawa arus dan ikut melakukan hal yang sama.

Apa yang kita pikirkan itu belum tentu benar. Siapa tahu itu hanya pikiran negatif kita saja. Terlebih jika sampai ikut melakukan kecurangan juga. Dalihnya, yang lain juga curang kok. Hal buruk kok diikuti. Anak SD saja disuruh menghindari yang buruk-buruk.

jadi orang sukses
Pusing kan, makanya jangan negative thinking terus masbro! (Karyawan / Inspirecast)

So, kalau mau sukses harus menyiapkan mental dulu ya. Semoga ke-lima hal di atas gak ada pada diri kita. Selamat berjuang untuk meraih kesuksesan sejati ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Cari Cara Jadi Sukses yang Penting Gak Pelihara 6 Mental Negatif Ini]

[Baca: Realistis Sama Dunia Kerja Biar Hidup Sukses]

[Baca: Jangan Iri dengan Kesuksesan Orang Lain Kamu Juga Bisa Sukses dengan 10 Cara Ini]

 

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com