Jangan Iri Dengan Kesuksesan Orang Lain, Kamu Juga Bisa Sukses Kok dengan 10 Cara Ini

by Tifanny 9.677 views0

Iri Dengan Kesuksesan Orang Lain (1)

Merasa iri saat melihat teman kamu memperoleh peningkatan karir atau kesuksesan adalah hal yang wajar sih. Awas ya, jangan lebay lalu jadi baper yang bikin kamu frustasi dan merasa down karena belum bisa meraih hal yang sama.

Coba deh pelajari dulu, apa saja sih yang bikin teman-teman kamu itu bisa lebih sukses dalam karir dan usaha jika dibandingkan kamu?

1. Rajin

Apa iya kalau malas-malasan, leha-leha di tepi pantai lalu kesuksesan bisa turun dari langit ke pangkuan gitu? Emangnya kisah dongeng seribu satu malam bisa request apa saja langsung terkabul.

Berharap bisa menyelesaikan tanggungjawab tanpa usaha dan kerja keras itu sama saja dengan tong kosong nyaring bunyinya.

Gak ada sukses tanpa usaha dan kerja keras. Orang yang rajin memiliki peluang sukses lebih besar dong karena mereka akan selalu melakukan daya upaya untuk bisa mencapai tujuan hidupnya.

Iri Dengan Kesuksesan Orang Lain 1
Malah jadi gak enak hati kan kalau nyimpen rasa iri. (jealous)

2. Ulet/Gigih

No pain no gain, pantang menyerah, gak gampang putus asa, terus mencoba segala daya upaya yang dibisa sampai titik darah penghabisan. Apapun yang terjadi mereka tetap gigih dan ulet berusaha sampai berhasil.

Orang yang ulet atau gigih gak gentar saat menghadapi kendala atau kegagalan. Mereka akan bangkit dan mencoba lagi. Gak ada yang tahu kapan sukses itu datang.

Terkadang orang sulit mencapai sukses karena cepat menyerah di tengah jalan, padahal sebenarnya kesuksesan sudah berada sejengkal saja di depannya.

3. Gak Takut Sama Kegagalan

Kegagalan tuh udah jadi bagian dari proses sebuah kesuksesan. Bukan kayak dementor yang harus ditakuti kok. Justru harus dihadapi supaya dari situ bisa belajar di kemudian hari agar gak mengulangi kesalahan yang sama.

Banyak dari kita saat berhadapan dengan kegagalan lalu trauma dan memutuskan untuk berhenti. Bahkan gak sedikit yang belum mulai berjuang sudah dibayang-bayangi oleh kegagalan dan urung berjuang. Gagal bukan akhir segalanya,

4. Positive Thinking

Melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, yaitu lebih ke hal-hal positif.  Semisal gak berhasil dapat proyek besar, berpikirnya ya memang belum mampu untuk menghandle. Atau bisa jadi akan ada kesempatan lain yang sama baiknya bahkan mungkin lebih baik. Masih harus belajar banyak.

Begitu pula halnya dengan pekerjaan atau karir. Belum dipercaya untuk menempati posisi yang lebih tinggi dari yang sekarang ya mungkin memang belum cukup kompeten. Jadikan ini sebagai cambuk utuk belajar lebih banyak dan baik lagi.

Jangan sedikit-sedikit negative thinking atau malah baper ya. Mikirnya atasan sentimen atau ada yang main belakang. Selama kamu gak punya bukti yang jelas lebih baik berpikir lebih bijak.

Iri Dengan Kesuksesan Orang Lain 2
Kalau ini superhero pada iri-irian, tentu bikin berabe. (superhero)

5. Gak Gampang Marah

Punya kemampuan mengendalikan emosi, kalau lagi sedih gak terlalu sedih, marah bisa meredam, senang juga yang wajar-wajar aja. Alias gak kelewat sensitif.

Sudah banyak tuh contoh betapa mengumbar emosi malah bisa membuat kamu berada di situasi yang merugikan. Atasan atau manajemen pasti akan diam-diam memberi penilaian minus kalau kamu sering bikin masalah di tempat kerja gara-gara emosi yang gak terbendung itu.

Hati boleh panas tapi kepala harus tetap dingin ya.

6. Berani

Punya sikap berani di sini termasuk mencoba hal-hal baru, tantangan baru, gak mau kalah sebelum berperang, gak takut membuat kesalahan. Saat diberi kesempatan atau ada peluang akan mengambil dan berusaha melakukan yang terbaik.

Termasuk berani bertanya, gak malu dengan anggapan orang yang mudah menilai seseorang itu bodoh kalau bertanya. Gak takut mengungkapkan ide-ide. Atau mengkritisi sesuatu yang terlihat salah dan harus dibenarkan.

7. Percaya Diri

Memiliki rasa percaya diri, percaya pada kemampuan diri sendiri pastinya jadi salah satu syarat buat jadi sukses. Mana bisa punya network luas kalau mau kenalan sama orang saja gak pede. Malu-malu kayak bunga putri malu.

Jangan harap kalau gak percaya sama kemampuan diri sendiri bisa berkompetisi dengan para pesaing. Zaman serba kompetitif loh. Emangnya mau terlibas dan kalah hanya karena merasa gak sebaik yang lain?

8. Mengembangkan Potensi Diri

Selalu merasa gak cepat puas dan mau meningkatkan kemampuan diri. Menambah wawasan dan keahlian terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang menjadi passion.

Kembali lagi ke era persaingan yang selalu dinamis. Kalau kita merasa cukup dengan apa yang sekarang dipunya sementara yang lain sibuk belajar mengaktualisasikan diri gimana mau menang?

Selama masih mampu, sehat dan ada kesempatan, coba deh mengembangkan potensi diri. Gk rugi kok, malah bakal banyak benefitnya.

Iri Dengan Kesuksesan Orang Lain 3

9. Inisiatif

Orang yang sukses itu pastinya gak hanya menunggu instruksi baru menjalankan, melainkan selalu penuh dengan inisiatif dan kreatif. Mereka akan terus berpikir apa yang bisa mereka lakukan untuk bisa selangkah lebih maju dari yang lain.

Rezeki saja harus dijemput, bukan ditunggu lalu akan datang sendiri.

10. Open Mind

Memiliki sikap terbuka terhadap kritikan, saran dan semua input. Tapi tetap saja harus bisa dengan bijaksana memilah mana yang memang bisa dijadikan masukan yang bermanfaat dan mana yang gak. Karena kalau terlalu mendengarkan semua ujung-ujungnya bakal jadi pusing dan bingung.

Jangan cuma bisa iri tanpa mengetahui kerja keras di balik kesuksesan teman-teman atau orang-orang yang kamu kenal deh. Ambil hal-hal positif yang ada pada diri mereka yang belum ada di kamu. Pelajari dan terapkan dong dalam keseharian kamu.

Pengin sukses juga kan? Kalau mereka bisa, kamu juga pasti bisa selama mau berusaha!

 

Yang terkait artikel ini:

Ini Alasan Kenapa Multitasking Tidak Efisien dan Kurang Produktif

8 Alasan Ini Membenarkan Kenapa Kita Susah Menemukan Karier yang Tepat

Ketika Teman Jadi Atasan, Jangan Jadi Gak Profesional Dong!

Tags: , ,

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com