Jangan Jadi Orang yang Menyebalkan dengan Lakuin Hal-Hal Ini Di Tempat Umum

by Tifanny 239 views0

orang yang menyebalkan

“Aduh apaan nih?” omel Rini saat sedang melangkah santai di trotoar menuju kantornya.

Ternyata alas kaki Rini menginjak bekas permen karet yang dibuang sembarangan. Rini pun bergidik kesal dan jijik karena bekas permen karet tersebut menempel di bawah sandalnya.

“Duuuh, jorok banget sih buang bekas permen karet sembarangan gini!”

Apa yang dialami Rini mungkin hanya salah satu contoh kecil ketidakpedulian yang dilakukan di tempat umum. Padahal yang namanya tempat umum itu kan digunakan bersama-sama, jadi ada hal-hal yang harus diperhatikan agar gak mengganggu kenyamanan orang lain.

Gak mau dong jadi orang yang menyebalkan di mata orang lain saat sedang berada di tempat umum? Kalau begitu simak dulu nih delapan hal yang sebaiknya dihindari saat kita sedang berada sarana publik.

1. Menyalakan notifikasi gadget di dalam bioskop

Sering nonton film di bioskop dong? Tahu kan sesaat sebelum film ditayangkan, pasti ada pemberitahuan peraturan selama berada di dalam teater. Salah satunya adalah mematikan dering handphone.

orang yang menyebalkan
Tonton filmnya, gak usah main HP pas di Bioskop (main HP/Jagat Review)

Bukan tanpa alasan, aturan ini dibuat agar selama film berlangsung, semua penonton bisa benar-benar menikmati. Emangnya enak kalau lagi asyik nonton sesekali diganggu dengan suara berisik dering telepon? Pasti jadi buyar deh fokus kita.

2. Berlama-lama menggunakan toilet umum

Setiap manusia punya yang namanya “panggilan alam” alias harus buang air kecil atau besar sewaktu-waktu. Nah, bagaimana kalau “panggilan alam” itu datang saat sedang berada di tempat umum?

Etikanya sih kita bisa menggunakan toilet umum tanpa harus terburu-buru kalau sedang gak banyak yang mengantre. Tapi kalau antrean sudah mengular, sebaiknya tahu diri dan jangan berlama-lama di dalam toilet.

Gunakan seperlunya saja. Pikirkan orang lain yang belum mendapat giliran di luar, jangan egois. Satu lagi nih, jagalah kebersihan toilet umum setelah digunakan.

3. Meletakkan tas atau barang bawaan di bangku kendaraan umum

Satu kebiasaan menyebalkan lainnya saat sedang di tempat umum adalah meletakkan tas atau barang bawaan di atas kursi kendaraan umum. Mungkin gak jadi masalah kalau banyak kursi kosong ya, tapi kalau lagi jam sibuk dan banyak penumpang mau duduk?

Selama bawaan masih bisa dipangku, sebaiknya jangan menggunakan kursi kosong buat meletakkannya. Selain mengambil hak penumpang lain karena jadi makan tempat, gak aman juga karena bisa jadi ada tangan-tangan jahil.

4. Memarkir kendaraan seenaknya

Bawa kendaraan pribadi, baik motor atau mobil ke tempat umum juga harus pakai etika. Yang mau parkir kan bukan hanya kita, jadi usahakan deh posisi parkir jangan seenaknya. Kalau memang harus lurus dalam garis, ya ikuti aturannya.

orang yang menyebalkan
Parkir ditrotoar jelas nyusahin pejalan kaki (parkir sembarangan/photobuckets-adhanto)

Bayangkan kalau yang parkir dengan gaya suka-suka itu setengah dari jumlah orang yang datang ke tempat tersebut. Apa gak jadi berantakan dan makan tempat? Gak cuma itu, pasti akhirnya juga nyusahin petugas parkir deh.

5. Ngobrol di telepon

Bukannya gak boleh telfonan saat di tempat umum, tapi kalau bisa jangan dilakukan dengan volume yang terlalu keras. Ini bisa mengganggu kenyamanan orang di sekeliling kita lho.

Emang sih orang lain bisa tutup kuping pakai earphone dan dengerin musik dari hape masing-masing. Tapi, bukan berarti perilaku mengganggu kayak gitu pelihara ya. Berkomunikasilah dengan baik dan santun saat banyak orang di sekitar.

6. Menyerobot antrean

Salah satu kebiasaan jelek warga negara tercinta ini adalah susah banget kalau disuruh antre. Entah kenapa semua orang di sini maunya selalu duluan dan hobi nyerobot.

Padahal semua punya giliran. Yang datang lebih dulu ya wajar dong ada di barisan depan, yang datang terakhir atau belakangan harus legowo. Menyerobot antrean itu perbuatan yang gak baik dan juga memalukan lho! Coba kalau antrean kita yang diserobot orang lain, pasti kesal kan?

7. Membiarkan anak-anak berlarian di tempat umum  

Nah, kalau yang satu ini berlaku buat keluarga muda dan anak-anaknya. Mengajak keluarga makan di restoran atau belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket memang bisa jadi salah satu quality time. Tapi jangan membiarkan anak-anak kita berlarian dan menganggap tempat-tempat tersebut sebagai arena bermain.

Selain berbahaya bagi keselamatan anak-anak kita karena mereka bisa terluka, pengunjung lain juga bisa terganggu. Ingat ya, kita dan semua pengunjung punya hak yang sama. Anak-anak memang aktif, tapi sebaiknya untuk tempat-tempat tertentu yang gak ramah anak, orangtua bisa lebih mengawasi.

8. Membuang sampah sembarangan

“Kebersihan sebagian dari iman”. Tahu dong sama slogan yang satu ini. Menjaga kebersihan saat sedang berada di tempat umum adalah kewajiban semua pengunjung, bukan cuma petugas kebersihan.

orang yang menyebalkan
Buang sampah sembarangan bisa merusak lingkungan (buang sampah sembarangan/fokusutama)

Ya memang benar ada yang bertugas membersihkan, tapi bukan lantas kita jadi gak peduli dan sembarangan buang sampah. Apa susahnya sih cari tempat sampah lalu buang bungkus bekas makanan di tempatnya? Kalau lingkungan bersih, toh kita juga jadi nyaman.

Mulai sekarang, coba lebih disiplin lagi soal buang sampah ini. Malu kan kalau sekolah udah tinggi, tapi buang sampah aja masih sembarangan.

Namanya saja tempat umum, yang menggunakan dan menikmati bukan hanya kita. Berada di rumah dan tempat umum pasti berbeda, kalau di rumah bebas, di tempat umum ya musti ada remnya dong.

Intinya, selama kita berada di tempat umum atau menggunakan fasilitas umum, ciptakan kondisi yang nyaman dan kondusif buat semua. Toleransi dan lebih peduli lagi ya sama lingkungan sekitar!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kebiasaan ‘Mahal’ Ini Ternyata Menghambat Kemajuan Keuangan Kamu, Gak Percaya?]

[Baca: Hari Gini Gak Memiliki Sikap Kompetitif Bisa Kegilas Loh]

[Baca:Ini Nih 6 Hal yang Bukan Gak Mungkin Bikin Karir Kamu Hancur]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com