Jangan Sembarangan Beli, 4 Tips Membeli Furniture Rumah Ini Wajib Diperhatikan

by DuitPintar 4.456 views0

tips membeli furniture rumah

Beli furnitur itu bukan soal mengikuti gaya terkini. Yang jauh lebih penting adalah kesesuaiannya dengan kondisi rumah.

 

Ruang tamu ukurannya hanya 3 x 3 meter, misalnya. Tapi beli meja panjangnya 2 meter. Kursinya mau ditaruh di mana?

 

Tapi kondisi rumah di sini bukan hanya soal ukuran ruangannya. Keuangan yang punya rumah juga termasuk di dalamnya.

 

Gak lucu dong, beli furnitur dengan cara kredit tapi ujungnya utang membelit. Niat mempercantik rumah malah bisa-bisa berujung masalah.

 

Jadi, beli furnitur gak bisa dilakukan secara asal. Asal murah, asal pas di ruangan, asal diskon, dan seterusnya. Itu bukan jaminan.

 

Buat kamu yang berencana merenovasi ruangan dalam waktu dekat, mungkin 4 tips membeli furniture rumah ini bisa dipertimbangkan:

 

1. Barang bagus tapi murah

Semua orang pastinya pengin dapat barang yang bagus, tapi murah. Masalahnya, susah dapat barang seperti itu, termasuk furnitur.

 

Yang lebih memungkinkan adalah barang yang kualitasnya sesuai dengan kantong dan kebutuhan. Kalau soal furnitur, yang penting pastinya bahannya harus berkualitas.

 

Ada dua jenis bahan yang umum, yakni kayu solid dan Medium Density Fibreboard (MDF). Kayu solid mahal tentu saja. Tapi kualitasnya lebih terjamin, apalagi kayu jati.

 

tips membeli furniture rumah

Kayu solid memang mahal, tapi coba gunakan limbah kayu untuk mengkreasikan furniture

 

 

Sedangkan MDF murah, tapi kualitasnya gak murahan. Bahkan produk MDF lebih bisa diutak-atik. Sebab, biasanya furnitur berbahan MDF bisa dicopot-pasang.

 

Jadi, misalnya di rumah lagi ada acara khitanan anak, meja-kursi bisa dipindah dengan gampang. Kalau furnitur kayu, harus digotong-gotong.

 

[Baca: 5 Tips Menghemat Biaya Khitanan Anak]

 

2. Sesuai bujet

Ini poin yang mahapenting. Bujet menentukan apakah kita bisa membeli furnitur yang diinginkan. Sebab, bisa saja furnitur yang bagus gak terbeli karena kepentok dana.

 

Jadi, mesti dilihat dulu isi dompet. Hitung-hitung semua kebutuhan. Utamakan kebutuhan pokok dulu, seperti bayar tagihan dan beli beras.

 

Membeli furnitur second pun bisa jadi pilihan. Tapi sebisa mungkin perhatikan detail barang bekas itu. Jangan sampai dapat zonk.

 

3. Datang langsung

Memang, jual-beli online lagi ngetren sekarang. Tapi ada barang yang sebaiknya gak dibeli secara online, termasuk furnitur.

 

Kalau datang langsung ke tokonya, kita bisa lihat-lihat dengan puas. Bisa tanya-tanya juga. Siapa tahu bisa dapat diskon setelah rayu sana-sini.

 

[Baca: 5 Barang yang Sebaiknya Tidak Dibeli Secara Online]

 

4. Yakin beli?

Ini adalah poin yang bisa menggagalkan rencana beli furnitur. Hahaha. Kalau bisa bikin sendiri dengan harga lebih murah, ngapain beli? Iya, kan?

 

tips membeli furniture rumah

Gak selalu harus beli di toko kok. Memesan ke tukang mebel juga bisa

 

 

Dengan bikin sendiri, kita juga bebas mengkreasikan furnitur itu. Tapi kemampuan orang tentunya beda-beda. Ada yang punya talenta di bidang bikin-membikin mebel, ada yang gak.

 

Tapi bukan berarti yang gak punya kemampuan otomatis harus beli. Bisa juga memesan furnitur ke tukang atau toko tertentu yang memang menyediakan fasilitas itu.

 

Jadi, harganya bisa disesuaikan dengan bujet. Selain itu, kita tetap bisa mendapat furnitur sesuai dengan keinginan.

 

Jika memang berniat pakai tukang, sebaiknya undang orang itu ke rumah untuk melihat ruangan yang akan diisi furnitur tersebut. Mintalah masukan sebaiknya ukurannya berapa dan bahannya apa.

 

Meski demikian, kendali tetap di tangan kita. Jangan hanya angguk-angguk saat diberi saran. Kita bisa cari second opinion alias saran dari tukang lain agar mendapat solusi yang paling pas dengan kondisi pribadi.

 

Dalam soal pengeluaran, kita wajib teliti betul walau hanya Rp 100-200 ribu. Sebab, dari pembatasan bujet itu kita bisa mendapat sisa dana yang dapat dipakai untuk hal lain.

 

Misalnya berinvestasi. Dengan investasi, dana itu bahkan bisa beranak-pinak. Tapi tentu harus dengan kecermatan juga saat berinvestasi, ya.

 

[Baca: Kenapa Sih Musti Nunda Investasi Kalau Bisa dari Sekarang? Nih Manfaat Investasi Sejak Muda]

 

 

 

Image credit:

  • http://minimalisrumahdesain.com/wp-content/uploads/2015/01/10-furniture-rumah-couple.jpg
  • http://indonesia.indofur.com/furniture/produksi/ig/kursi-minimalis-raw.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com