Jangan Sembarangan Berinvestasi. Pilih yang Memiliki 3 Ciri Ini

by Tifanny 1.271 views0

Jangan Sembarangan Berinvestas

BRILIO LOGO (1)

Hari gini belum investasi? Duh, ketinggalan zaman nih!

Investasi itu penting lho buat mencapai kebebasan finansial alias financial freedom. Gimana gak? Dengan investasi, uangmu bisa bertambah dengan sendirinya. Pasti pengin dong.

Tapi jangan sembarangan memilih produk investasi juga, karena gak semuanya aman dan menguntungkan. Kalau salah pilih, bisa jadi uang kamu bukannya bertambah, tapi malah berkurang terus.

Nah, gimana sih caranya memilih produk investasi yang aman? Abdul Qoyum, Dosen Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengungkapkan ada tiga ciri yang bisa kamu lihat untuk menentukan produk investasi itu aman atau tidak.

Simak dulu yuk ulasannya seperti dikutip dari brilio.net berikut ini:

1. Menawarkan imbal hasil (return) yang rasional

jangan sembarangan berinvestasi
Mau yang pasti-pasti aja dong ya, apalagi soal uang! (Perempuan Berkalkulasi / investopedia)

Tidak ada investasi yang tanpa risiko. Namun dalam investasi, risiko besar atau kecil juga akan sebanding dengan return yang diterima. Jangan terkecoh dengan investasi yang menawarkan return berkali lipat hanya dalam waktu yang singkat. Sebaiknya, pertimbangkan dulu risiko dan return pada setiap jenis investasi yang akan kamu pilih.

2. Manajemen investasi memiliki reputasi baik

jangan sembarangan berinvestasi
Harus punya kredibiltas dan kompetensi pastinya (good invest management / bostonglobe)

Kenali baik-baik siapa yang menjadi manajer investasi apabila kamu berinvestasi dalam produk reksa dana. Kamu juga harus rajin melakukan komunikasi dengan si manajer investasi agar terus update dengan portofolio investasimu.

3. Penerbit memiliki rating yang baik

jangan sembarangan berinvestasi
Yeay, siapa mau jadi juara/ (Pegang Piala / baudville)

Kalau kamu berinvestasi di surat utang atau obligasi korporasi, jangan malas cari tahu info selengkap-lengkapnya soal profil penerbit yang mengeluarkan produk tersebut. Ini harus dicek sedetail mungkin. Jangan sungkan bertanya kepada pihak manajemen sampai kita puas .

Kamu bisa cek melalui situs Pefindo untuk mengetahui rating atau peringkat dari penerbit. Sebaiknya memilih penerbit dengan rating minimal BBB (triple B).
Sekarang sudah tahu kan gimana caranya memilih produk investasi yang aman? Jadi tunggu apa lagi? Segeralah berinvestasi sejak dini demi kondisi finansial yang lebih baik di masa depan!

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com