Kalau Emang Harus Beli Baju Lebaran, Gini Tipsnya Biar Tetap Hemat

by akbar 674 views0

beli baju lebaran

Apa sih tradisi yang umum dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Idul Fitri? Selain beli ketupat atau bikin opor ayam, masih banyak orang yang beli baju baru khusus untuk lebaran. Atau bahkan beli celana hingga sepatu baru.

Nah, ketika duit THR turun, pasti makin tergoda kan buat belanja. Sekali diajak ke department store bisa-bisa jadi khilaf.

Kalau dipikir-pikir, apa ya penting beli baju baru untuk lebaran? Sebenarnya ya gak penting banget sih, kamu juga pastinya masih menyimpan baju lama yang masih layak pakai.

Tapi, pasti ada situasi tertentu di mana kamu memang harus beli baju. Misalnya, kamu mau berbagi kebahagiaan di hari kemenangan Idul Fitri dengan memberikan baju baru ke orang-orang tercinta.

Jika alasannya seperti itu, sah-sah saja beli baju baru. Tapi ingat lho, harus sesuai bujet dan gak boleh sampai ludes duit THR-nya. Biar gak ludes nih, ketahui dulu cara belanja baju baru untuk lebaran di bawah ini.

1. Jika belanja di mal selalu cek diskon

Barang diskon yang ada di departement store itu belum tentu barang yang gak laris serta jelek. Pakaian yang diskon juga banyak yang keren-keren kok. Apalagi menjelang lebaran, pasti diskonnya makin banyak.

beli baju lebaran
Lihat-lihat dulu yang diskon barangkali ada yang cocok (belanja/Tribun)

Namun diskon juga bisa menggoda imanmu terutama diskon dengan nominal pembelanjaan. Misalnya, belanja baju Rp 100 ribu dapat potongan Rp 50 ribu jika beli baju lain, dan potongannya hanya berlaku hari itu juga. Alhasil kalap belanja dan pas sampai di kasir kaget lihat harganya.

Ada baiknya untuk membuat catatan belanja sebelum kamu berangkat ke mall. Jadi, apa yang kamu belanjakan memang sesuai dengan kebutuhan.

2. Belanja online saja

Daripada tergoda borong pakaian baru di mal, mending beli online saja deh. Dengan beli online, kamu bakal lebih fokus untuk mencari apa yang benar-benar dibutuhkan.

Kalau bingung belanja di online store mana, pilih saja yang sudah terkenal seperti Mataharimall.com, Zalora, atau Lazada. Barang-barangnya lengkap, dan pastinya bisa dapat tambahan diskon juga lho.

beli baju lebaran
Beli online kadang bisa lebih hemat lho (belanja online/Telegraph)

Khusus kalau belanja di Mataharimall.com kamu bisa hemat Rp 150 ribu dengan minimum transaksi Rp 1,5 juta. Tapi ini hanya berlaku di hari Senin ya. Tentunya harus pakai kartu kredit transaksinya.

Sedangkan kalau Zalora dan Lazada diskon tambahannya 15 persen. Dan pastinya, kamu juga harus pakai kartu kredit untuk bisa menikmati promo yang ini.

3. Memanfaatkan voucher atau kupon belanja

Biasanya nih, voucher seringkali diberikan sama kantor tempat kita bekerja saat terima THR. Tapi kalau memang kamu gak dapat, bisa beli di situs-situs e-commerce.

Harga voucher itu sendiri sih gak jauh beda dengan nilainya tapi pastinya lebih murah. Misalkan untuk voucher senilai Rp 100 ribu harganya cuma Rp 85 ribu. Kadang harganya juga bisa murah kalau kita beli dalam jumlah banyak.

Pilih saja voucher MAP karena jumlah outlet merchant-nya banyak di mal-mal. Selain itu, kalau memang kamu gak sempat belanja, vouchernya masih bisa diberikan ke rekan-rekan sebagai tambahan duit THR.

beli baju lebaran
Walaupun bisa dapat potongan harga bukan berarti harus borong ya (belanja/vouchercodes)

Selain voucher, kamu juga bisa kok manfaatkan kupon belanja online. Informasi kupon-kupon itu bisa kamu cari di situs-situs seperti iprice.com, picodi.com, dan lainnya.

Jadi, meskipun beli baju baru sudah jadi tradisi buat banyak orang menjelang lebaran, kamu gak perlulah ikut-ikutan beli jika gak penting-penting amat. Lebaran itu yang penting kan “hati” yang baru dan suci kan? Bukan hanya sebatas baju baru.

Meski demikian, beli baju baru juga gak salah asal niatnya untuk membelikan sanak saudara tercinta. Atau mungkin kalau memang baju muslim milikmu sudah gak layak pakai alias kekecilan.

Pokoknya, buat yang mau beli baju baru menjelang lebaran, selalu ingat tiga tips di atas ya.   

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Tips Belanja Hemat dan Puas di PRJ Jakarta Fair 2017]

[Baca: Ini 5 Tempat Belanja Batik yang Patut Dikunjungi di Jakarta]

[Baca: Belanja Pakaian Kerja Gak Harus Mahal. Ini 6 Caranya Supaya Tetap Hemat]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com