Kalau Gak Mau Bokek Terus, Lakukan 8 Cara Mengelola Keuangan Saat Memasuki Usia 30 Ini

by akbar 2.503 views0

untuk jam 6

Finansialku

Mengatur keuangan tentu bukan hal baru dong. Kamu pun harusnya sudah mahir melakukan hal yang satu ini ketika pertama kali punya penghasilan. Atau bahkan beberapa di antara kamu sudah bisa melakukannya saat duduk di bangku sekolah? Hebat!

Meski kedengarannya sederhana, gak sedikit orang yang gak bisa mengatur keuangan lho. Kok bisa? Karena mereka gak terbiasa dengan hal ini. Dan kalau gak dibiasain, ini bisa terus berlanjut sampai umur 30. Mau?

Padahal, usia 30 tahun adalah usia penting, karena usia itu merupakan tengah-tengah dari rata-rata harapan hidup manusia. Ada yang sudah settle di usia 30 tahunan, ada juga yang belum atau bahkan masih sering bokek.

Supaya gak masuk ke dalam golongan yang masih bokek, berikut ini kita ulas delapan hal yang seharusnya kamu lakukan di usia 30 tahunan untuk ngatur keuangan. Yuk disimak!

1. Buat catatan arus kas

Di usia 30 tahun, tentu sudah banyak hal yang harus kamu siapkan. Bila sudah berkeluarga, mungkin harus memikirkan pendidikan anak. Tapi buat yang belum, tentu terpikir untuk berumah tangga.

Oleh karena itu, kamu harus punya yang namanya catatan arus kas. Apa gunanya? Catatan ini bertujuan untuk mengatur pemasukan dan pengeluaranmu dengan baik. Dengan begitu, kamu pun bisa memprioritaskan pengeluaran untuk hal yang lebih penting.

2. Bebas dari utang

Bebaasssss!! (bebas/ wordpress)
Bebaasssss!! (bebas/ wordpress)

Hidup tanpa utang adalah dambaan semua orang. Bila masih sering pakai kartu kredit, manfaatkan saja dengan baik. Jangan dibiasakan bayar tagihan dengan minimum payment terus.

Dengan terbebasnya kamu dari utang, hidupmu di usia 40 tahunan akan lebih tenang. Perencanaan keuangan pun bisa lebih stabil.

3. Punya dana darurat

Kamu harus punya dana darurat minimal sebesar enam bulan gaji. Atau kalau bisa malah 12 kali gaji.

Seiring bertambahnya usia, tentu ada inflasi dong. Maka pengeluaranmu pun bakal bertambah. Oleh karena itu, jangan sampai cuek sama hal ini ketika usia sudah memasuki kepala 3.

Selain inflasi, potensi kamu terkena PHK juga besar. Ingat lho, tahun 2016 saja sudah banyak perusahaan yang gulung tikar. Apa kabar di tahun-tahun selanjutnya?

4. Tinjau ulang asuransimu

Hmmm, gimana gimana gimana... (mikir/ rencalago)
Hmmm, gimana gimana gimana… (mikir/ rencalago)

Di usia 30 tahunan, kamu bisa mulai meninjau perlindungan yang diberikan asuransimu. Lakukan bedah polis, atau review seputar uang perlindungan yang kamu dapat dari asuransi itu. Apakah manfaatnya sesuai dengan nilai premi yang sudah kamu keluarkan.

5. Nabung untuk hari tua

Foya-foya di usia 30 tahunan gak salah, asalkan ada aturannya dan gak lupa nabung untuk hari tua. Kamu harus ingat, ada masa di mana kamu gak akan kerja lagi karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Makanya, penting buatmu untuk menghitung berapa besar kebutuhanmu di hari tua nanti dan berapa rupiah yang harus kamu tabung saat ini.

6. Memprioritaskan investasi

Nabung saja gak akan cukup, karena nilai uangmu juga akan berkurang seiring dengan adanya inflasi. Untuk mengatasi hal ini, mulai prioritaskan diri untuk berinvestasi.

Semakin tinggi return investasi, pasti makin gede juga risikonya (risiko/ koinworks)
Semakin tinggi return investasi, pasti makin gede juga risikonya (risiko/ koinworks)

Tapi ingat, jangan mudah tergiur sama keuntungannya lho. Keuntungan besar, risiko juga besar. Carilah produk investasi yang sesuai buatmu dari sisi risiko dan keuntungannya. Jangan malas cari informasi ya.

7. Tuliskan tujuan keuanganmu

Sudah kepala tiga sudah harus tahu tujuan keuangannya mau ke mana. Tentu saja kamu butuh dana untuk pendidikan anak, beli rumah, dan lainnya. Dengan menuliskan tujuan-tujuan ini, kamu bisa fokus dalam melakukan perencanaan keuangan lho.

8. Diversifikasi investasi

Saat kamu sudah punya dana darurat, aset, investasi, dan lainnya, maka ini saat yang tepat untuk mendiversifikasi portofolio investasimu. Mulailah untuk bermain di instrumen investasi lain. Semakin banyak investasimu, tentu semakin besar juga dana yang kamu dapat.

Bila kamu sama sekali belum melakukan satu di antara delapan hal ini, lakukanlah sekarang sebelum terlambat. Mulailah untuk lebih serius dalam memperhatikan masa depan saat udah memasuki umur 30.

Ketahuilah, akan ada banyak masalah keuangan baru yang bisa saja muncul di masa depan. Kalau kamu sendiri gak siap, bagaimana mau menghadapinya?
Yang terkait artikel ini:

[Baca: Buat yang Masih Umur 20-an, Lakukan 15 Hal Ini Kalau Mau Hidup Enak di Usia 30]

[Baca: Sudah Masuk Usia Kepala 3 Loh, Idealnya Sudah Punya 6 Kualitas Berkarir Ini]

[Baca: Kalau Sudah Menginjak Usia Kepala 3, Mestinya Sudah Memiliki 8 Hal Ini]

 

Masih banyak lagi dari duitpintar.com