Kalau Udah Berkeluarga, Cari Kartu Kredit yang Kayak Gini Nih

by Hardian 1.311 views0

Kalau Udah Berkeluarga

Kebutuhan tiap orang jelas berbeda-beda. Gaya hidup mereka yang masih lajang pastinya gak sama dengan mereka yang udah berkeluarga.

Untuk itu, tentunya perlu menyesuaikan rencana keuangan dengan status kita. Ini dalam urusan memilih kartu kredit. Kalau udah berkeluarga, sebaiknya pilih kartu kredit yang punya beberapa keunggulan ini:

1. Belanja supermarket

Kebutuhan untuk belanja tambah besar. Mungkin bisa lebih dari dua kali lipat pos pengeluaran sebelumnya.

kalau udah berkeluarga
Belanja di supermarket pakai kartu kredit bisa dapat diskon lho (belanja/Eat This)

Strateginya, pakai kartu kredit buat belanja di supermarket yang punya program kerja sama dengan bank tertentu. Misalnya kartu kredit Bank Mega buat belanja di Carrefour atau TransMart.

Bisa juga pakai kartu kredit dengan fokus pada program rewards. Misalnya Citi Cashback, yang memberikan banyak poin untuk setiap pembelanjaan dengan kartu kredit itu.

2. Bisa bayar tagihan rutin bulanan

Kesibukan saat udah berkeluarga bisa membuat orang lupa. Salah satunya tagihan rutin bulanan seperti listrik, air, atau telepon.

Untuk menghindari kemungkinan lupa bayar dan akhirnya kena denda, pakai kartu kredit yang bisa dipakai buat bayar otomatis tagihan bulanan. Caranya adalah mendaftarkan kartu kredit itu untuk pembayaran rutin.

Nantinya, tiap bulan saldo otomatis terpotong untuk bayar tagihan. Gak bakal lupa bayar dan kena denda, tapi tetap harus dicek tagihan kartu kredit per bulan agar gak keliru nominalnya. Kartu kredit yang punya fitur seperti ini antara lain dari BCA, Bank Mega, dan Danamon.

3. Banyak kerja sama dengan merchant perabot

Perabot adalah salah satu perlengkapan wajib buat tiap keluarga, meski belum punya rumah sendiri. Harga perabot atau alat rumah tangga secara umum gak bisa dibilang murah. Terutama bila beli di toko seperti Ace Hardware atau Informa yang barang-barangnya memang dikenal berkualitas.

kalau udah berkeluarga
Jangan salah, perkakas seperti ini harganya mahal lho kalau belanjanya pakai cash (Ace Hardware/Oregon Live)

Tapi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan kartu kredit buat transaksi. Gak sembarang kartu kredit yang bisa dipakai, melainkan yang sering mengadakan promo bersama toko-toko perabot seperti itu. Kartu itu antara lain keluaran BCA, Citi, dan Bukopin.

Promo yang ditawarkan, antara lain diskon dan cicilan 0 persen. Pengeluaran bakal lebih ringan bila belanja perabot pakai kartu kredit itu.

4. Cicilan 0 persen

Fitur kartu kredit yang banyak diburu orang yang udah berkeluarga antara lain cicilan 0 persen. Penyebabnya adalah cash flow keluarga bisa lebih terjaga jika belanja dengan kartu kredit kayak gini.

Maksud cicilan 0 persen adalah kita bisa beli barang dengan cicilan tanpa bunga. Jelas beban akan lebih ringan daripada langsung keluar duit banyak sekaligus dalam sekali tagihan. Kartu kredit yang memiliki banyak fasilitas seperti itu, antara lain yang dirilis HSBC.

5. Syarat mudah

Fitur ini penting terutama buat perempuan yang sudah menjadi istri sekaligus ibu rumah tangga. Memang, mayoritas kartu kredit memerlukan data penghasilan sebagai syarat.

kalau sudah berkeluarga
Jangan salah ibu rumah tangga butuh kartu kredit lho (Ibu rumah tangga/TVguide)

Namun ada juga bank yang hanya mensyaratkan saldo tabungan mengendap. Jadi, kita cukup buka tabungan dan endapkan dana dengan nominal tertentu, lalu bisa mengurus kartu kredit di bank tersebut. Gak perlu penghasilan.

Kartu kredit perlu buat ibu rumah tangga jika menjadi “Menteri Keuangan” dalam keluarga. Strategi mengatur rencana keuangan bakal lebih mudah jika ada kartu kredit.

Saat ini makin gampang mendapatkan kartu kredit. Gak hanya di bank, aplikasi kartu kredit bisa diajukan lewat Internet atau online.

Kita tinggal membandingkan saja antara kartu satu dan lainnya guna mendapatkan yang paling pas dengan kebutuhan. Kalau udah berkeluarga, poin-poin fitur kartu kredit di atas bisa jadi acuan demi kehidupan finansial yang lebih baik.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Apa Pantas Suami Mengatur Keuangan Keluarga?]

[Baca: Gak Usah Bingung Milih Kartu Kredit Cicilan 0 Persen, Gini Caranya]

[Baca: Yuk, Irit Belanja Pakai 3 Kartu Kredit Terbaik Supermarket Ini]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com