Kalau Udah Paham Sama 4 Hal Ini, Pasti Udah Siap Berbisnis

by Tifanny 4.412 views0

Kalau Udah Paham Sama 4 Hal Ini, Pasti

Kalau ditanya, mungkin sebagian besar pekerja ingin punya usaha sendiri, ingin berdikari. Tapi kenyataan sering kali gak seindah angan-angan. Punya bisnis sendiri yang sukses itu bisa dibilang sangat berat lho.

Oleh karenanya, wajar kalau banyak hal yang perlu dipikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk memiliki bisnis sendiri. Dari A sampai Z harus jelas, supaya bisnis bisa berjalan lancar dan membuahkan profit.

Tapi jangan pusing dulu. Menurut Perencana Keuangan Finansialku Melvin Mumpuni, ternyata cukup dengan memahami 4 hal, maka kamu pun bisa menjadi pebisnis sukses.

1. Motivasi Bisnis

Saat bicara tentang bisnis, hal paling mendasar yang harus, kudu, dan wajib dipahami adalah motivasi membangun bisnis itu sendiri. Lihat deh, gak sedikit orang yang latah ikut-ikutan jadi entrepreneur karena melihat kesuksesan pebisnis lain.

udah siap berbisnis
motivasi itu penting banget lho (spongebob/reddit)

Pahami dulu kenapa kita ingin memulai bisnis sendiri. Bisa karena ingin menambah penghasilan, investasi masa depan, warisan buat anak-anak nanti, dan masih banyak lagi. Setelah tahu motivasinya, pelajari lagi deh. Apakah kamu udah di jalur yang benar, atau cuma asal nekat?

Dengan motivasi yang jelas, kamu bisa mengukur apakah bisnismu sudah berjalan sesuai dengan tujuan utama. Kamu pun jadi lebih fokus dan gak mudah banting setir walaupun bisnis mengalami masa sulit. Sebab, kamu sudah punya fondasi yang kuat dalam memulai bisnis.

2. Perencanaan Keuangan

Setelah memahami, menemukan, dan menentukan motivasi berbisnis, jangan abaikan juga yang namanya perencanaan keuangan. Saat sudah siap untuk memulai bisnis, kita wajib memisahkan antara uang pribadi dengan uang bisnis. Gak perlu yang rumit kok, bikin saja pembukuan sederhana soal pemasukan dan pengeluaran untuk masing-masing rekening.

Disiplin soal cash flow juga harus dijaga, jangan sampai kebobolan. Gunakan semua dana yang ada di rekening bisnis untuk keperluan bisnis, jangan ambil dari uang pribadi, begitu juga sebaliknya.

Tetap alokasikan sepersekian penghasilan khusus untuk pos dana darurat dan proteksi alias asuransi. Kenapa? Karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan? Keadaan darurat yang membutuhkan dana cepat bisa diambil dari dana darurat. Jadi gak perlu mengutak-atik rekening untuk keperluan bisnis.

Sementara untuk proteksi bermanfaat untuk melindungi semua aset kita, mulai dari yang pribadi hingga aset bisnis. Gak ada orang yang berharap rumah terbakar, kena bencana alam, hingga kemalingan kan? Di situlah proteksi asuransi akan bisa kita rasakan manfaatnya.

3. Modal

Walau modal bukan hal yang paling utama dalam bisnis, realitanya modal adalah kendala nomor satu dalam menjalankan bisnis. Untuk memulai sebuah bisnis, pasti butuh dana. Seringkali mereka yang ingin jadi entrepreneur gak mulai-mulai berbisnis karena gak punya modal.

udah siap berbisnis
Modal siap ya silahkan mulai bisnisnya (modal/go accurate)

Padahal, hari gini sumber permodalan itu banyak lho! Bisa dari crowdfunding, crowdlending, kredit tanpa agunan (KTA), kredit multiguna, bahkan kartu kredit. Tapi ingat, semua fasilitas ini tentu saja ada syaratnya dan membutuhkan proses.

Contohnya saja KTA, bank mana sih yang gak menyediakan fasilitas pinjaman ini? Bahkan kini KTA paling dilirik sebagai solusi dana bisnis skala kecil karena sifatnya yang mudah dan cepat. Nominal, tenor, dan bunganya beragam, bahkan ada yang hanya 0.95 persen.

Kalau punya aset berharga yang bisa dijaminkan, bisa pilih kredit multiguna. Fasilitas pinjaman yang satu ini nominalnya bisa miliaran, cocok untuk usaha skala besar. Gak usah khawatir ketika ingin memilih KTA atau kredit multiguna sebagai solusi modal usaha.

Bandingkan dulu produk KTA dan kredit multiguna dari beberapa bank, lalu pilih yang paling pas dengan kebutuhan serta kemampuan finansial kita.

4. Hukum

Warga negara yang baik itu harus taat hukum dong, sama halnya ketika berbisnis. Pastikan usaha kita punya dasar hukum yang jelas dan resmi. Gak lucu kan kalau gara-gara lalai soal legalitas usaha, suatu saat tempat usaha kita kesandung kasus pajak atau sengketa lainnya.

udah siap berbisnis
Wajib bagi pengusaha untuk paham hukum (hukum/detak sumut)

Biar ngerasa tenang dan fokus ngejalanin bisnis, urus dulu semua legalitas yang berkaitan dengan usaha kita. Termasuk soal hak paten. Itulah kenapa saat akan memulai bisnis, pelajari dokumen apa saja yang harus kita miliki. Mulai dari SIUP, TDP hingga akta perusahaan.

Percaya deh, segala sesuatu yang dimulai dengan prosedur yang baik, bakalan jadi sesuatu yang baik. Begitu pula sebaliknya. Kesandung kasus hukum jangan dianggap enteng, kita bisa rugi kena denda hingga masuk penjara. Waduh, serem kan!

Intinya, segala sesuatu dalam hidup harus dipersiapkan dengan baik, sama halnya ketika akan berbisnis. Gak hanya soal modal dan mental, kesiapan mengelola keuangan juga wajib jadi perhatian utama. So, gak ada yang mungkin kalau mau berusaha. Semangat!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Para Pengusaha, Bisa Pilih Kredit Multiguna dengan Bunga Rendah Ini]

[Baca: Mau Bikin Usaha Gak Usah Nunggu Modal Cukup. Ini Alasannya]

[Baca: Wanita Jadi Pengusaha? Siapa Takut! Ketahui 5 Tantangan Kewirausahaan bagi Wanita]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com