Kamu Boleh Ngajuin KTA Kalau…

by akbar 912 views0

Boleh ngajuin KTA

Sering dengar pepatah “Sedia payung sebelum hujan” kan? Dalam dunia keuangan, pepatah ini mungkin paling tepat diartikan sebagai nasihat untuk selalu menabung. Tentunya supaya kita selalu punya dana darurat saat ada keperluan mendesak.

Tapi kondisi seperti ini memang datangnya selalu tiba-tiba. Yang paling apes, kalau butuh dana cepat tapi tabungan baru saja habis terpakai untuk keperluan lain yang tidak kalah penting. Terus harus gimana ya?

Jangan panik dulu. Saat dihadapkan dengan kondisi terdesak dan kamu butuh dana cepat yang lumayan besar, mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) bisa jadi jalan keluar. Selain proses pencairannya tidak memakan waktu, prosedurnya pun mudah.

Contohnya, ada salah satu bank yang menyediakan plafon KTA hingga Rp 10 juta dengan syarat dan ketentuan yang gak ribet. Kalau kamu seorang karyawan dengan penghasilan tetap, serta berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, dan Sidoarjo, KTA kamu langsung bisa cair dalam hitungan hari dengan hanya bermodalkan KTP.

boleh ngajuin KTA
selain buat ngutang di warung ternyata KTP juga bisa buat ngajuin KTA! (banyak KTP / goriau)

Mengajukan KTA dari lembaga atau bank resmi yang sudah mengantongi izin OJK seperti ini jelas opsi yang lebih baik daripada harus pinjam ke rentenir. Rentenir bunganya selangit, dan gak jarang sifatnya kayak preman kalau sudah urusan nagih utang.

Tapi jangan buru-buru. Coba ditelaah, apakah benar kondisi kamu sekarang ini benar-benar termasuk dalam kategori “kepepet” yang benar-benar butuh KTA? Karena bunga KTA juga gak bisa dibilang murah loh.

Nah, kamu boleh mengajukan KTA kalau…

1. Anggota keluarga butuh biaya besar untuk pengobatan

Melihat anggota keluarga tercinta yang tidak memiliki asuransi kesehatan jatuh sakit, tentu gak mungkin kamu cuma diam saja. Apalagi kalau sakitnya tergolong serius, sampai perlu biaya pengobatan yang besar atau bahkan sampai dioperasi.

Kadang, kamu pun gak perhitungan kalau sudah dihadapkan dengan situasi seperti ini.

Tapi gimana ya caranya membayar biaya operasi saat kondisi keuanganmu kurang bersahabat? Sudah pasti butuh pinjaman dana cepat yang bisa diangsur perbulan.

2. Perlu tambahan dana untuk pendidikan anak

Tentu bangga melihat anak kesayanganmu akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi di sisi lain, biaya pendidikan itu gak murah, apalagi kalau swasta dan sistemnya boarding school.

boleh ngajuin KTA
Sekolah itu mahal nak, yang semangat belajarnya. Iyaaaaaaaa!!! (aaaaaa nulis / Juanpablochz)

Sebagai orangtua, pastinya kamu mendambakan pendidikan terbaik untuk sang buah hati. Walaupun pendapatan bulanan masih di bawah 2 digit, tapi kadang harus mengencangkan ikat pinggang ekstra ketat demi masa depannya.

3. Perlu tambahan dana untuk renovasi rumah

Biaya perbaikan rumah tentu gak kecil, apalagi kalau rusaknya parah akibat cuaca ekstrem atau bencana alam. Kalau sudah begini, aksi renovasi pun harus segera dilakukan. Kalau gak, mau tinggal di mana coba?

Nah, mengajukan KTA untuk menambah modal perbaikan rumah bisa jadi pilihan terbaik. Gak masalah harus nyicil angsuran tiap bulan, yang penting kamu dan keluarga punya tempat berteduh yang layak dulu.

4. Perlu tambahan modal bisnis

Gak ada salahnya kok menambah modal bisnismu dengan KTA. Apalagi kalau bisnismu masih tergolong UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Sebab, emang jarang ada bank yang mau memberikan pinjaman untuk modal bisnis tanpa adanya agunan.

boleh ngajuin KTA
bosen jadi pegawai? bikin usahanya aja. Modalnya? Tenang kamu bisa ngajuin KTA (kerajinan sandal batik / bisnisjakarta)

Daripada ribet atau rencana usaha tertunda, lebih baik pinjam KTA saja. Walaupun kamu gak punya aset yang bisa dijaminkan, kamu tetap bisa mendapatkan kucuran dana segar.

Justru, pinjam KTA untuk modal bisnis bisa dijadikan motivasi untuk mengelola bisnismu dengan benar dan telaten. Karena kalau usaha gagal, gimana nasib cicilan KTA-mu nanti?

Tapi tetap perhatikan KTA yang kamu pilih ya. Teliti dulu besar bunga dan tenor pinjaman. Sesuaikan dengan kemampuan dan prospek bisnismu ke depan.  

Jadi, sudah jelas kan? Kalau kamu dihadapkan dengan salah satu dari kondisi mendesak di atas, baru lah kamu boleh mikir soal ngajuin KTA. Tapi tetap harus perhitungan dan hati-hati dalam memilih ya.

Perhatikan pula tenor cicilannya. Dan pastikan, pendapatanmu sebagai karyawan tetap lancar dalam sebulan.

boleh ngajuin KTA

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Buat yang Lagi Butuh Dana, Ini Dia 5 Produk KTA dengan Bunga Terendah]

[Baca: Bijakkah Ambil KTA Buat Keperluan Konsumtif?]

[Baca: Mengapa Kartu Kredit Penting Sebelum Mengajukan KTA? Ternyata Ini Jawabannya]

 

Masih banyak lagi dari duitpintar.com